oleh

Perpanjangan PPK Harus Teliti Dalam Mendata DPT

REL, Empat Lawang – Komisi Pemilihan Umum KPU Empat Lawang gelar Bimbingan Teknik (Bimtek) kepada selueuh panitia Pemungutan Suara (PPS) di desa dalam wilayah Kabupaten guna penyusunan daftar pemilih yang berlangsung di Gedung Aula Hotel Kito. Selasa (27/2)

Dalam kesempatannya Ketua KPU Empat Lawang Mobius Alhazan mengatakan agar PPS mengikuti bimtek dengan baik.

“Bersikaplah seperti orang yang tidak mengerti. Jangan bersikap seperti orang yang luas pengetahuan tetapi di lapangan hasilnya nol,” kata Mobius dalam arahannya di Aula Hotel Kito.

Dikatakannya, jika ada temuan di lapangan dan kesulitan PPS jangan mengambil kebijakan sendiri. Namun segera berkordinasi dengan para PPK di Kecamatan sehingga temuan pelanggaran dapat dikordinasikan lagi ketingkat selanjutnya.

“DPT itu terpenting dalam pelaksanaan pilkada karena DPT harus benar-benar sesuai data dilapangan saat proses pilkada berlangsung nanti, jikalau DPT bermasalah secara otomatis pelaksanaan pilkada turut bermasalah juga,” ujarnya

Mobius juga menyampaikan dirinya telah mendapat informasi banyak Kartu keluarga (KK) lama, tapi belum melakukan perekaman E-KTP. Dan ini merupakan salah satu tugas PPS harus menyampaikan kepada masyarakat selain ada KK juga masyarakat harus melakukan perekamanan E-KTP.

“Perekaman E-KTP ini sangat penting guna mengikuti proses pilkada, ini menentukan berhak atau tidaknya ikut memilih saat pencoblosan nanti,” terangnya

Sementara itu Kasubag Program dan Data KPU Emapat Lawang Panji menambahkan bahwa hasil DPT nanti sangat rentan dengan gugatan-gugatan oleh sebab itu pendataan terhadap bagi DPT ini harus dilakukan dengan teliti.”Kita tidak ingin gugatan seperti itu terjadi lagi,” tukasnya (Mg14)

BACA JUGA