Connect with us

Empat Lawang

Pilkada Harus Beretika Dan Bermartabat

Published

on

BACA : Tiga Paslon Bupati/Wakil Bupati Empat Lawang saat membacakan pernyataan sikap di acara Sedekah Rakyat di Gedung Serbaguna (GSG) Pemkab Empat Lawang, Kamis (21/6)

REL, Empat Lawang – Tiga pasangan calon (paslon) Bupati/Wakil Bupati Empat Lawang, yakni paslon nomor urut 1, H David Hadrianto Aljufri – H Eduar Kohar bersama paslon nomor urut 2, H Joncik Muhammad – Yulius Maulana dan paslon nomor urut 3, H Yulizar Dinoto – H Kison Syahrin, datang dan duduk bersama di satu tempat untuk pertama kali sejak bentrok berdarah yang menewaskan satu orang beberapa waktu lalu.

Ketiga paslon ini, bersama masing-masing timsesnya, menghadiri kegiatan Sedekah Rakyat yang digagas sejumlah pihak yang dimotori Polres Empat Lawang, di gedung serba guna (GSG) Pemkab Empat Lawang, Kamis (21/6).

Sedekah Rakyat yang diisi pernyataan sikap pada pelaksanaan pilkada Empat Lawang yang lebih damai, lebih baik dan lebih aman, tersebut ditandai dengan penandatangan kesepakatan bersama masing-masing paslon dan ketua timsenya. Dengan adanya pernyataan sikap ini, diharapkan pelaksanaan pilkada 27 Juni mendatang, dapat berjalan lancar tanpa ada lagi kejadian-kejadian yang mengganggu stabilitas keamanan di bumi ‘Saling Keruani Sangi Kerawati’.

Kapolres Empat Lawang, AKBP Agus Setyawan mengatakan, acara Sedekah Rakyat yang digelar ini dalam rangka menuju pelaksanaan pilkada Empat Lawang 2018, yang beretika dan bermartabat. Hal ini dilakukan karena memiliki latar belakang yang kurang baik dan ini pada dasarnya, dapat dicegah  jika seluruh pihak dapat mengedepankan etika.

“Etika disini adalah saling menghormati, sopan santun, saling menghargai kepada sesama,” ujar Agus.

Semua calon kepala daerah sebut dia, memiliki visi/misi membangun Kabupten Empat Lawang menjadi lebih baik, lebih damai dan lebih aman. “Hanya saja caranya yang berbeda-beda. Para calon tujuannya sama, ingin memajukan Empat Lawang ini, tentunya harus kita dukung dan masyarakat harus mendukung juga supaya para calon dapat menjadikan Empat Lawang ini Emass, Ekonomi maju aman sehat dan sejahtera,” cetusnya.

Pada kesempatan itu, Kapolres sempat menyinggung maksud dari harga diri atau martabat. Menurut dia, banyak orang-orang salah mengartikan maksud dari harga diri atau martabat itu. “Harga diri atau bermartabat itu, orang yang tidak pernah melakukan kesalahan atau pelanggaran. Itulah yang dimaksud orang yang memiliki harga diri atau bermartabat,” jelasnya.

Sementara, Dandim 0405/Lahat, Letkol Kav Sungudi mengatakan, acara Sedekah Rakyat ini dilaksanakan dalam suasana Idul Fitri 1439 Hijriyah. Untuk itu, dia mengajak seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Empat Lawang, untuk bersilaturhami, halal bihalal dan saling memaafkan satu sama lain. “Ini momen yang sangat bagus dalam rangka menuju pilkada Empat Lawang yang beretika dan bemartabat,” ucapnya.

Dandim yang memiliki wilayah tugas tiga kabupaten/kota antaralain, Kabupaten Lahat, Kota Pagaralam dan Kabupaten Lahat ini mengajak semua masyatakat di Kabupaten Empat Lawang, untuk menujukan kepada Indonesia bahkan dunia, bahwa masyarakat di Kabupaten Empat Lawang adalah masyarakat yang dewasa dan berpendidikan.

“Saya tinggal di Empat Lawang sudah 10 tahun atau sejak 2008 lalu. Saya semangat untuk memajukan Empat Lawang, saya yang bukan asli Empat Lawang sangat bangga dengan Empat Lawang, saya ingin memajukan Empat Lawang ini,” tegas pria yang merupakan suami dari salah seorang Notaris di Kabupaten Empat Lawang tersebut.

Lanjut perwira berpangkat dua melati emas yang baru sekitar satu minggu menjabat Dandim 0405/Lahat tersebut kembali menyebut, masyarakat di Kabuoaten Empat Lawang pilihan boleh beda tapi tujuan harus tetap sama. “Untuk itu saya memohon, kejadian-kejadian yang lalu biarlah berlalu. Proses hukum berjalan, kita percayakan pada proses hukum, yang salah yang benar itu nant hukum yang menilainya,” ungkapnya.

Disisi lain, Sekda Empat Lawang, H Edison Jaya dalam sambutannya mengatakan, pada bulan Februari 2018 lalu, meski dalam skala kecil kegiatan serupa pernah difasilitasi Pemkab Empat Lawang di Jakarta. “Kami dari Pemkab Empat Lawang, hanya mampu memfasilitasi tempat (dalam hal ini) di gedubg serbaguna ini yang merupakan milik kita bersama. Kami mohon maaf jika ada kekurangan fasilitas di sana-sana pada penyelenggaraan pertemuan ini,” ungkap Edison.

Selaku pemerintah sebut Edison, pihaknya sangat berharap masyarakat di kabupaten ini dapat merekatkan kembali visi/misi bersama saat rencana pemekaran kabupaten ini sekitar belasan tahun lalu.

“Inilah harapan kami dan kami juga menyamapaikan rasa hormat kepada seluruh elemen masyarakat Kabupaten Empat Lawang yang telah memberikan dukungan pada pelaksanaan pilkada 2018 yang aman dan nyaman,” ungkapnya. (12)

Empat Lawang

Tim Pidsus Cek Kelangkaan Pupuk Bersubsidi

Published

on

Foto : Polres For REL Caption : Tim Pidsus Satreskrim Polres Empat Lawang saat melakukan Pengecekan Pupuk Subsidi di Toko Tani.

REL,Empat Lawang – Tim Unit Pidsus (Pidana Khusus ) Sat Reskrim polres Empat Lawang mendatangi dua toko ( pengecer ) di kecamatan Tebing Tinggi yang menyediakan pupuk bersubsidi bagi kelompok tani (Koptan)

Kedatangan tim pidsus ini menindaklanjuti keluhan para kelompok Tani yang ada di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati yang diduga kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun ada dua toko (Pengecer) Pupuk yang dicek yakni Toko Sumber Tani Mandiri milik H.Imam yang berada KM 3,5 Talang Banyu Kelurahan Tanjung Kupang dan Toko Bintang Tani milik Heri Firmansyah di Tanjung Beringin Kelurahan Pasar.

“Guna mengetahui penyebab terjadi pupuk subsidi yang kosong di toko toko Pupuk,dengan sasaran ada dua toko pertanian serta gudang pupuk milik mereka, untuk memastikan tidak adanya penyalahgunaan pupuk bersubsidi,”kata Kapolres Empat Lawang AKBP.Wahyu,S.IK melalui Kasatreskrim AKP Mursal Mahdi,SH.MH,Rabu (27/01)

Tim Pidsus polres Empat Lawang saat bertanya kepada pemilik toko tani

 

Dijelaskannya ,setelah melakukan pengecekan dan penggeledahan baik ditoko ataupun di gudang tempat penyimpanan, belum didapati adanya kejanggalan.

“Menurut penjelasan dari pemilik toko untuk di awal tahun memang belum ada pupuk subsidi yang masuk , jadwalnya pupuk subsidi masuk pada pertengahan bulan Februari 2021 mendatang,”ungkap Mursal.

Mursal menambahkan,sejauh ini tidak menemukan pupuk yang ilegal ataupun pupuk subsidi di jual eceran kepada pembeli selain koptan, kendati demikkan pihaknya akan tetap memanggil pihak toko tani untuk dilakukan pengembangan.

“Selanjutnya kita akan melakukan jadwal pemanggilan terhadap toko tani untuk pengembangan lebih lanjut,”katanya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Telah Hadir Yayasan Dr. Rika Sungudi di Empat Lawang

Published

on

FOTO: ANITA/REL YAYASAN: Tampak Yayasan Dr. Rika Sungudi yang ada di Jalan Talang Banyu Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang, Selasa (26/1).

Telah Hadir Yayasan Dr. Rika Sungudi di Empat Lawang

#Kursus Bahasa, SD dan SMP Al-Azhar Cairo Empat Lawang

 

REL, Tebing Tinggi – Yayasan Dr. Rika Sungudi beralamat di jalan Talang Banyu Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang menyediakan tempat kursus Bahasa Inggris dan Bahasa Arab, tahfiz dan tahsin, Matematika, TOEFL dan calistung untuk tingkat TK dan SD. Selain sebagai lembaga kursus, Yayasan Dr. Rika Sungudi juga membuka sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD) dan tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Yayasan ini sendiri baru berdiri di Bulan Oktober tahun 2020.

Pemilik Yayasan Dr. Rika Sungudi, Rika melalui Al Akcbar Mastur selaku Kepala Bidang Yayasan menjelaskan Yayasan Dr. Rika Sungudi merupakan yayasan Pendidikan cabang dari Al-Azhar Cairo yang ada di Jakarta. Untuk di Indonesia, Yayasan Al-Azhar Cairo berjumlah 22 cabang.

“Empat Lawang termasuk cabang yang ke-22,” kata Akcbar Kepada Rakyat Empat Lawang, Selasa (26/1).

Ditambahkan olehnya, untuk saat ini Yayasan Dr. Rika Sungudi baru pada tahap mengenalkan terlebih dahulu keberadaan yayasan tersebut kepada masyarakat Empat Lawang dengan cara membuka les.

“Alhamdulillah antuasias masyarakat Empat Lawang cukup tinggi. Kemarin itu baru 4 hari buka lembaga kursusnya sudah ada 100 orang yang mendaftar untuk ikut les,” tambahnya.

Tujuan dari Yayasan ini selain untuk memberikan pengetahuan umum, juga mendidik anak-anak agar berakhlak baik dan dapat menghafal Al-Qur’an. Agar hal itu bisa terwujud, Yayasan Dr. Rika Sungudi menerapkan kurikulum K13 yang dipadukan dengan kurikulum Al-Azhar. K13 berfokus memberikan pembelajaran yang bersifat formal seperti ilmu agama, sementara kurikulum Al-Azhar berfokus pada pemebelajaran seperti tahfiz, tahsin, dan mengarahkan anak agar berakhlak mulia.

“Intinya yayasan ini bertaraf internasional dengan basis asalnya adalah keIslaman,” ujar Akcbar.

Karena Yayasan tersebut bertaraf internasional, lanjut Akcbar, peserta didik akan mendapatkan 3 ijazah sekaligus yakni dari Kemendikbud, dari Al-Azhar pusat di Jakarta, dan ijazah Cambridge yakni ijazah yang dikeluarkan oleh Amerika Serikat, England, dan Singapura.

“Untuk ijazah dari Kemendikbud sudah pasti dapat. Untuk ijazah dari Al-Azhar Cairo Jakarta dan Cambridge melalui tes terlebih dahulu,” jelasnya.

Selanjutnya, tenaga pengajar yang disediakan di Yayasan Dr. Rika Sungudi yakni tenaga pengajar dari luar daerah, seperti ada tenaga pengajar dari alumni Al-Azhar Cairo, Mesir.

“Sebenarnya untuk tenaga pengajar, kita mendatangkan dari luar. Tapi karena kondisi sekarang masih pandemi Covid-19 jadi sedikit tertunda,” tutur Akcbar.

Ke depannya, jika antuasias masyarakat Empat Lawang tinggi untuk belajar di Yayasan Dr. Rika Sungudi baik tingkat SD maupun tingkat SMP, maka akan lanjut untuk membentuk Universitas.

“Ke depannya, kita akan dirikan Universitas juga di Empat Lawang,” tutupnya. (Ian)

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Dump Truck Bermuatan Sawit Timpah Rumah Warga

Published

on

Caption : Warga bersama polisi dan dishub saat mengevakuasi dum truk yang menimpa rumah warga

REL,Empat Lawang – Sebuah mobil dump truck bermuatan buah kelapa sawit mengalami laka menimpa rumah warga di desa Kembahang Lama, Kecamatan Talang Padang, Kabupaten Empat Lawang.

Informasi yang dihimpun, pristiwa naas itu terjadi, Senin (25/1/2021) sekitar pukul 23 : 45 WIB.

Truck berwarna hijau dengan nomor polisi BG 8397 S melaju dari arah Kecamatan Pendopo menuju Tebing Tinggi, di tempat kejadia perkara (TKP) dimana jalan merupakan turunan tiba-tiba, truck terprosok lalu terguling sehingga menimpa rumah warga dibawah jalan.

“Ya kejadiannya sekitar pukul 11 : 45 wib tadi malam. Diperkirakan mobil itu hilang kendali saat turunan, terjadilah laka lalu menimpa rumah warga desa Lampar lama,” ungkap Irwan Zuhadi salah seorang Pol PP Desa Lampar Lama.

Kepala Desa (Kades) Kembahang Lama Arianto membenarkan kejadian tersebut sehingga rumah miliknya hancur

“Ya kejadiannya tadi malam ,rumah warga saya hancur lulu lanta dan saat ini warga bersama polisi dan dishub mengevakuasi mobil dump truck untuk diangkat,”Ungkapnya saat dihubungi melalui via whatsapp.

Sementara itu Camat Talang padang, Sopian dikomfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Menurut Camat memang kejadian itu sebuah mobil mengangkut buah sawit telah mengalami laka dengan menimpa rumah warga Desa Lampar Lama milik Holil (70),

saat itu keluarga pemilik rumah berada didalam, ada sebanyak tujuh orang keluarga. Beruntung tidak ada korban jiwa namun pemilik rumah Holil dan Istri mengalami luka ringan saat ini sudah dalam perawatan di RSUD Empat Lawang.

“Dua orang supir mengalami luka, juga telah dirawat dipuskes dan RSUD. Untuk kondisi rumah hancur ditimpa mobil dump truck. Selanjutnya telah di proses dengan evakuasi pengangkatan mobil,” katanya.

Dilajutkannya, pristiwa ini sudah ditangangi oleh pihak kepolisian beserta Dishub.”Sudah ada polisi dari polsek talang padang, Polantas polres dan dishub,” ujarnya.

Sementara Kapolsek Talang Padang Iptu Haryono membenarkan pristiwa itu. ” anggota kita dari polsek dan Lantas polres masih dìlokasi melakukan olah TKP dan mengevakuasi mobil untuk diangkat keatas. Untuk korban tidak memakan korban jiwa hanya mengalami luka ringan berat. Untuk yang luka baik pemilik rumah dan sopir sudah dirawat di RSUD dan Puskemas, kondisi aman dan kondusif,” kata Hariyono.(Mg20)

Baca Selengkapnya

Trending