oleh

Parah, Hanya Bahu Jalan yang Bisa Dilalui

REL, Empat Lawang – Titik ambles Jalan Poros Tebing Tinggi – Pendopo (Jalan Noerdin Pandji) Kabupaten Empat Lawang, semakin parah. Bahkan saat ini, kondisi jalan sudah putus hanya menyisahkan bahu jalan saja dan jika tidak segera ditanggulangi bukan tidak mungkin jalan tersebut putus total.

Diketahui, amblesnya jalan itu terjadi sejak akhir 2018 lalu akibat hujan deras. Diduga karena kondisi tanah yang tidak stabil akibat guyuran air hujan dan di sisi jurang, membuat tanah di bawah badan jalan bergerak hingga membuat badan jalan ambles ke dalam jurang.

Sejak diketahui mulai ambles, badan jalan tersebut belum tersentuh perbaikan sama sekali oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, sebagai pihak yang bertanggungjawab terhadap perbaikan dan perawatan badan jalan yang berstatus jalan kabupaten tersebut.

Pantauan wartawan REL di lokasi, Kamis (13/6/2019), kondisi badan yang berada di sekitar KM 12 Tebing Tinggi itu, badan jalan yang beraspal sudah putus. Kendaraan yang melintas hanya dapat melewati bagian bahu jalan selebar kurang lebih 2,5 meter saja dan itupun harus ekstra hati-hati jika tidak ingin jatuh ke dalam jurang.

Diperkirakan, truk besar sejenis Truk Fuso sudah tidak mungkin lagi melintas di sana. Sementara truk jenis PS 125 kemungkinan masih bisa, hanya saja sopirnya harus menahan nafas jika ingin melintas, karena dapat meningkatkan adrenalin.

Salah seorang pengendara yang kebetulan melintas di lokasi, Yudi mengatakan, jika sebelum Ramadan lalu saat dia kebetulan melintas di sana, badan jalan yang beraspal masih ada yang tersisa belum ambles. Namun saat ini dia mengaku terkejut, lantaran kondisi jalan sudah benar-benar putus dan hanya menyisahkan bahu jalan saja.

“Kalau ada hujan deras dan ini belum juga diperbaiki, saya rasa jalan ini benar-benar putus total, karena bahu jalan yang tersisa dapat juga ambles sewaktu-waktu,” terang Candra Adi.

Menurut dia, jalan ini merupakan akses penting penghubung Kecamatan Pendopo dengan Ibukota Empat Lawang, Tebing Tinggi. Karena itu penting bagi Pemkab Empat Lawang segera mengambil tindakan agar jalan ini tidak benar-benar putus total.

“Kalau ingin ke Pendopo, benar memang ada jalan lain yaitu Jalan Provinsi Tebing Tinggi – Talang Padang – Pendopo. Tapi jarak waktu tempuhnya jauh lebih cepat lewat jalan poros,” jelasnya.

Sementara Wahyuni, salah seorang warga juga sependapat agar Jalan Poros Tebing Tinggi – Pendopo segera mendapat perhatian Pemkab Empat Lawang. Selain jalan yang nyaris putus total akibat ambles, dia juga berharap Pemkab Empat Lawang juga memperhatikan spot-spot kerusakan badan jalan yang lain.

“Lobang-lobang jalan kesanya jadi ranjau bagi kendaraan. Banyak yang terjebak dengan lobang karena lobang-lobangnya cukup dalam. Belum lagi ada titik jalan yang patah dapat membuat motor atau mobil terbang jika tidak melamban, disamping itu tebas bayang juga membuat badan jalan menyempit,” paparnya. (12)

BACA JUGA