oleh

Noto-Kison Resmi Nomer Urut 3

  • KPUD Tetapkan Paslon Perseorangan Ikut Dalam Pilkada

REL, Empat Lawang – Dipusatkan di Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Empat Lawang pelaksanaan Rapat Pleno Terbuka penetapan pasangan calon dan nomor urut Calon Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang dari jalur independen ini dilaksanakan sekitar pukul 11.00 wib, Rabu (4/3).

Pantauan wartawan REL saat dilokasi Ratusan masa pendukung Paslon H Yulizar Dinoto – H Kison Syahrin (Noto-Kison) ini turut mengiringi jalannya rapat pleno tersebut, namun sebanyak 20 orang saja masa pendukung yang hanya diperbolehkan masuk kedalam ruangan kantor KPU Empat Lawang mengikuti jalannya Rapat Pleno.

Tampak Aparat keamanan mulai dari gabungan Anggota Polres Empat Lawang dan Anggota polsek Tebing Tinggi 50 orang personil, serta pihak Anggota Koramil sebanyak 6 personil ikut menjaga saat prosesi Rapat Pleno Terbuka tersebut berlangsung.

Paslon dari jalur independen tersebut usai hasil rapat pleno tersebut dinyatakan secara resmi oleh KPUD Empat Lawang dapat mengikuti Kompetisi pilkada 2018-2023 pada 27 bulan juni mendatang.

Ketua KPU Empatlawang Mobius Alhazan mengatakan, rapat pleno terbuka terkait putusan PTTUN Medan atas Penetapan Calon dari jalur independen tersebut.

“Hari ini (Rabu) juga dipastikan kami menetapkan Paslon H Yulizar Dinoto – H Kison Syahrin dengan diberikan nomor urut tiga, mengingat untuk nomor urut satu dan dua sudah ada para paslon yang memiliki secara diundi kemarin, jadi ini istimewa kami memberikan nomor urut, karena paslon ini tidak diundi lagi pengambilan nomornya,”kata Mobius.

Mobius juga menyampaikan atas segala ketertinggalan baik waktu pelaksanaan kampanye maupun mengenai alat peraga harus segera dikordinasikan kepada pihak KPU dan juga pihak Panwaslu, termasuk untuk jadwal kampanye.
“Kami tetapkan bahwa pada saatnya nanti hak paslon langsung melekat kepada pasangan Yulizar dinoto dan Kison, seperti fasilitas alat peraga kampanye, paslon juga wajib mendapatkan Walpri,” ungkapnya.

Saat dibincangi Wartawan REL terkait tidak adanya penggunaan hak KPU untuk melakukan banding ataupun pengkajian ulang dalam uji layak materi putusan PTTUN, Mobius menyampaikan bahwa keputusan untuk segera melakukan rapat pleno dan tidak adanya banding dari dari KPUD karena sebelumnya sudah melakukan koordinasi dengan pihak Bawaslu Provinsi, Komisioner dan juga Komisioner Pusat.

“Banyak hal yang kita pertimbangkan, untuk itulah kami dari KPUD Empat Lawang tidak melakukan Banding atas keputusan PTTUN tersebut, dan hari ini merupakan hari terakhir penetapan dikarenakan penetapan tersebut harus kita lakukan satu minggu setelah keputusan PTTUN dikeluarkan,” pungkasnya.

Sementara itu, H Yulizar Dinoto didampingi pasangannya H Kison Syahrin mengatakan, pihaknya sangat berterimakasih atas prosesi Rapat Pleno Terbuka ini digelar, dan pihak KPUD Empat Lawang tidak melakukan banding.

“Sebelumnya saya ucapkan terimakasih, dan alhamdulillah nomor urut kita sudah dapat dengan nomor urut tiga, semoga kami terus diridoi melaju kedepan sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Empata Lawang,” Tandasnya.

Berita sebelumnya, Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) Medan mengabulkan tuntutan pasangan calon (Paslon) Yulizar Dinoto-Kison Syahrin.

Hal itu ditegaskan Ketua harian H Yulizar Dinoto- H Kison Syahrin Paradis Tanaka saat dikonfrimasi wartawan, Selasa (27/3).

“Hari ini (Kemarin,red) telah ditetapkan bahwa gugatan paslon Yulizar Dinoto-Kison Syahrin dikabulkan oleh PTTUN Medan,” kata Paradis.

Pihaknya, kata Paradis, mengugat Surat Keputusan (SK) KPU terkait penetapan paslon pada 12 Februari lalu.
“Jadi kami meminta KPU untuk mencabut SK penetapan paslon lalu. Berdasarkan putusan PTTUN Medan, maksimal lima hari KPU wajib mencabut SK penetapan paslon kemarin dan menerbitkan SK baru,” ungkapnya. (Mg14)

BACA JUGA