Connect with us

Empat Lawang

Parpol Berduyun-duyun Datangi KPU

Published

on

DATANGI : Tampak pengurus Partai Politik mendatangi Kantor KPU Empat Lawang guna mendaftarkan Bacaleg-nya, Selasa (17/7).

REL, Empat Lawang – Sejumlah partai politik (parpol) di Kabupaten Empat Lawang, berduyun-duyun datangi sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Empat Lawang, untuk mendaftarkan bakal calon anggota legislatif mereka di detik-detik akhir batas waktu yang ditentukan, Selasa (17/7).

Pantauan dilapangan, di sekretariat KPU Kabupaten Empat Lawang, hari terakhir batas waktu pendaftaran Bacaleg, Partai Demokrat mendaftarkan Bacaleg mereka pagi menjelang siang. Selanjutnya Partai Berkarya dengan tujuan yang sama datang sekitar jam 14.15 WIB disusul Partai Persatuan Pembangunan (PPP), PKPI, PKS, Partai Perindo, PAN dan PKB.

Dari informasi yang dihimpun, menjelang malam Partai Golkar dan sejumlah parpol lain, juga terkonfirmasi mendaftarkan Bacaleg mereka pada malam hari hingga habis waktu pukul 24.00 WIB.

Komisioner KPU Kabupaten Empat Lawang Divisi Tekhnis, Billy Farsha melalui salah seorang staf KPU Kabupaten Empat Lawang, Akmal mengatakan, KPU Kabupaten Empat Lawang, akan terus membuka pendaftaran Bacaleg dari sejumlah parpol peserta Pemilu 2019, hingga tengah malam pukul 24.00 WIB.

“Iya, tetap kita buka pendaftaran hingga nanti jam 00.00 WIB. Lewat jam tersebut pendaftaran akan kita tolak,” tegas Akmal.

Kecuali kata Akmal, jika nanti di detik-detik akhir ada keputusan terbaru dari KPU RI. Namun sejauh ini belum ada keputusan perpanjangan waktu pendaftaran. “Itu artinya, jadwal pendaftarab tetap sesuai peraturan KPU sebelumnya, dibuka tanggal 4 Juli dan ditutup tanggal 17 Juli, lewat waktu tersebut jika ada parpol yang mendaftar, akan kita tolak,” ulangnya.

Diapun menjelaskan, seperti pemilu 2014 sebelumnya, tidak ada perubahan jumlah kursi yang diperebutkan di DPRD Empat Lawang, total sebanyak 35 kursi. Dengan empat daerah pilihan (Dapil) yakni, Dapil 1 meliputi wilayah Kecamatan Tebing Tinggi dan Kecanatan Saling, Dapil 2 meliputi Kecamatan Muara Pinang dan Kecamatan Lintang Kanan, Dapil 3 meliputi Kecamatan Pendopo, Kecamatan Pendopo Barat dan Kecamatan Sikap Dalam dan Dapil 4 meliputi Kecamatan Ulu Musi, Pasemah Air Keruh dan Kecanatan Talang Padang.

“Jadi, setiap Parpol maksimal menyerahkan 35 Bacaleg untuk dipilih di 4 Dapil dan wajib menyertakan 30 persen keterwakilan perempuan pada daftar Bacaleg mereka,” jelas Akmal.

lebih lanjut Akmal menjelaskan, hingga saat ini pukul 18:36 wib atau lebih tepat di hari terakhir pendaftaran (selasa 17/7) Bacaleg baru ada sembilan DPD Parpol yang mendaftarkan Bacaleg ke sekretariat KPU Empat Lawang, namun pihaknya masih menunggu hingga batas waktu akhir yakni pukul 24.00 wib

“Betul hingga saat ini Pukul 18:36 suda ada 9 (Sembilan) DPD Parpol yang mendaftarkan Bacaleg mereka,kemari ada 1 parpol saja. Kita tetap tunggu hingga batas waktu akhir,” ujar Akmal. Selasa (17/7).

Dijelaskan Akmal, bahwa sampai dengan saat ini pihaknya masih menanti, akan tetapi tidak menerima konfirmasi dari para Bacaleg yang sudah mendaftar melapor ingin berganti ke Partai lain, artinya pendaftaran para Bacaleg ini berjalan mulus tanpa ada kendala pergantian Parpol dan sesuai dengan keputusan si Caleg dan Parpol tersebut.

“Dari sembilan parpol yang berkasnya sudah  masuk ke kita tak satupun ada konfirmasi resmi sanggahan dari pihak DPD Parpol atau dari Bacaleg yang hendak berganti parpolnya sebelum tutup pendaftaran ini,” jelasnya kepada REL.

Akmal membeberkan lebih jauh bahwa untuk berkas Bacaleg yang sudah masuk ke sekretariat KPU Empat Lawang, pihaknya langsung melakukan pemberkasan hingga batas terakhir pemberkasan yakni 18 Juli (Rabu red).

“Selanjutnya kita lakukan pemberkasan, sebab tahapan pemberkasan untuk Bacaleg ini sudah dimulai sejak tanggal 15 Juli dan berakhir pada tanggal18 Juli besok (Rabu, red),” tandasnya

Sampai berita ini masuk ke dapur redaksi, baru ada 9 Parpol yang telah dinyatakan secara resmi oleh panitia dari pihak KPU Empat Lawang, dan tak menutup kemungkinan akan bertambah hingga pukul 24.00 wib sebagai batas waktu akhri pendataran.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Berkarya Kabupaten Empat Lawang, Novan Joni Irawan mengatakan, sesuai batas waktu pendaftaran Bacaleg yang sudah ditetapkan KPU, pihaknya datang dan mendaftarkan Bacaleg mereka untuk diikutsertakan pada pemilu 2019 mendatang.

“Alhamdulillah kita mendaftarkan 22 Bacaleg kita untuk diikutsertakan pada pemilu 2019. Target kita mengganti Ketua DPRD Empat Lawang, artinya setiap Dapil itu 2 orang terpilih dari Partai Berkarya,” kata Novan.

Menurut dia, sebagai partai baru di kancah perpolitikan tanah air, Partai Berkarya memiliki kader-kader yang tidak kalah dengan partai yang lama. Bahkakn sebut dia, sejumlah tokoh Nasional seperti Priyo Budi Santoso dan Akbar Tanjung, sudah menjadi bagian dari parpol yang diketuaumumi oleh putra Presiden kedua RI HM Soeharto, Tomi Soeharto tersebut.

“Kalau bapak Priyo itu Sekjen DPP partai kita dan bapak Akbar Tanjung merupakan Dewan Penasehat DPP Partai Berkarya. Mereka berdua ini merupakan tokoh Nasional yang dulunya di parpol lain,” terangnya. (12/Mg14)

Empat Lawang

Jumat Berbagi,Satlantas Bagi Sembako

Published

on

Caption : Satlantas Berikan Paket Sembako Kepada Masyarakat yang Kurang Mampu.

 

REL,Empat Lawang – Satuan polisi lalulintas (Satlantas) polres Empat Lawang memberikan bantuan sembako kepada masyarakat yang kurang mampu dan terdampak wabah virus corona.

Pemberian paket sembako kepada masyarakat yang kurang mampu disejumlah wilayah di kecamatan Tebing Tinggi.

Kapolres Empat Lawang AKBP.Wahyu,S.IK melalui Kasatlantas Polres Empat Lawang IPTU.M.Yusuf Lubis mengatakan pembagian ini tidak lain rasa kepedulian polri terhadap masyarakat yang kurang mampu maupun terdampak covid19.

“ya kemarin (Jumat) kita berbagi kepada masyarakat yang tidak mampu,semoga dengan bantuan ini dapat meringankan beban mereka,”Ucap Lubis.Kemarin (24/5).

Masih dikatakan Lubis,menghimbau masyarakat agar selalu menjaga kebersihan diri serta lingkungan dan selalu menggunakan masker apabila hendak keluar rumah.

“Karena masker salah satu utama memutuskan penyebaran wabah covid19 ini,semoga wabah ini cepat berlalu,”Tuturnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Polres Empat Lawang Lakukan Pengamanan Takbir Keliling

Published

on

Caption : Beberapa Personil melakukan pengamanan ditempat ibadah

REL,Empat Lawang – Mengantisipasi penyebaran wabah virus covid19 serta mengindahkan himbaun agar tidak melakukan malam takbir keliling dan sholat idul fitri.

Mapolres Empat Lawang melakukan pengamanan di sejumlah titik di Kecamatan Tebing Tinggi.

Sebelum melaksanakan pengamanan malam takbiran puluhan personil yang dipimpin Kapolres Empat Lawang melakukan Apel di lapangan Mapolsek Tebing Tinggi.

Kapolres Empat Lawang AKBP.Wayu,S.IK melalui Humas Polres Briptu Andi mengatakan apel pengamanan malam takbiran yang di pimpin oleh Kapolres Empat Lawang dan seluruh Pejabat utama polres (PJU) serta seluruh anggota polres Empat Lawang.

“Untuk kegiatan Takbir keliling di Kabupaten Empat Lawang tidak ada,”Kata Andi.Kemarin (24/5).

Adapun titik lokasi pengamanan meliputi di sejumlah lokasi persimpangan jalan,masjid dan spbu,

“Pengamanan tetap kita lakukan di sejumlah titik lokasi dan besok akan dilanjutkan pengamanan sholat idul fitri,himbauan tidak boleh melaksanakan sholat ied berjemaah melainkan sholat di rumah saja,”Tukasnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Tetap Pertahankan Zona Hijau Terbebas Covid19

Published

on

Caption : Pj Kases Martapura saat meracik cairan Disinfektan di Posko Covid19.

 

REL,Empat Lawang – Setelah membagikan BLT DD beberapa hari yang lalu kepada warganya yang terdampak wabah virus covid19.

Pemerintahan Desa Martapura Kecamatan Sikap Dalam Kabupaten Empat Lawang mendirikan Posko Relawan Gugus Covid19 serta kembali melakukan penyemprotan cairan disinfektan

PJ Kades Martapura Idul Adha dalam pengarahannya mengatakan penyempotan cairan disinfektan ini guna memutuskan penyebaran wabah covid19.

Karena Lanjutnya,Desa kita sampai dengan saat ini masih steril dan hijau dari penyebaran Covid 19 namun demikian, kita tetap waspada dan jangan lenga, kita senantiasa terus berupaya mengantisipasi jangan sampai kondisi yang Steril dan hijau saat ini berubah status terdampak dan tercemar.

“Kita kembali lakukan penyemprotan Disinfektan sebagai lanjutan penyemprotan sebelumnya. Mudah mudahan dengan kebersamaan dan kesepahaman kita Relawan Gugus dan Stekholder yang terkait serta dukungan Masyarakat insya Allah Desa kita terbebas dari pengaruh penyebaran Covid 19,”Katanya Jum’at (22/5).

Sementara itu,khusus menyambut Idul Fitri 1441 H, pemerintahan Desa Martapura sudah membuat SK Badan Amil Zakat dan dirinya berharap agar Panitia benar benar dapat bekerja dengan maksimal dan pendistribusian Fitra harus tepat sasaran sehingga dapat meringankan beban Ekonomi bagi yang berhak menerima lebih lebih di tengah kondisi Covid 19.

“Terkait Sholat Idul Fitri berdasarkan Vidcon bersama Pemerintah Daerah,Provinsi Sumsel dengan Pemda Empat Lawang maka untuk tahun ini kita melaksanakan Sholat Id di Rumah saja, tidak melakukan Takbir keliling, tidak mudik dan selalu pakai Masker saat keluar Rumah.

Adapun yang hadir mendampingi kegiatan tersebut Camat Sikap dalam, Kapolsek Ulu Musi, Danramil Ulu Musi, Kepala Puskesmas Sikap Dalam, Pol PP dan pol PP Desa serta, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa. Dibantu juga oleh Adik adik Karang Taruna dan Mahasiswa KKN Mandiri dari UMB dan UNIB. Akhirnya semoga Aktivitas kita akan bernilai Ibadah dan Allah SWT akan mencatat dan memberikan ganjaran Pahala.Tukasnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Trending