oleh

Peringatan Hari Ibu, Gelar Rapid Tes Gratis

REL, Empat Lawang – Puncak peringatan Hari Ibu ke 92 tahun 2020 di Kabupaten Empat Lawang digelar sederhana dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Hal ini diungkapkan Ketua TP-PKK Kabupaten Empat Lawang, Hj Hepy Safriani Joncik. Bahkan para tamu dan anggota PKK yang hendak masuk ke Gedung Serbaguna Pemkab Empat Lawang, lokasi kegiatan Hari Ibu, terlebih dulu di rapid tes.

“Kami juga membuka pelayanan rapit tes gratis dalam rangka memperingati Hari Ibu ke 92 tahun 2020 ini,” kata Hepy, kemarin (17/12).

Kegiatan rapid tes ini dilakukan karena Covid-19 belum usai dan trennya semakin naik. Sehingga TP-PKK Pusat berinisiatif untuk meminimalisir covid-19 dengan mengadakan rapid tes gratis.

“Karena covid ini tidak mengenal usia dan golongan. Siapa pun bisa kena. Maka dari itu kita harus menjaga diri masing-masing dan menjaga kesehatan,” imbuhnya.

Walaupun kegiatan ini dilakukan prokes ketat dan dirapit tes sebelum masuk. Tapi masih ada peserta yang takut dirapid tes, seharusnya jangan takut, karena rapid tes ini untuk pencegahan dini.

“Kita tidak usah takut di rapid tes, jika reaktif kita isolasi dulu selama 2 minggu. Apabila isolasi ada gejala demam, pilek diare maka harus dilakukan swab, apakah terpapar covid atau tidak,” jelasnya.

Untuk target peserta rapid tes gratis ini, dijelaskan Hepy, sebanyak 150 orang. Terdiri dari 20 orang lansia, anak-anak, seluruh ibu-ibu PKK dan masyarakat umum. Kegiatan tersebut kerjasama dengan Dinkes Empat Lawang (Mg24).

BACA JUGA