oleh

Pembahasan Masalah GI akan Diagendakan Kembali

REL, Empat Lawang – Manager PLN Rayon Tebing Tinggi Hendri mengakui pemerintah Kabupaten Empat Lawang telah berkoodinasi untuk membahas masalah gardu induk (GI) yang berada di Talang Gunung Kecamatan Tebing Tinggi.

Menurut Hendri, permasalahan GI belum kunjung berfungsi tersebut pada dasarnya bukan Rayon Tebing Tinggi namun ada bidang lain yang mengurusnya.

“Dari Pemkab Empat Lawang wakiL Bupati yang langsung memimpinnya, kita sudah rapat bersama dengan Pemkab, namun kedepan akan diagendakan untuk rapat bersama PLN dari Palembang yang membidangi mengenai GI,” ungkapnya.

Hendri sendiri mendukung upaya Pemerintah untuk turun dan mengurus permasalahan GI, kuncinya apaila GI sudah berfungsi kondisi listrik di Tebing Tinggi bisa normal dan tidak akan sering mati lampu bahkan Tebing Tinggi menjadi penyuplai listrik.

“Jelas kita dukung ini karena kalau GI sudah berfungsi kita bisa menyumbangkan listrik ke daerah lain,” katanya.

Kemungkinan lanjut Hendiri, dalam waktu dekat ini akan ada pertemuan kembali membahas masalah GI antara Pemkab dengan pihak PLN yang membidangi masalah GI.

“Mungkin minggu depan atau dalam waktu dekat ini ada diagendakan kembali pembahasan masalah GI,”  ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Empat Lawang Yulius Maulana menuturkan, dirinya sendiri yang memimpin permasalahan listrik bahkan ia mengakui bahwa persoalan listrik ini sudah lama dialami oleh warga Empat Lawang.

“Memang persoalan bukanlah hal yang baru namun sudah lama sekali dialami oleh warga Empat Lawang, kita juga saat bersama dengan Dinas terkait terus menelusuri dimana masalahnya,” ungkapnya.

Bahkan lanjut Yulius, persoalan listrik ini ada di leading sektor Dinas Pertambangan dan Energi namun karena dinas tersebut sudah tidak ada lagi atau diambil alih oleh Provinsi maka yang menangani adalah Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim).

“Dinas Perkim sudah menelusurinya permasalahan pembebasan lahan,  untuk di Kabupaten Musi Rawas sudah tidak ada kendala bahkan yang di Empat Lawang sendiri sudah clear,” kata Yulius.

Namun masih dikatakan Yulius, kendalanya ada di Kota Lubuklinggau,  nanti akan diagendakan untuk bertemu dengan Walikota Lubuklinggau supaya pembebasan lahan bisa selesai dan clear, sebab menurut  Yulius, meskipun di Empat Lawang ada GI namun apabila tidak jaringan Sutet selamanya GI ini terbengkalai.

“Untuk di Kabupaten Musi Rawas sudah selesai, memang kendala pertama  ada di pembebasan lahan Musi Rawas, namun kali ini di Kota Lubuklinggau yang jadi masalah pembebasan lahan,” ujar Yulius.

Persoalan sering mati lampu bukanlah termasuk dalam janji Politik pasangan Joncik Muhammad dan Yulius Maulana, namun sudah menjadi komitmen bersama untuk menuntaskannya karena persoalan ini sudah menjadi momok bahkan dirinya sewwaktu menjadi Anggota DPRD Provinsi Sumsel terus memperjuangkan persoalan listrik ke PLN Pusat.

“Persoalan listrik ini bukanlah termasuk dalam janji politik Kami beda halnya dengan program Keamanan, namun yang jelas saya dengan pak Bupati (Joncik Muhammad) komitmen menuntaskan masalah listrik ini,” jelasnya. (12)

BACA JUGA