oleh

Penerima Alsintan Diverifikasi Distan

REL, Empat Lawang – Kementerian Pertanian kembali menyalurkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada para kelompok tani (Poktan) di Kabupaten Empat Lawang di tahun anggaran 2018 ini. Bantuan tersebut sudah tiba di kantor Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Empat Lawang, sejak Oktober lalu.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Empat Lawang, Drs Hamdan melalui Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, Robinson SP mengatakan, bantuan Alsintan dari Kementan RI tersebut berjumlah sekitar 53 unit dengan berbagai jenis, untuk mendukung program upaya khusus padi jagung dan kedele (Upsus Pajale) di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati.

“Rinciannya, traktor roda empat sebanyak tiga unit, traktir roda dua sebamyak sepuluh unit, pompa air sebanyak sebanyak 30 unit, multifator sebanyak lima unit dan rice transplanter sebanyak empat unit,” beber Rhobinson saat dibincangi wartawan di kantor Distan Kabupaten Empat Lawang, yang beralamat di komplek perkantoran Pemkab Empat Lawang Km 7,5 , Jalan poros Tebing Tinggi – Pendopo (Jalan Nurdin Panji) Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang, Selasa (27/11/2018).

Dijelaskannya, seluruh Alsintan tersebut, tiba di Kabupaten Empat Lawang dan saat ini ada di kantor Distan Kabupaten Empat Lawang, sejak Oktober 2018 lalu. Saat ini pihaknya sedang melakukan verifikasi data Poktan calon penerima Alsintan tersebut atau dalam istilah lain calon penerima calon lokasi (CPCL), agar bantuan dari pemerintah pusat ini, tepat sasaran.

“Jadi, Poktan calon penerima bantuan kita verifikasi langsung ke lapangan. Dalam artian, tim verifikasi langsung turun ke lapangan, meninjau poktan yang ada, apakah benar-benar ada Poktan-nya, atau sebaliknya justru Poktan calon penerima ini ternyata fiktif,” jelasnya.

Selain itu, tim verifikasi juga bertugas menilai Poktan calon penerima bantuan Alsintan tersebut. Hal ini dikarenakan, data usulan yang masuk sangat banyak dan tidak mungkin seluruhnya dapat bantuan Alsintan karena keterbatasan Alsintan yang hendak dibagikan. “Yang ajukan usulan sebanyak 170 poktan, sementara jumlah Alsintannya bisa dicek sendiri jumlahnya, inikan tidak mungkin dapat semua,” ujar dia.

Lebih lanjut disampaikannya, jika proses verifikasi selesai dilakukan, pihaknya janji Rhobinson, tidak akan menunggu waktu untuk membagikan bantuan Alsintan tersebut. “Semua bantuan ini adalah gratis. Tidak ada ketentuan pungutan apapun, karena ini murni bantuan pemerintah pusat,” tukasnya. (12).

BACA JUGA