oleh

1 Desa 1 Kelurahan Terima Bantuan Pojok Baca

1 Desa dan 1 KelurahanTerima Bantuan Pojok Baca

 

REL, Empat Lawang – Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru melalui Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan memberikan bantuan kegiatan pendirian pojok baca tahun 2020 yang ada di Kabupaten Empat Lawang, Selasa (8/12).

Adapun yang mendapatkan bantuan yakni dari Kecamatan Tebing Tinggi, tepatnya Desa Ulak Mengkudu dan Kelurahan Tanjung Kupang.

Hal itu dikatakan oleh Mislena selaku Pustakawan ahli madya Provinsi Sumatera Selatan yang ikut langsung memberikan bantuan tersebut. Mislena menyampaikan bahwa program bantuan pendirian pojok baca merupakan program dari Gubernur Sumatera Selatan yang mana ini merupakan tahun pertama bantuan tersebut dilaksanakan.

“Ini memang program dari pak Gubernur untuk 1 desa 1 perpustakaan,” kata Mislena saat diwawancarai oleh Rakyat Empat Lawang, Selasa (8/12).

Keinginan pak Gubernur, lanjut Mislena, semua desa di Sumsel mendapatkan bantuan, namun dikarenakan anggaran dana dialokasikan untuk bantuan Covid-19 maka untuk tahun ini hanya mendapatkan 20 desa dari 12 Kabupaten/kota.

“Inshaa Allah ke depannya lagi sudah kita anggarkan untuk program yang selanjutnya,” ucap Mislena.

Mislena berharap bantuan yang diberikan dapat meningkatkan minat baca dari desa yang menerima, dan diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan dengan baik bantuan yang sudah diberikan.

“Karena perpustakaan berbasis inklusi sosial jadi apa yang dibutuhkan masyarakat itu yang kita berikan,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Supriyadi selaku Kabid Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Empat Lawang menyampaikan untuk bisa mendapatkan bantuan pendirian pojok baca program Gubernur tersebut, Desa dan kelurahan mengajukan proposal yang di dalamnya ada surat pengantar yang ditujukan kepada Kepala Dinas Perpustakaan Daerah, di dalam proposal itu juga berisikan Struktur Kepengurusan Perpustakaan Desa, ada foto-foto kegiatan Perpustakaan Desa, adanya surat pernyataan yang menyanggupi bahwa anggaran desa/lurah bisa untuk Perpustakaan Desa. Apabila ada yang kurang jelas masalah proposal pengajuan bisa datang langsung ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Empat Lawang.

Supriyadi menambahkan bantuan yang diterima masing-masing yakni sebanyak 839 eksemplar terdiri dari 426 judul buku, 2 unit rak buku, 1 unit komputer, dan 1 unit meja komputer.

“Ke depannya sudah kita ajukan 7 desa. Mudah-mudahan semuanya mendapatkan bantuan,” ujar Supriyadi.

Dikatakan oleh Supriadi, Dinas perpustakaan dan kearsipan Daerah Kabupaten Empat Lawang masih sangat berharap bantuan Gubernur melalui Dinas Perpustakaan Provinsi agar gemar membaca masyarakat kabupaten Empat Lawang semakin meningkat demi terciptanya kabupaten Empat Lawang Madani dan Provinsi Sumatera Selatan yang maju untuk semua. (Mg15)

BACA JUGA