oleh

PD Dan PLD Datangi Hotel Kito

REL, Empat Lawang – Ratusan Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD) berbondong-bondong menggeruduk Hotel Kito,untuk Sosialisasi Penyedia Peningkatan Kapasitas Tekni Desa (P2KTD) dan rapat koordinasi Tim Inovasi Kabupaten Empat Lawang, Kamis (7/9).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDP3A) Kabupaten Empat Lawang Agus Rochmat Basuki mengatakan, kegiatan Inovasi Desa ini agar Desa di Kabupaten Empat Lawang ini dapat mempublikasihkan potensi Desanya kemasyarakat.

“Dan ini sesuai dengan Undang-undang No 7 tahun 2014 tentang Desa, dan program inovasi Desa ini, agar Desa-Desa di Empat Lawang ini lebih efektif dalam pembangunan Desa,” kata Agus pada saat menyampaikan sambutannya.

Dijelaskan Agus, tujuan digelarnya kegitan Bursa Inovasi Desa tersebut, untuk memperkenalkan P2KTD kepada Stekholder yang ada khususnya di Kabupaten Empat Lawang ini.

“Karena didalam UU Desa P2KTD sangat penting, dan sasaran nya ini, masyarakat Desa dan Kelurahan khususnya yang ada di Kabupaten Empat Lawang ini,” jelasnya.

Sementara itu, Plh Bupati Empat Lawang H Edison Jaya melalui Asisten III Setda Empat Lawang Qobal Antoni, mengungkapkan saat ini seluruh Desa di Kabupaten Empat Lawang sudah mempunyai Program.

“Seluruh Desa di Empat Lawang saat ini sudah mempunyai Program yang tertuang dalam RAPBDes,” ungkap Qobal Antoni.

Perlu disadari lanjut Qobal, kapasitas Desa dalam proses pembangunan masih terbatas. Dan itu terjadi pada Pemerintah Desa dan Masyarakat Desa, dan dirinya mengajak agar mensukseskan program Inovasi Desa ini untuk meningkatkan Perekonomian Desa dan Pembangunan di Desa yang memiliki daya saing.

“Karena Inovasi Desa ini dapat meningkatakan Ekonomi Desa yang berujung pada meningkatkanya kesejahteraan masyarakat disuatu Desa, khususnya masyarakat Desa di Kabupaten Empat Lawang ini,” pungkasnya (12).

BACA JUGA