oleh

Parpol Peserta Pemilu Dilarang Curi Start Kampanye

REL, Empat Lawang – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Empat Lawang, menghimbau kepada Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu, baik Pilpres maupun Pileg 2019, agar tidak mencuri start kampanye sebelum memasuki tahapan masa kampanye.

Koordinator divisi (Koordiv) Pencegahan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Empat Lawang, Andri Logan, mengatakan, pada saat ini masih dalam tahapan Daftar Calon Sementara (DCS) dan tanggapan masyarakat, setelah itu akan ditetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) pada  20 September 2018, dan diumumkan pada 21 sampai 23 September 2018.

“Sesuai dengan PKPU No 5 tahun 2018 perubahan kedua atas PKPU No 7 tahun 2017 tentang tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan Pemilu  2019  tahapan masa kampanye mulai tanggal 23 September 2018 sampai 13 April 2019,” katanya, Rabu (29/8).

Karena itu, dihimbau untuk Parpol jangan melanggar tahapan kampanye sesuai dengan UU Pemilu tahun 2017 pasal 492 yang berbunyi setiap orang yang dengan sengaja melakukan kampanye diluar jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU, KPU provinsi, KPU kabupaten dan kota untuk setiap peserta Pemilu sebagaimana dimaksud dalam pasal 276 ayat (2), dipidana dengan pidana penjara paling lama  satu tahun dan denda paling banyak Rp. 12.000.000.

“Harapan kami Bawaslu  Empat Lawang, agar Parpol mematuhi aturan yang ada. Dimana, dapat menciptakan keadaan yang kondusif di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati,” jelasnya.

Diakui oleh Andre Logan, banyak Bakal Caleg mulai mempromosikan dirinya sebagai Caleg melalui Media Sosial (Medsos), namun sampai saat ini belum ada secara detail yang melakukan pemasangan spanduk secara gamblang atau terbuka.

“Tetap saja kita himbau nanti memasang spanduk meskipun sudah banyak yang mulai mempromosikan diri di Media Sosial, nanti ada jadwal untuk kampanye akan ditentukan,” jelasnya. (12)

BACA JUGA