oleh

Plapon Rusak, Bocor dan Akses Jalan Berlumpur

REL, Empat Lawang – Difungsikannya sejumlah bangunan perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, di kawasan landscape Km 7,5 Jalan Poros Tebing Tinggi – Pendopo (Jalan Nurdin Panji, Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang, dinilai penuh persoalan.

Dari jalan masuk yang masih dalam kondisi berlumpur, beberapa unit bangunan juga ternyata mengalami kebocoran pada atapnya dan ada juga yang sudah rusak di bagian plavonnya. Padahal bangunan tersebut, baru saja selesai dibangun pada tahun anggaran 2017 lalu.

Pantauan dilapangan, Selasa (6/2), kondisi sejumlah bangunan saat ini semuanya sudah ditempati. Sejumlah instalatir listrik juga terlihat berbenah dan memasang jaringan listrik di sejumlah kantor hingga hampir semua kantor sudah teraliri listrik PLN.

Beberapa bangunan seperti bangunan Kantor yang sebelumnya diperutukan bagi Dinas Sosial, saat ini sudah ditempati. Hanya saja, yang menempati bukan Dinas Sosial, namun Dinas Ketahanan Pangan.

“Atapnya ada yang bocor, plavonnya juga sudah ada yang rusak. Jalannya juga masih becek dan tidak ada signal handphone di sini,” ungkap salah seorang pegawai, yang meminta namanya tidak disebutkan namanya.

Pegawai itupun menunjukan titik kebocoran atap dan kerusakan pada plavon bangunan yang ditempati oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupten Empat Lawang tersebut. “Itu lihat, bekas aliran air di dinding sebagai tanda bahwa atapnya bocor. Plavonnya juga ada yang sudah lepas, padahal bangunan ini masih baru,” imbuhnya.

Dikatakannya, jarak tempuh yang cukup jauh, juga menjadi kendala bagi para pegawai dan tenaga kerja sukarela (TKS) yang hendak bekerja di kawasan perkantoran ini, terutama yang tidak memiliki kendaraan sendiri, terpaksa harus merogoh kocek cukup dalam untuk membayar biaya transportasi. “Ongkos ojek ke sini, dari simpang tiga Talang Banyu itu sebesar Rp20 ribu. Lumayan besar jika dikalikan dengan sebulan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PU dan Penataan Ruang Kabupaten Empat Lawang, melalui Pejabat Pelaksana Tekhnis Kegaiatan (PPTK) di Bindang Cipta Karya, Wisnu Wardana mengatakan, persoalan pada jalan masuk menuju kawasan landscape Km 7,5 Jalan Nurdin Panji, akan segera diatasi pada tahun anggaran 2018.

“Tahun ini pihak Bina Marga, segera melakukan pengerasan pada jalannya,” ungkap Wisnu.

Sementara lanjut dia, untuk kondisi adanya kerusakan pada bangunan seperti pada plavon dan adanya kebocoran atapnya, pihaknya sudah melakukan peninjauan dan segera memerintahkan pihak kotraktor memperbaiki segera pada kerusakan pada bangunan kantor tersebut.

“Karena ini masih dalam masa pemeliharaan pihak kontraktor, tanggungjawab perbaikan masih pada mereka. Secepatnya kita minta mereka segera memperbaiki kerusakan itu,” tegasnya. (12)

BACA JUGA