oleh

Petani Kopi Mengeluh, Harga Stabil Namun Hasil Panen Berkurang

REL,Empat Lawang – Petani kopi di Kabupaten Empat Lawang, Sumsel, sejak beberapa minggu terakhir mengeluh dengan harga kopi cenderung stabil Rp 18 ribu per kilogramnya. Namun Hasil panen tahu ini kurang lebat atau kurang banyak di banding tahun kemarin

“Harga kopi saat ini di tingkat petani mencapai Rp 17 ribu sampai Rp 18 ribu per kg tergantung kualitas kopinya, sebelumnya harga kopi di tingkat petani hanya Rp 17,5 hingga Rp 18 ribu per kg,” kata Jaya (55), seorang petani kopi asal Kecamatan Pendopo, Sabtu (22/5).

Hanya saja panen kopi tahun ini di Pendopo kurang begitu lebat dibanding tahun kemarin, hampir diujung musim panen, walaupun sudah ada tanda-tanda mulai membaiknya harga kopi sejak beberapa minggu terakhir.

Ini tentu saja membuat petani mengeluh hasil panen kopi tahun ini lebih sedikit dibanding tahun kemarin , diharapkan, harga jual kopi tidak mengalami penurunan lagi.

“Alhamdulillah harganya mulai membaik dan mengalami peningkatan dari harga sebelumnya yang boleh dikatakan harga.kurang stabil. Hanya saja, untuk saat ini hasil kebun kopi belum begitu banyak, karena musim panen tahun ini buah kopi kurang lebat ,” katanya.

Sementara itu, Gunawan (45), seorang tauke kopi di Pasar Pendopo mengatakan, biasanya kopi yang dibeli dari petani langsung di jualnya kembali ke pabrik di daerah Propinsi Lampung hingga ke Surabaya Jawa Timur.

“Kita membeli dari petani dengan harga Rp 18 ribu per kg musim panen tahun ini , kalau tahun kemarin harga kopi sekitar Rp 17,5 sampai Rp 18 ribu perkilonya untuk Biji kopi kualitas digiling mesin dan kering kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan, biasanya dirinya menjual kopi ke pabrik setelah semua kopi yang dibeli dari petani sudah terkumpul di gudangnya,musim panen tahun kemarin Sekitar 300 ton , musim panen tahun ini lebih sedikit buah kopi musim panen tahun ini kurang lebat atau kurang banyak dibanding tahun kemarin ,setiap tahun kami kirim ke pabrik di Lampung bahkan ke surabaya ,”ujarnya. (Dn)

Komentar

BACA JUGA