oleh

Pasca Amblas, Ruas Jalan Penghubung Kedua Desa Diperbaiki

REL, Empat Lawang – Pasca kejadian amblasnya ruas jalan aspal penghubung Desa Batu Ampar dengan Desa Karang Tanding Kecamatan Lintang Kanan Kabupaten Empat Lawang akibat longsor di tengah hujan deras disertai angin kecang beberapa pekan lalu.

Dan membuat akses jalan para warga terganggu sejak beberapa bulan kemarin. Amblasnya jalan bahkan membuat bangunan gorong gorong jalanan aspal tersebut ikut rusak dan ambruk sepanjang lebih kurang Lima Meter dengan kedalaman sekitar 50Cm.

Hingga jalan lintaspun hanya tinggal selebar setengah ukuran dari luas jalan penghubung kedua desa tersebut. Cukup riskan bagi keamanan kendaraan yang tengah melintas akan Lakalantas.

Pantauan awak media ketika tengah berada di lokasi, terlihat gorong gorong serta jalan yang amblas sedang diperbaiki dan masih dalam pengerjaan para tukang. Coran beton untuk gorong gorong sudah diselimuti papan sebagai penompang.

Meskipun begitu, para pengemudi kendaraan masih harus berhati-hati ketika melintasi jalanan aspal tersebut. Apalagi saat hujan deras turun, tak ada papan pemberitahuan ataupun rambu jalan lainnya sebagai penanda lokasi kerja bangunan perbaikan jalan serta gorong gorong.

“Sudah diperbaiki gorong gorongnya, setidaknya tidak akan lama lagi akses jalan kita ini sudah kembali bagus lagi,” ujar Evan (39) warga yang kebetulan tengah melintas saat dibincangi REL pada Rabu (28/11).

Dikatakannya, pembangunan atau perehapan ruas jalan beserta gorong gorong karena terjadinya bencana alam lalu, termasuk di respon cepat oleh pihak pemerintah untuk di perbaiki.

“Kejadian amblasnya ruas jalan ini sekitar Dua bulan lalu atau tepatnya di bulan September kemarin. Dan di bulan November ini perbaikan sudah berjalan, cepat tanggap namanya,” katanya.

Dirinya juga menuturkan ucapan terimakasih kepada instansi pemerintah, dirinya selaku salah satu masyarakat yang kerap kali menikmati, menggunakan hasil pembangunan (akses jalan, red) dari hasil pembayaran pajak para warga ini.

Jangan hanya beberapa ruas jalan rusak saja. Akan tetapi semestinya disetiap seluruh jalanan rusak yang merupakan milik Kabupaten Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati ini juga segera menjadi prioritas dalam perbaikan akses jalanan yang mengalami kerusakan baik parah ataupun ringan.

“Di daerah kita ini masih banyak jalan yang mengalami kerusakan, bahkan rata akses vitas semua. Diharapkan pemerintah juga dapat segera memperbaiki jalan jalan lintas yang rusak itu,” tuturnya.

Sementara itu, Anggota Komisi I DPRD Empat Lawang, Raka Warsi menyampaikan bahwa memang benar jalan atau gorong gorong yang amblas kemarin saat ini sedang diperbaiki dan tahap pengerjaan.

“Perbaikan bangunan ruas jalan akses penghubung Desa Karang Tandi dan Desa Batu Ampar ini memang sedang diperbaiki, kurang lebih sudah berlangsung sejak tiga pekan lalu,” pungkasnya. (14).

BACA JUGA