oleh

Pelebaran Jalinsum Akan Diberikan Ganti Rugi

REL, Empat Lawang – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Empat Lawang, sudah mengusulkan ke Balai Besar Jalan Provinsi Sumatera Selatan untuk pelebaran ruas Jalan Lintas Sumatera Tengah.

“Sudah kita usulkan ke Provinsi rencananya pelebaran itu dari tugu perbatasan antara Empat Lawang dan Kabupaten Lahat, sampai ke jembatan Musi Satu Tebing Tinggi,” ungkap Levi. Senin (3/12).

Dikatakan dirinya, untuk pelebaran jalan yang akan dilakulan itu kemungkinan ada sekitar 20 Meter, yaitu antara lain sepanjang 10 Meter ke bagian ruas kiri jalan dan 10 Meter nya lagi ke ruas pada bagian kanan.

Dan jalan tersebut direncanakan akan dibuat untuk dua jalur supaya menjaga kemacetan dari kendaraan melintas, serta dapat berdampak juga bagi ketertiban para pengendara di jalan lintas.

“Usulan kita nanti sedapatnya saja, karenakan banyak rumah-rumah yang bagian teras terkena, kalau tidak bisa 10 meter kiri kanan, mungkin 5 meter kiri kanan itu sudah memadai. Karena jalan kita ini hanya sekitar 7 meter,” katanya.

Seumpamanya usulan dari pihaknya nanti telah disetujui, tambahnya. Tentulah langkah awal yang harus dilakukan yakni melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang tanak miliknya terkena pelebaran jalan, dengan itu pelaksanaan pengerjaan nya tidak akan terhambat.

Karena jikalau tak ada pensosialisasian secara langsung kepada pemilik tanah, akan memicu kondisi kenyamanan pekerjaa. Pihaknya akan berupaya melalui cara pemberian ganti rugi terhadap tanah terkena pelebaran jalan tersebut.

“Jalan Lintas Sumatera dikawasan pasar Tebing Tinggi sudah lebih dulu kita lakukan pelebaran jalan sejak dua tahun lalu dan di buat dua jalur untuk mengurangi Kemacetan di pasar, karena selama ini dikeluhkan,” tandasnya. (14).

BACA JUGA