oleh

NIlai-nilai Budaya Luhur Bangsa Mulai Terkikis

REL, Empat Lawang – Sebanyak 20 orang perwakilan dari lima kecamatan yakni Kecamatan Tebing Tinggi, Kecamatan Muara Pinang, Kecamatan Lintang Kanan, Kecamatan Pendopo dan Kecamatan Pendopo Barat, menghadiri kegiatan sosialisasi kesadaran masyarakat akan nilai luhur budaya bangsa dalam upaya mengangkat dan melestarikan kebudayaan di Kabupaten Empat Lawang, di Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Empat Lawang, Senin (29/8).

Kegiatan yang menghadirkan narasumber dari Dinas Pariwisata Kabupaten Empat Lawang, Sekretariat DPRD Empat Lawang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Empat Lawang serta narasumber dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Empat Lawang itu sendiri.

“Kami hanya mengundang perwakilan lima kecamatan, masing-masing kecamatan 4 orang. Ini karena keterbatasan anggaran dan mudah-mudahan untuk peserta dari lima kecamatan lain yang belum, akan kita laksanakan dilain waktu,” ungkap Kabag Ormas dan LSM Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Empat Lawang, Zulian SP saat menyampaikan laporan kegiatan.

Menurut Zulian, tujuan diselenggarakan kegiatan ini, mengajak tokoh adat, tokoh masyarakat dan elemen masyarakat untuk dapat memahami nilai-nilai luhur bangsa di Kabupaten Empat Lawng. “Selanjutnya, mengajak peranserta aktif pelaku budaya untuk melestarikan nilai-nilai luhur kebudayaan di Kabupaten Empat Lawang,” sampainya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Empat Lawang, M Daud melalui Sekeretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Empat Lawang, Suryadi Husen mengatakan, Kabupaten Empat Lawang baru saja menggelar pelaksanaan pemilukada dan telah menetapkan kepala daerah terpilih yang baru hasil dari pemilukada tersebut. Oleh karena itu, karena sudah ada pemimpin yang baru terpilih di kabupaten ini, dia mengajak masyarakat kembali bersatu untuk mendukung pemimpin terpilih dalam melanjutkan pembangunan selanjutnya.

“Karena, estitikanya demokrasi untuk memilih pemimpin yang baru. Jika sudah ada yang terpilih, maka kita harus mendukungnya dan menghilangkan semua perbedaan-perbedaan yang telah lalu,” ujar Suryadi.

Dalam konteks sosialisasi yang dilaksanakan ini, dia menyebut nilai-nilai luhur budaya bangsa di tengah masyarakat diera sekarang mulai terkikis dan luntur. Merupakan kewajiban seluruh elemen masyarakat untuk kembali menghidupkan nilai-nilai luhur tersebut agar tetap bertahan di tengah kemajuan jaman menyebabkan masuknya budaya asing yang tidak terbendung disaat ini.

“Kewajiban kita semua untuk mempertahankan nilai-nilai luhur bangsa dengan kembali mensosialisasikan budaya bangsa kita di tengah-tengah masyarakat,” tandasnya. (12)

BACA JUGA