Connect with us

Empat Lawang

Pengguna Jalan Diminta Waspada Lewati Jalintengsum

Published

on

M Mauluddin

REL, Empat Lawang – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PU Pera) melalui Satuan Kerja Pelaksana Jalan Nasional Wilayah II Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Direktorat Jenderal Bina Marga, menghimbau pengguna Jalan Lintas Tengah Sumatera (Jalintengsum), agar dapat hati-hati saat melintas di Jalintengsum Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas hingga ke perbatasan Kabupaten Empat Lawang dengan Kabupaten Lahat.

Hal ini menyusul sedang dilaksanakannya rekonstruksi sejumlah ruas Jalintngsum di sepanjang jalan kawasan itu, oleh pihak rekanan Satuan Kerja Pelaksana Jalan Nasional Wilayah II Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

“Terutama di kawasan Sungai Payang perbatasan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang dengan Kecamatan Kikim Barat Kabupaten Lahat. Karena ada longsor sepanjang 50 meter yang saat ini sedang dikerjakan rekonstruksinya,” ungkap Kepala Dinas PU dan Penataan Ruang Kabupaten Empat Lawang, Syarkowi Rasyid melalui Sekretaris Dinas PU dan Penataan Ruang Kabupaten Empat Lawang, M Mauluddin kepada wartawan, di ruang kerjanya, Senin (30/7).

Dikatakan Mauluddin, himbauan pihak kementerian tersebut, disampaikan melalui surat bernomor HM.04.02/PJN-MTL/129.3 tanggaln19 Juli 2018, ke Bupati Empat Lawang yang ditembuskan ke Dinas PU dan Penataan Ruang Kabupaten Empat Lawang, untuk di sampaikan ke masyarakat di Kabuoaten Empat Lawang dan sekitarnya.

“Surat itu ditandatangani Pelaksana Jalan Nasional Muara Beliti-Tebing Tinggi-Batas Kota Lahat, PPK 10, Mohammad Alex Setiadharma,” beber Mauluddin.

Disampaikannya, dalam surat tersebut dijelaskan, adanya perbaikan jalan Nasional yang mengalami longsoran, terutama pada titik terpanjang longsoran sepanjang 50 meter berada di Km 287+000 atau tepatnya di kawasan Sungai Payang, perbatasan Kabupaten Empat Lawang – Kabupaten Lahat, pihak kementerian meminta para pengguna jalan agar hati-hari dan memperlambat laju kendaraan di kawasan tersebut.

“Sebab, jalan di kawasan Sungai Payang, terjadi penyempitan, hanya satu jalur saja yang bisa dilewati, karena ada proses rekonstruksi di sebelah sisi jalan lainnya,” ujar Mauluddin.

Dengan adanya rekonstruksi jalan, lanjut dia, bearti hanya ada satu jalur saja yang bisa dilewati, ini artinya ada pelambatan arus lalulintas. “Kita imbau pengguna jalan wasapada dan hati-hati lewat di sana,” tukasnya. (12)

Empat Lawang

Edi Sugandi Jabat Kasi Datun

Published

on

Caption : Edi Suganti saat dilantik di Kejari Empat Lawang

REL,Empat Lawang – Kepala Kejaksaaan Negeri (Kejari) Empat Lawang, Sigit Prabowo SH MH, melantik Edi Sugandi sebagai Kepala Seksi ( Kasi) Perdata dan Tata Usaha Negara (PTUN), menggantikan Andi Candra.

Sementara Andi Candra kini menjabat Kacabjari Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi

“Kita berharap Edi Suganda segera menyesuaikan diri di tempat kerja baru ini,” harap Sigit Prabowo.

Ini lantaran, diakuinya, tugas Datun sangatlah penting dalam pendampingan hukum, penegakan hukum serta pelayanan hukum.( Rel)

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Giliran TNI, Polisi serta Guru

Published

on

Caption - Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) memeriksa vaksin gelombang kedua tiba di Dinas Kabupaten Empat Lawang.

/// Sasaran Vaksin Covid Tahap II

REL,Empat Lawang – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Empat Lawang, kembali menerima vaksin covid-19 tahap II di Dinas kesehatan Empat Lawang, kemarin (2/3).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes ) Empat Lawang Sulni melalui Kabid Pencegahan dan pengendalian penyakit ( P2P), Dr. Ivon Meliyani mengatakan sebanyak 250 vial vaksin covid -19 diterima dengan sasaran 1.741 orang.

“Gelombang dua ini, sasaran TNI-Polri dan tenaga pendidikan,”Kata Ivon saat menerima vaksin.

Masih dikatakan Ivon data yang telah masuk kedinas kesehatan sebanyak 1200 orang yang akan divaksin,

“Data yang sudah masuk ke kita ada 1200 orang sedangkan kita mendapatkan kuota sebanyak 1.741,”Ujarnya.(Pad/rel)

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Luring terapkan Sistem 5S

Published

on

Foto : Anita / REL Caption : Siswa dites thermogun saat masuki ruangan

REL,Empat Lawang – Di era pandemi, dunia pendidikan masih menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). Hal ini dilakukan untuk memutus penyebaran Covid-19.

Semua sekolah di Kabupaten Empat Lawang masih menerapkan sistem PJJ baik secara daring ataupun luring sekarang ini. Salah satu sekolah yang menerapkan sistem PJJ yakni SMP N 1 Muara Pinang.

Kepala SMP N 1 Muara Pinang, Hadi, mengatakan sekolahnya menerapkan sistem pembelajaran daring bagi siswa yang mempunyai handphone, dan pembelajaran luring bagi siswa yang tak mempunyai hanpdhone.

“Anak belajar di rumah, guru mengajar dari sekolah via handpone,” kata Hadi.

Pada saat siswa ke sekolah, sekolah menerapkan sistem 5S yakni Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun untuk menyambut kedatangan siswa. Tentunya penerapan 5S tersebut dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Penerama program 5S sendiri menurut dikatakan Hadi, sejak tahun 2016 sudah mulai diterapkan di sekolah.(Ian/rel)

Baca Selengkapnya

Trending