oleh

Pelaksanaan Titik Nol Terkesan Amburandul

REL, Empat Lawang – Pelaksanaan titik 0 (Nol) proyek pembangunan Jalan Rabat Beton/Jalan setapak realisasi Dana Desa (DD) 2018 di Desa Pancur Mas (Unit 4) Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, dinilai amburadul dan terkesan tanpa persiapan yang matang, Kamis (31/5).

Padahal ceremonial kegiatan titik Nol tersebut, dihadiri pejabat kecamatan dalam hal ini Sekretaris Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, Sopian dan tim ahli (TA) Dana Desa (DD) 2018 Kabupaten Empat Lawang dan Pendamping desa beserta Bhabinsa setempat.

Pantauan dilapangan, pelaksanaan titik Nol proyek DD perdana bagi desa tersebut, seyogyanya dilaksanakan sekitar jam 9.00 WIB. Namun kerena sang Kepala Desa (kades) setempat tidak berada di tempat, pelaksanaan baru hendak dimulai sekitar jam 10.00 WIB.

Permasalahan pelaksanaan titik Nol tidak berhenti sampai disitu. Saat Kades setempat telah tiba di desanya dan petugas TA DD 2018, Sekcam Tebing Tinggi, Bhabinsa dan pihak yang berkempetingan sudah siap melaksanakan kegiatan titik Nol, ternyata papan proyek dan spanduk pelaksanaan kegiatan belum selesai dibuat.

Sementara itu lokasi tepatnya titik Nol, antara Kades dan kepala tukang pada proyek swakelolah tersebut, terjadi miss komunikasi penentuan tepatnya. Hingga ahirnya Sekcam Tebing Tinggi, Sopian memutuskan untuk tidak mengikuti jalannya titik Nol, meski berada di desa itu, karena kebingungan dengan persiapan pihak Kades dalam kegiatan ini.

Disisi lain, sejumlah warga setempat yang hendak bekerja di proyek tersebut sibuk menayakan upah yang akan diterima jika mereka ikut berpartisipasi mengerjakan proyek tersebut, kepada Kades. Hal ini mengindikasikan belum ada kesepakatan antara pihak pelaksana kegiatan dengan warga yang akan ikut bekerja pada proyek tersebut.

“Ini jadi contoh bagi Kades yang lain terutama yang baru saja menjabat seperti Pj Kades, tadi sudah saya panggil Kades dan sudah diberikan teguran kepada Kades,” ujar Sofian Sekcam Tebing Tinggi saat ditanyai wartawan, Kamis (31/5).

Padahal pada pelaksanaan titik nol Pendamping Desa bahkan tenaga ahli maupun babinsa sudah hadir namun pelaksanaan seperti tidak persiapan. “Hal ini tentu saja sangat kita sayangkan sekali, mestinya Kades itu harus banyak bertanya,” katanya.

Sementara itu, Pj Kades Pancur Mas Sairin mengatakan, rencana jalan utama desa akan dibangun jalan setapak sepanjang 260 Meter dengan lebar 3,2 Meter, tidak hanya itu saja dibangun melainkan ada Jalan setepak menuju pemakaman sepanjang 125 meter dengan lebar 1,2 Meter.

“Jalan setapak di Jalan utama dan jalan setapak menuju ke pemakaman juga ada sarana olahraga yang dibangun di dusun III sebanyak unit lapangan volley,” kata Kades. (12)

BACA JUGA