Connect with us

Empat Lawang

Parpol Berduyun-duyun Datangi KPU

Published

on

DATANGI : Tampak pengurus Partai Politik mendatangi Kantor KPU Empat Lawang guna mendaftarkan Bacaleg-nya, Selasa (17/7).

REL, Empat Lawang – Sejumlah partai politik (parpol) di Kabupaten Empat Lawang, berduyun-duyun datangi sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Empat Lawang, untuk mendaftarkan bakal calon anggota legislatif mereka di detik-detik akhir batas waktu yang ditentukan, Selasa (17/7).

Pantauan dilapangan, di sekretariat KPU Kabupaten Empat Lawang, hari terakhir batas waktu pendaftaran Bacaleg, Partai Demokrat mendaftarkan Bacaleg mereka pagi menjelang siang. Selanjutnya Partai Berkarya dengan tujuan yang sama datang sekitar jam 14.15 WIB disusul Partai Persatuan Pembangunan (PPP), PKPI, PKS, Partai Perindo, PAN dan PKB.

Dari informasi yang dihimpun, menjelang malam Partai Golkar dan sejumlah parpol lain, juga terkonfirmasi mendaftarkan Bacaleg mereka pada malam hari hingga habis waktu pukul 24.00 WIB.

Komisioner KPU Kabupaten Empat Lawang Divisi Tekhnis, Billy Farsha melalui salah seorang staf KPU Kabupaten Empat Lawang, Akmal mengatakan, KPU Kabupaten Empat Lawang, akan terus membuka pendaftaran Bacaleg dari sejumlah parpol peserta Pemilu 2019, hingga tengah malam pukul 24.00 WIB.

“Iya, tetap kita buka pendaftaran hingga nanti jam 00.00 WIB. Lewat jam tersebut pendaftaran akan kita tolak,” tegas Akmal.

Kecuali kata Akmal, jika nanti di detik-detik akhir ada keputusan terbaru dari KPU RI. Namun sejauh ini belum ada keputusan perpanjangan waktu pendaftaran. “Itu artinya, jadwal pendaftarab tetap sesuai peraturan KPU sebelumnya, dibuka tanggal 4 Juli dan ditutup tanggal 17 Juli, lewat waktu tersebut jika ada parpol yang mendaftar, akan kita tolak,” ulangnya.

Diapun menjelaskan, seperti pemilu 2014 sebelumnya, tidak ada perubahan jumlah kursi yang diperebutkan di DPRD Empat Lawang, total sebanyak 35 kursi. Dengan empat daerah pilihan (Dapil) yakni, Dapil 1 meliputi wilayah Kecamatan Tebing Tinggi dan Kecanatan Saling, Dapil 2 meliputi Kecamatan Muara Pinang dan Kecamatan Lintang Kanan, Dapil 3 meliputi Kecamatan Pendopo, Kecamatan Pendopo Barat dan Kecamatan Sikap Dalam dan Dapil 4 meliputi Kecamatan Ulu Musi, Pasemah Air Keruh dan Kecanatan Talang Padang.

“Jadi, setiap Parpol maksimal menyerahkan 35 Bacaleg untuk dipilih di 4 Dapil dan wajib menyertakan 30 persen keterwakilan perempuan pada daftar Bacaleg mereka,” jelas Akmal.

lebih lanjut Akmal menjelaskan, hingga saat ini pukul 18:36 wib atau lebih tepat di hari terakhir pendaftaran (selasa 17/7) Bacaleg baru ada sembilan DPD Parpol yang mendaftarkan Bacaleg ke sekretariat KPU Empat Lawang, namun pihaknya masih menunggu hingga batas waktu akhir yakni pukul 24.00 wib

“Betul hingga saat ini Pukul 18:36 suda ada 9 (Sembilan) DPD Parpol yang mendaftarkan Bacaleg mereka,kemari ada 1 parpol saja. Kita tetap tunggu hingga batas waktu akhir,” ujar Akmal. Selasa (17/7).

Dijelaskan Akmal, bahwa sampai dengan saat ini pihaknya masih menanti, akan tetapi tidak menerima konfirmasi dari para Bacaleg yang sudah mendaftar melapor ingin berganti ke Partai lain, artinya pendaftaran para Bacaleg ini berjalan mulus tanpa ada kendala pergantian Parpol dan sesuai dengan keputusan si Caleg dan Parpol tersebut.

“Dari sembilan parpol yang berkasnya sudah  masuk ke kita tak satupun ada konfirmasi resmi sanggahan dari pihak DPD Parpol atau dari Bacaleg yang hendak berganti parpolnya sebelum tutup pendaftaran ini,” jelasnya kepada REL.

Akmal membeberkan lebih jauh bahwa untuk berkas Bacaleg yang sudah masuk ke sekretariat KPU Empat Lawang, pihaknya langsung melakukan pemberkasan hingga batas terakhir pemberkasan yakni 18 Juli (Rabu red).

“Selanjutnya kita lakukan pemberkasan, sebab tahapan pemberkasan untuk Bacaleg ini sudah dimulai sejak tanggal 15 Juli dan berakhir pada tanggal18 Juli besok (Rabu, red),” tandasnya

Sampai berita ini masuk ke dapur redaksi, baru ada 9 Parpol yang telah dinyatakan secara resmi oleh panitia dari pihak KPU Empat Lawang, dan tak menutup kemungkinan akan bertambah hingga pukul 24.00 wib sebagai batas waktu akhri pendataran.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Berkarya Kabupaten Empat Lawang, Novan Joni Irawan mengatakan, sesuai batas waktu pendaftaran Bacaleg yang sudah ditetapkan KPU, pihaknya datang dan mendaftarkan Bacaleg mereka untuk diikutsertakan pada pemilu 2019 mendatang.

“Alhamdulillah kita mendaftarkan 22 Bacaleg kita untuk diikutsertakan pada pemilu 2019. Target kita mengganti Ketua DPRD Empat Lawang, artinya setiap Dapil itu 2 orang terpilih dari Partai Berkarya,” kata Novan.

Menurut dia, sebagai partai baru di kancah perpolitikan tanah air, Partai Berkarya memiliki kader-kader yang tidak kalah dengan partai yang lama. Bahkakn sebut dia, sejumlah tokoh Nasional seperti Priyo Budi Santoso dan Akbar Tanjung, sudah menjadi bagian dari parpol yang diketuaumumi oleh putra Presiden kedua RI HM Soeharto, Tomi Soeharto tersebut.

“Kalau bapak Priyo itu Sekjen DPP partai kita dan bapak Akbar Tanjung merupakan Dewan Penasehat DPP Partai Berkarya. Mereka berdua ini merupakan tokoh Nasional yang dulunya di parpol lain,” terangnya. (12/Mg14)

Empat Lawang

Bupati Kukuhkan 27 Anggota Paskibraka

Published

on

By

KUKUHKAN : Pelaksanaan upacara pengukuhan anggota Paskibra Kabuapaten Empat Lawang, di rumah dinas Bupati Empat Lawang, Kamis (15/8/2019).

REL, Empat Lawang – Sebanyak 27 anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang akan bertugas mengibarkan bendera merah putih pada upacara peringatan detik-detik Proklamasi di halaman Pemkab Empat Lawang, Sabtu (17/8/2019) mendatang, dikukuhkan Bupati Empat Lawang, di Pendopoan Rumah Dinas (Rumdin) Bupati Empat Lawang, Kamis (15/8/2019) malam.

Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad saat menyampaikan amanatnya mengatakan, anggota Paskibra merupakan putra-putri terpilih yang akan menjalankan tugas mulia mengibarkan sang merah putih pada upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Sabtu mendatang.

“Pertanggungjawabkan itu, karena tidak semua orang yang bisa terpilih menjalankan tugas mulia ini,” kata Joncik.

Diapun mengingatkan, agar para anggota Paskibra yang sudah terpilih tersebut, mempersiapkan diri dengan baik, demi kesuksesan pelakasanaan upacara HUT Republik Indonesia nantinya.

“Jaga diri, jaga pola makan dan persiapkan diri kalian, agar pada saat mejalankan tugas mengibarkan merah putih berlangsung tanpa hambatan,” ucapnya.

Pada kesempatan itu juga, selaku Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, baik TNI maupun Polri yang telah melatih putra-putri terbaik ini, menjadi anggota Paskibaraka Kabupaten Empat Lawang.

“Mudah-mudahan, apa yang dilakuakan ini bernilai ibadah di hadapan Tuhan yang maha esa,” tandasnya. (mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

31 Agustus Jamaah Haji Tiba di Empat Lawang

Published

on

By

H Muhammad Makki

REL, Empat Lawang – Saat ini 92 Jamaah Haji Empat Lawang sudah melaksanakan Nafar awal di Min’nah. Dan saat ini sudah berada di Mekkah.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Kakankemenag Empat Lawang H Muhammad Makki melalui Kasi Haji dan Umrah KGS Mahmuddin kepada wartawan Kamis (15/8).

“Jamah kita kemarin sudah melaksanakan Nafar Awal di mina sekarang sudah berada di Makkah untuk melakukan Tawaf Ifadah, Sai dan tahalul serta Tawaf Wada. Dan Alhamdulillah semua jamah kita dalam keadaan sehat,” ungkap Mahmuddin.

Menurut jadwal lanjut Mahmuddin, tanggal 30 Agustus 2019 sekitar jam 21.45 sudah berada di embar kasih Palembang.

“Insyaallah tanggal 30 Agustus 2019 jam 21.45 WIB mereka tiba di Bandara Sultan Mahmud Badarudin 2 Palembang diterbangkan dari Madinah,” ujarnya.

Dan jika tidak ada halangan sambung Mahmuddin, jamah Haji Empat Lawang, akan diberangkatkan dari Palembang malam itu juga, sekitar jam 23.30 WIB.

“Insyaallah jam 23.30 mereka berangkat dari Palembang ke Empat Lawang. Jika tidak ada halangan jam 7.30 mereka tiba di Empat Lawang,” pungkasnya (mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Tujuh PNS Diberhentikan Tidak Hormat

Published

on

By

REL, Empat Lawang – Sebanyak tujuh orang PNS di Kabupaten Empat Lawang diberikan saksi Pemberhentian dengan Tidak Hormat (PTDH) karena terlibat kasus korupsi yang putusannya sudah mempunyai hukum tetap atau Incrah.

Sanksi PTDH bagi PNS terlibat kasus korupsi ini, dasarnya dari Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Dalam Negeri, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN)

Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber daya Manusia (BKPSDM) Empat Lawang, Soleha Afriani melalui Kabid Pengadaan, pemberhentian dan informasi, Nurbaiti mengatakan tujuh orang tersebut sudah ada Surat Keputusan (SK) PTDH, dan ada enam PNS lain sedang dalam proses

“Terindikasi sebanyak 13 orang PNS di Kabupaten Empat Lawang, tujuh orang PNS dan ada yang sudah pensiun sudah ada SK PTDH, dan enam PNS lagi sedang dalam proses,” kata Nurbaiti, Rabu (14/8/2019).

Adapun inisial nama-nama PNS di Empat Lawang yang sudah ada SK PTDH masing-masing SK terhitung sejak bulan April dan Juli, yakni Am, It, Ma, L, I, Us, Ms.

” Bagi yang sudah ada SK PTDH, tidak menerima gaji dan bagi PNS yang sudah pensiun gaji pensiunnya juga tidak diberikan lagi,” kata Nurbaiti

Dijelaskan Nurbaiti satu dari tujuh PNS yang di PTDH menepuh jalur hukum menggugat ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). (Mg20).

Baca Selengkapnya

Trending

Graha Rakyat Empat Lawang Jl. Lintas Sumatera Talang Banyu Tebing Tinggi Empat Lawang Sumatera Selatan Telp : 0702 7320044 Fex 0702 7320044