oleh

Pencairan DD Tahap 3 Berbeda Dengan Tahun Lalu

REL, Empat Lawang – Proses Pencairan Dana Desa (DD) tahap ke Tiga tahun 2018, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dan proses pencairan DD tahap ketiga tersebut cukup panjang.

Hal ini dikatakan langsung oleh Kepala Dinas DPMDP3A Kabupaten Empat Lawang  Agus Rochman Basuki melalui Kabid Pemerintah Desa Agusman Mulyadi, pada saat dibincangi wartawan, Rabu (19/9).

” Untuk DD tahap tiga belum cair. Karena tahap tiga ini proseanya panjang, dan bukan cuma di Empat Lawang yang belum cair tapi di seluruh Sumsel ini juga belum cair,” kata Agus.

Dijelaskan Agus persyaratan pencairan DD tahap 3 tersebut, 70 persen serapan Dana tahap 1 dan 2 dan 30 persen output pekerjaan dari tahap 1 dan 2. Setelah itu akan dientro disistem Simspam.

“Kalau sudah dientri baru ditransper dari RKUN ke RKUD. Itu artinya ditransper dari Kementrian ke Daerah, setelah itu baru ke Desa,” jelasnya.

Dialnjutkannya, saat ini uang DD tahap ke tiga tersebut belum ada dan masih berada dikementrian pusat. Dan jika semua perayaratan lengkap, akan ditransper langsung oleh Kementrian pusat.

“Jadi bukan seperti kemarin syaratnya itu, jadi kita tunggu realisasi dari desa dulu, kalau sudah memenuhui syarat baru ditransper dari Kementrian ke Daerah,” ujarnya.

Sampai saat ini sambung Agus, belum ada satu Desapun yang sudah melaporkan realisasi tahap 1 dan tahap 2,” kita harap Kades segera sampaikan laporannya kekita biar bisa dientri. Biar bisa dicairkan DD tahap tiga ini,” pungkasnya (12).

BACA JUGA