oleh

Panwascam Diharapkan Pantau APK Peserta Pemilu

REL, Empat Lawang – Bertempat di Aula Hotel Zuliant Transit para Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se Kabupaten Empat Lawang mengikuti kegiatan Bawaslu Empat Lawang dalam rangka Sosialisasi Pengawasan Tahapan Pemilu pada Pelilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019.

Perhelatan sosialisasi ini di hadiri tak kurang dari puluhan panwascam yang ada di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati, guna mempersiapkan mereka dalam pesta demokrasi mendatang.

Materi yang akan disampaikan kepada para Panwascam juga merupakan segala tentang tugas dan tanggung jawab mereka pada pesta demokrasi. Dan tentunya harus sesuai Tupoksinya di dalam Juklak serta Juknis yang akan disampaikan pada kegiatan tersebut.

Ketua Bawaslu Kabupaten Empat Lawang Rudi Yanto ketika dibincangi di sela sela kegiatan sosialisasi mengungkapkan bahwa sosialisasi ini sangat penting bagi seluruh anggota Panwaslu yang ada di Kabupaten Empat Lawang.

“Kegiatannya sesuai dengan tema kita hari ini ya, yairu Cegah, Awasi dan Tindak, supaya mereka mengerti Tupoksi dari tugas yang kita emban sebagai Bawaslu di Kabupaten Empat Lawang,” ungkapnya. Senin (12/11).

Dikatakan Rudi, mengenai langkah awal yakni dengan caa mencegah, mengawasi serta menindak dapat di artikan mencegah dengan cara disosialisasikan dan juga menghimbau ke Parpol yang menjadi peserta pemilu 2019 di Kabupaten Empat Lawang sebelum terjadinya pelanggaran.

“Ya langkah awal dengan mencegah,dilakukan dengan bersosialisasi dan menghimbau. Kemudian barulah kita lanjutkan ke penindakan jika tersapat Parpol yang melanggar atau tidak mengindahkan peraturan. Seperti melayangkan surat teguran ke Parpol yang bersangkutan,” kata Rudi Yanto.

Sementara itu di tempat yang sama, Komisioner KPU Empat Lawang Divisi Tekni, Bily Farsa menyampaikan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi langkah pencegahan terjadinya pelanggaran yang dilakukan Bawaslu Empat Lawang.

Yakni dengan mengadakannya kegiatan sosialisasi guna pelaksanaan dalam pengawasan pada tahapan Pemilu di Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden Tahun 2019 kedepan.

“Sosialisasi ini sangat baik bagi pengawas Pemilu untuk memantau pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) atau Alat Sosialisasi di setiap Kecamatan se Kabupaten Empat Lawang ini,” pungkasnya. (14).

BACA JUGA