Connect with us

Empat Lawang

Paiker Kecamatan Paling Rawan Peredaran Narkoba

Published

on

BNNK : Suasana rapat yang diselenggarakan oleh BNNK Empat lawang.

REL, Empat Lawang – Dari Sepuluh kecamatan yang ada di seluruh Kabupaten Empat lawang ,Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker) yang menjadi kecamatan yang masuk zona merah peredaran Narkoba dan Psikotropika (Narkoba).

Hal tersebut disampaikan kasi P2M Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Empat lawang Azhari saat acara pembukaan rapat koordinasi  program pemberdayaan masyarakat anti Narkoba diaula hotel zulian Tebing Tinggi,kamis (19/9/19).

“Kanapa kita mengundang dan menjadikan Camat Paiker sebagai narasumber ialah karena berdasarkan pemetaan kami wilayah tersebut masuk zona merah karena banyak kasus Narkoba baik peredaran maupun pemakai ataupun ladang ganja,”tuturnya

Dikatakannya, rapat tersebut juga bertujuan untuk melakukan pemetaan kelompok sasaran dengan mengundang berbagai instansi terkait dan TNI – POLRI.

“Permasahan narkoba itu bukan hanya diemban oleh BNN saja, namun sudah banyak pihak terkait didalamnya, jadi kita sengaja meragkul mereka mengenai pemetaan antara instansi mengenai daerah yang dinilai paling rawan peredaran Narkotika,”Jelasnya.

Sementara, Kepala BNNK Empat Lawang AKBP Syahril mengatakan permasalahan Narkoba merupakan operasi kemanusiaan yaitu bisa menyelamatkan generasi manusia.

“Narkoba ini ialah siasat orang luar yang tidak ingin melihat genarasi penerus indonesia maju dan berkembang oleh karena itulah mereka menyusupi barang haram tersebut, tang sangat berbahaya diantaranya ialah impoten , gila atau gangguan jiwa dan yang paling parah ialah kematian,”Katanya

Masih dikatakan syahril, Kabupaten Empat lawang saat ini mendapat predikat sebagai kabupaten yang paling tidak tanggap dengan kasus Narkoba.

“Berdasarkan hasil survey universitas sriwijaya Empat lawang ini  masuk kabupaten tidak tanggap,”jelasnya

Camat Paiker Indra Supawi juga mengakui memang diwilayahnya memang masih banyak kasus – kasus penyalahgunaan Narkoba

“Pada awal saya dilantik pada tahun 2017 saya sangat terkejut melihat prilaku masyarakat kalau pesta malam itu sampai subuh dengan biduan yang berjoged dengan pakaian setengah telanjang dan penjualan minuman keras (Miras) dan juga peredaran narkoba,”Ungkapnya.

Menanggapi penomena tersebut lanjutnya pihaknya berkoordinasi dengan Polsek dan dan pemerintah desa guna membuat owraturan dan batasan mengenai pesta malam yang merugikan.

“Jadi semenjak adanya Peraturan Bupati (Perbup) tentang larangan pesta malam sudah agak berkurang berbagai permasalahan tersebut,” tukasnya. (Mg20).

Empat Lawang

Edi Sugandi Jabat Kasi Datun

Published

on

Caption : Edi Suganti saat dilantik di Kejari Empat Lawang

REL,Empat Lawang – Kepala Kejaksaaan Negeri (Kejari) Empat Lawang, Sigit Prabowo SH MH, melantik Edi Sugandi sebagai Kepala Seksi ( Kasi) Perdata dan Tata Usaha Negara (PTUN), menggantikan Andi Candra.

Sementara Andi Candra kini menjabat Kacabjari Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi

“Kita berharap Edi Suganda segera menyesuaikan diri di tempat kerja baru ini,” harap Sigit Prabowo.

Ini lantaran, diakuinya, tugas Datun sangatlah penting dalam pendampingan hukum, penegakan hukum serta pelayanan hukum.( Rel)

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Giliran TNI, Polisi serta Guru

Published

on

Caption - Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) memeriksa vaksin gelombang kedua tiba di Dinas Kabupaten Empat Lawang.

/// Sasaran Vaksin Covid Tahap II

REL,Empat Lawang – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Empat Lawang, kembali menerima vaksin covid-19 tahap II di Dinas kesehatan Empat Lawang, kemarin (2/3).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes ) Empat Lawang Sulni melalui Kabid Pencegahan dan pengendalian penyakit ( P2P), Dr. Ivon Meliyani mengatakan sebanyak 250 vial vaksin covid -19 diterima dengan sasaran 1.741 orang.

“Gelombang dua ini, sasaran TNI-Polri dan tenaga pendidikan,”Kata Ivon saat menerima vaksin.

Masih dikatakan Ivon data yang telah masuk kedinas kesehatan sebanyak 1200 orang yang akan divaksin,

“Data yang sudah masuk ke kita ada 1200 orang sedangkan kita mendapatkan kuota sebanyak 1.741,”Ujarnya.(Pad/rel)

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Luring terapkan Sistem 5S

Published

on

Foto : Anita / REL Caption : Siswa dites thermogun saat masuki ruangan

REL,Empat Lawang – Di era pandemi, dunia pendidikan masih menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). Hal ini dilakukan untuk memutus penyebaran Covid-19.

Semua sekolah di Kabupaten Empat Lawang masih menerapkan sistem PJJ baik secara daring ataupun luring sekarang ini. Salah satu sekolah yang menerapkan sistem PJJ yakni SMP N 1 Muara Pinang.

Kepala SMP N 1 Muara Pinang, Hadi, mengatakan sekolahnya menerapkan sistem pembelajaran daring bagi siswa yang mempunyai handphone, dan pembelajaran luring bagi siswa yang tak mempunyai hanpdhone.

“Anak belajar di rumah, guru mengajar dari sekolah via handpone,” kata Hadi.

Pada saat siswa ke sekolah, sekolah menerapkan sistem 5S yakni Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun untuk menyambut kedatangan siswa. Tentunya penerapan 5S tersebut dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Penerama program 5S sendiri menurut dikatakan Hadi, sejak tahun 2016 sudah mulai diterapkan di sekolah.(Ian/rel)

Baca Selengkapnya

Trending