Connect with us

Empat Lawang

Parpol Berduyun-duyun Datangi KPU

Published

on

DATANGI : Tampak pengurus Partai Politik mendatangi Kantor KPU Empat Lawang guna mendaftarkan Bacaleg-nya, Selasa (17/7).

REL, Empat Lawang – Sejumlah partai politik (parpol) di Kabupaten Empat Lawang, berduyun-duyun datangi sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Empat Lawang, untuk mendaftarkan bakal calon anggota legislatif mereka di detik-detik akhir batas waktu yang ditentukan, Selasa (17/7).

Pantauan dilapangan, di sekretariat KPU Kabupaten Empat Lawang, hari terakhir batas waktu pendaftaran Bacaleg, Partai Demokrat mendaftarkan Bacaleg mereka pagi menjelang siang. Selanjutnya Partai Berkarya dengan tujuan yang sama datang sekitar jam 14.15 WIB disusul Partai Persatuan Pembangunan (PPP), PKPI, PKS, Partai Perindo, PAN dan PKB.

Dari informasi yang dihimpun, menjelang malam Partai Golkar dan sejumlah parpol lain, juga terkonfirmasi mendaftarkan Bacaleg mereka pada malam hari hingga habis waktu pukul 24.00 WIB.

Komisioner KPU Kabupaten Empat Lawang Divisi Tekhnis, Billy Farsha melalui salah seorang staf KPU Kabupaten Empat Lawang, Akmal mengatakan, KPU Kabupaten Empat Lawang, akan terus membuka pendaftaran Bacaleg dari sejumlah parpol peserta Pemilu 2019, hingga tengah malam pukul 24.00 WIB.

“Iya, tetap kita buka pendaftaran hingga nanti jam 00.00 WIB. Lewat jam tersebut pendaftaran akan kita tolak,” tegas Akmal.

Kecuali kata Akmal, jika nanti di detik-detik akhir ada keputusan terbaru dari KPU RI. Namun sejauh ini belum ada keputusan perpanjangan waktu pendaftaran. “Itu artinya, jadwal pendaftarab tetap sesuai peraturan KPU sebelumnya, dibuka tanggal 4 Juli dan ditutup tanggal 17 Juli, lewat waktu tersebut jika ada parpol yang mendaftar, akan kita tolak,” ulangnya.

Diapun menjelaskan, seperti pemilu 2014 sebelumnya, tidak ada perubahan jumlah kursi yang diperebutkan di DPRD Empat Lawang, total sebanyak 35 kursi. Dengan empat daerah pilihan (Dapil) yakni, Dapil 1 meliputi wilayah Kecamatan Tebing Tinggi dan Kecanatan Saling, Dapil 2 meliputi Kecamatan Muara Pinang dan Kecamatan Lintang Kanan, Dapil 3 meliputi Kecamatan Pendopo, Kecamatan Pendopo Barat dan Kecamatan Sikap Dalam dan Dapil 4 meliputi Kecamatan Ulu Musi, Pasemah Air Keruh dan Kecanatan Talang Padang.

“Jadi, setiap Parpol maksimal menyerahkan 35 Bacaleg untuk dipilih di 4 Dapil dan wajib menyertakan 30 persen keterwakilan perempuan pada daftar Bacaleg mereka,” jelas Akmal.

lebih lanjut Akmal menjelaskan, hingga saat ini pukul 18:36 wib atau lebih tepat di hari terakhir pendaftaran (selasa 17/7) Bacaleg baru ada sembilan DPD Parpol yang mendaftarkan Bacaleg ke sekretariat KPU Empat Lawang, namun pihaknya masih menunggu hingga batas waktu akhir yakni pukul 24.00 wib

“Betul hingga saat ini Pukul 18:36 suda ada 9 (Sembilan) DPD Parpol yang mendaftarkan Bacaleg mereka,kemari ada 1 parpol saja. Kita tetap tunggu hingga batas waktu akhir,” ujar Akmal. Selasa (17/7).

Dijelaskan Akmal, bahwa sampai dengan saat ini pihaknya masih menanti, akan tetapi tidak menerima konfirmasi dari para Bacaleg yang sudah mendaftar melapor ingin berganti ke Partai lain, artinya pendaftaran para Bacaleg ini berjalan mulus tanpa ada kendala pergantian Parpol dan sesuai dengan keputusan si Caleg dan Parpol tersebut.

“Dari sembilan parpol yang berkasnya sudah  masuk ke kita tak satupun ada konfirmasi resmi sanggahan dari pihak DPD Parpol atau dari Bacaleg yang hendak berganti parpolnya sebelum tutup pendaftaran ini,” jelasnya kepada REL.

Akmal membeberkan lebih jauh bahwa untuk berkas Bacaleg yang sudah masuk ke sekretariat KPU Empat Lawang, pihaknya langsung melakukan pemberkasan hingga batas terakhir pemberkasan yakni 18 Juli (Rabu red).

“Selanjutnya kita lakukan pemberkasan, sebab tahapan pemberkasan untuk Bacaleg ini sudah dimulai sejak tanggal 15 Juli dan berakhir pada tanggal18 Juli besok (Rabu, red),” tandasnya

Sampai berita ini masuk ke dapur redaksi, baru ada 9 Parpol yang telah dinyatakan secara resmi oleh panitia dari pihak KPU Empat Lawang, dan tak menutup kemungkinan akan bertambah hingga pukul 24.00 wib sebagai batas waktu akhri pendataran.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Berkarya Kabupaten Empat Lawang, Novan Joni Irawan mengatakan, sesuai batas waktu pendaftaran Bacaleg yang sudah ditetapkan KPU, pihaknya datang dan mendaftarkan Bacaleg mereka untuk diikutsertakan pada pemilu 2019 mendatang.

“Alhamdulillah kita mendaftarkan 22 Bacaleg kita untuk diikutsertakan pada pemilu 2019. Target kita mengganti Ketua DPRD Empat Lawang, artinya setiap Dapil itu 2 orang terpilih dari Partai Berkarya,” kata Novan.

Menurut dia, sebagai partai baru di kancah perpolitikan tanah air, Partai Berkarya memiliki kader-kader yang tidak kalah dengan partai yang lama. Bahkakn sebut dia, sejumlah tokoh Nasional seperti Priyo Budi Santoso dan Akbar Tanjung, sudah menjadi bagian dari parpol yang diketuaumumi oleh putra Presiden kedua RI HM Soeharto, Tomi Soeharto tersebut.

“Kalau bapak Priyo itu Sekjen DPP partai kita dan bapak Akbar Tanjung merupakan Dewan Penasehat DPP Partai Berkarya. Mereka berdua ini merupakan tokoh Nasional yang dulunya di parpol lain,” terangnya. (12/Mg14)

Empat Lawang

Edi Sugandi Jabat Kasi Datun

Published

on

Caption : Edi Suganti saat dilantik di Kejari Empat Lawang

REL,Empat Lawang – Kepala Kejaksaaan Negeri (Kejari) Empat Lawang, Sigit Prabowo SH MH, melantik Edi Sugandi sebagai Kepala Seksi ( Kasi) Perdata dan Tata Usaha Negara (PTUN), menggantikan Andi Candra.

Sementara Andi Candra kini menjabat Kacabjari Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi

“Kita berharap Edi Suganda segera menyesuaikan diri di tempat kerja baru ini,” harap Sigit Prabowo.

Ini lantaran, diakuinya, tugas Datun sangatlah penting dalam pendampingan hukum, penegakan hukum serta pelayanan hukum.( Rel)

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Giliran TNI, Polisi serta Guru

Published

on

Caption - Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) memeriksa vaksin gelombang kedua tiba di Dinas Kabupaten Empat Lawang.

/// Sasaran Vaksin Covid Tahap II

REL,Empat Lawang – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Empat Lawang, kembali menerima vaksin covid-19 tahap II di Dinas kesehatan Empat Lawang, kemarin (2/3).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes ) Empat Lawang Sulni melalui Kabid Pencegahan dan pengendalian penyakit ( P2P), Dr. Ivon Meliyani mengatakan sebanyak 250 vial vaksin covid -19 diterima dengan sasaran 1.741 orang.

“Gelombang dua ini, sasaran TNI-Polri dan tenaga pendidikan,”Kata Ivon saat menerima vaksin.

Masih dikatakan Ivon data yang telah masuk kedinas kesehatan sebanyak 1200 orang yang akan divaksin,

“Data yang sudah masuk ke kita ada 1200 orang sedangkan kita mendapatkan kuota sebanyak 1.741,”Ujarnya.(Pad/rel)

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Luring terapkan Sistem 5S

Published

on

Foto : Anita / REL Caption : Siswa dites thermogun saat masuki ruangan

REL,Empat Lawang – Di era pandemi, dunia pendidikan masih menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). Hal ini dilakukan untuk memutus penyebaran Covid-19.

Semua sekolah di Kabupaten Empat Lawang masih menerapkan sistem PJJ baik secara daring ataupun luring sekarang ini. Salah satu sekolah yang menerapkan sistem PJJ yakni SMP N 1 Muara Pinang.

Kepala SMP N 1 Muara Pinang, Hadi, mengatakan sekolahnya menerapkan sistem pembelajaran daring bagi siswa yang mempunyai handphone, dan pembelajaran luring bagi siswa yang tak mempunyai hanpdhone.

“Anak belajar di rumah, guru mengajar dari sekolah via handpone,” kata Hadi.

Pada saat siswa ke sekolah, sekolah menerapkan sistem 5S yakni Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun untuk menyambut kedatangan siswa. Tentunya penerapan 5S tersebut dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Penerama program 5S sendiri menurut dikatakan Hadi, sejak tahun 2016 sudah mulai diterapkan di sekolah.(Ian/rel)

Baca Selengkapnya

Trending