oleh

Pemda Diminta Tentukan Landmark Daerah

REL, Empat Lawang – Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Empat Lawang, Makmun mendesak pemerintah membuat ikon wilayah. Menurut dia, ikon tak sekadar menjadi penanda wilayah tetapi juga daya tarik.

“Ikon bisa menjadi penanda dan ciri khas yang dapat memberi kesan positif bagi pendatang. Ikon bisa berupa bangunan, monumen, atau lokasi. Sementara di Kabupaten Empat Lawang belum ada,” katanya.

Dia mencontohkan, Kabupaten Lahat yang dikenal sebagai Kota Seribu Megalith Landmarkl itu kemudian dijadikan penanda di perbatasan wilayah, pusat perkotaan, keramaian, juga instansi pemerintah.

“Terkait landmark ini, kami menerima banyak aspirasi dari masyarakat di beberapa pertemuan. Mereka juga bingung bahkan iri melihat daerah lain memiliki ikon yang begitu megah. Kalau di sini, belum ada,” ujarnya.

Politisi asal PDI Perjuangan ini juga menyampaikan bahwa pihaknya belum pernah diajak pemerintah untuk membahas dan menentukan ikon yang tepat bagi ‘Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati’. Hal ini juga belum tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Membuat gapura selamat datang ataupun batas kota saja masih pas-pasan, seakan sekadar formalitas. Tidak dibangun secara monumental. Akibatnya, tidak ada kesan yang membuat masyarakat bangga maupun senang. Apalagi mereka yang bukan dari Kabupaten Empat Lawang,” tutupanya. (Mg14).

BACA JUGA