oleh

Pentingnya Pahami Tentang Kebijakan Kependudukan

REL, Empat Lawang – Ratusan Kepala Desa seKabupate Empat Lawang beserta para Camat dari 10 Kecamatan yang ada di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati ini berkumpul di Gedung Aula Hotel Kito pada hari Selasa (8/5) sekira pukul 09.00 Wib.

Kedatangan para Kades dan Camat ini dalam rangka mengikuti kegiatan sosialisasi kebijakan kependudukan yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Empat Lawang

Sosialisasi yang bertujuan guna meningkatkan pengetahuan masyarakat Kabupaten Empat Lawang tentang pentingnya tertib administrasi kependudukan tersebut menghadirlkan tiga narasumber yakni perwakilan dari Sekretariat Daerah Empat Lawang, petugas Kemenag Empat Lawang, serta pihak Disdukcapil itu sendiri.

“Dengan mengucap Bismillahirahmanirrohim, kegiatan sosialisasi ini Resmi saya buka,” ujar Bupati Empat Lawang H. Syahril Hanafiah melalui Asisten 1 Setda Empat Lawang Drs. Rahmat Riyandi seraya mengetuk micropon tanda dimulainya kegiatan.

Dirinya menyampaikan bahwa selama kegiatan ini berlangsung hendaknya para peserta mengikuti dengan tertib sampai dengan selesai nanti. “Ikuti prosesnya sampai selesai karena ini sangatlah penting bagi masyarakat kita, dan harus kalian ketahui segala materi yang akan disampaikan para narasumber nanti karena kalian merupakan petugas pemerintahan setempat,” Ungkapnya

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Empat Lawang Peterson Okki Bial melalui Kepala bidang Kependudukan Muhamad Rozali mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan langkah pemberitahuan kepada masyarakat tentang pentingnya mengetahui kebijakan kependudukan.

“Pada kesempatan sosialisasi kebijakan kependudukan ini, kita akan menjelaskan apa saja yang tertuang dalam undang undang nomor 24 tahun 2013, melalui pemerintah Kecamatan dan juga pemerintah Desa sebagai perpanjangan tangan untuk menyampaikan kepada para warga,” katanya.

Dijelaskan Rozali, bahwa sebagaimana tentang surat edaran dari Kementrian Dalam Negri Republik Indonesia pada tahun 2016 bahwa terdapat beberapa poin perubahan pada undang undang nomor 23 tahun 2006 yang lalu.

“Melanjutkan Surat Edaran 2014 Mendagri kembali mengeluarkan Surat Edaran Nomor 470/296/SJ tertanggal 10 Januari 2016 yang lalu, perihal kebijakan dalam penyelenggaraan administrasi kependudukan serta memperhatikan amanat undang-undang nomor 24 tahun 2013 atas perubahan undang-undang nomor 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan,” Jelasnya

Untuk itu, Lanjut Rozali, pihaknya akan menjelaskan dan menyampaikan secara detilnya melalui kegiatan sosialisasi ini. “Iya, semua daripada poin yang tetuang pada Undang Undang 24 tahun 2013 akan kita jelaskan pada peserta mengingat pentingnya meningkatkan pengetahuan masyarakat kita,” pungkasnya (Mg14)

BACA JUGA