oleh

PDAM Bakal Diaudit Independen

* Sudibyo Jabat Plt Direktur PDAM

REL, Empat Lawang – Evaluasi terhadap Kinerja Pengurus Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Empat Lawang dilakukan dalam rapat bersama yang dipimpin Wakil Bupati Empat Lawang Yulius Maulana didampingi Sekda dan Instansi terkait, rapat tersebut tidak lain membahas permasalahan PDAM termasuk keluhan dari kalangan masyarakat.

“Pada saat rapat tadi ada beberapa kesimpulan yang dihasilkan, tadi sudah kita tanya pokok-pokok permasalahan di PDAM,” ujar Wabup usai Rapat bersama dengan pengurus PDAM, Sekda dan seluruh leading sektor dituangkan Bupati Empat Lawang, Senin (12/11).

Memang sebenarnya dikatakan Yulius, masalah PDAM ini termasuk dalam janji politik Bupati dan Wakil Bupati pada saat kampanye, seperti halnya listrik dan PDAM, terkhusus untuk listrik April 2019 nanti sudah bisa digunakan gardu induk sedangkan yang dibahas saat ini mengenai PDAM.

“Dalam rapat tadi sudah kita tanya kesimpulannya cuma masalah struktur kepemimpinan sehingga jelas ada beberapa poin kesimpulan yang pertama adalah struktur organisasi dulu dengan menetapkan Plt Direktur Sudibyo,” ungkapnya.

Masih di lanjutkan Yulius, untuk surat keputusannya direktur PDAM akan di SKan oleh Bupati Empat Lawang sepulang dari Dinas Luar, namun yang jelas kenapa dipilih Sudibyo sebagai Plt Direktur karena dianggap yang berpengalaman dan mumpuni.

“Dalam hal ini tidak ada kita pilih-pilih dalam penentuan direktur PDAM karena sesuai dengan janji Kami dengan Joncik Muhammad untuk memberikan. Yang terbaik bagi masyarakat Empat Lawang,” tegasnya.

Selain itu, poin kedua mengenai aset PDAM, rencanannya akan dibuat Surat Kuasa Khusus (SKK) untuk menyelesaikan aset PDAM bila perlu nanti akan bekerja sama dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Empat Lawang sebab aset PDAM sangatlah penting.

“Yang ketiga akan diadakan audit independen untuk mengetahui permasalahan PDAM yang mengalami defisit apakah ada mar af atau tidak, kemungkinan di Januari 2019 akan dilakukan audit independen,” jelasnya.

Menurut Yulius, pembahasan masalah PDAM penting sekali dibahas karena sumber air di PDAM Tebing Tinggi beda dengan daerah lain yang menggunakan mesin, sedangkan di Tebing Tinggi menerapkan sistem gravitasi sehingga dinilai sangat sulit mengalami defisit.

“Satu persatu permasalahan di PDAM kita bahas termasuk masalah defisit PDAM dan saya berharap Sudibyo bisa bertugas dengan baik dan menyelesaikan permasalahan di PDAM,” tambahnya. (12).

BACA JUGA