oleh

Nihil Pemberdayaan, Nihil BumDes

REL, Empat Lawang – Pemerintah Pusat mengucurkan dana desa (DD) dan kelurahan, haruslah mengutamakan peningkatan pemberdayaan perekonomian rakyat. Anehnya desa dan kelurahan di Kecamata Tebing Tinggi, masih nihil program  pemberdayaan yang ada.

Buktinya belum ada badan usaha milik desa (BumDes) desa dan kelurahan di Kecamatan Tebing Tinggi. Hal ini dikatakan Camat Tebing Tinggi, Sormi Azhar pada Sosialisasi Pembinaan dan Pengawasan Pelaksanaan Dana Desa dan Kelurahaan dalam rangka Proses Percepatan Pembangunan guna menuju Kabupaten Empat Lawang Madani di Kantor Kecamatan Empat Lawang, kemarin (17/9).

Banyak dana desa dan kelurahaan, hanya dimanfaatkan dan digunakan sekedar bangun jalan setapak saja. Telah seharusnya dana tersebut, berkembang dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di desa dan kelurahaan yang ada.

Seperti BumDes simpan pinjam alat pertanian, pupuk serta bibit. Lalu BumDes lelang karet, kopi, kelapa sawit. Badan usaha itu, diyakini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan meningkatkan harga hasil perkebunan dan pertanian di Kabupaten Empat Lawang

‘ Haruslah kedepan mengutamakan aspirasi warga, melalui musyawarah desa dan musyawarah antar desa yang dikoordinir oleh badan koordinasi antar desa dalam pengunaan dana desa dan kelurahan yang ada,” kata Sormi Azhar, Camat Tebing Tinggi.

Mekanisme itu, lanjutnya, diperlukan agar adanya sikronisasi dengan visi dan misi Bupati Empat Lawang, Joncik Muhammad, mewujudkan Kabupaten Empat Lawang Madani. “ Masyarakat jangan lagi menjadi objek, melainkan subyek dalam pengunaan dana desa dan kelurahan yang ada,” ucapnya.

Wakapolres Empat Lawang, Kompol Rafael BJ, mengatakan, pengunaan dana desa dan kelurahan  haruslah sesuai aturan yang berlaku dan sesuai peruntuhannya. “ Telah sepatutnya dana tersebut, meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan tepat guna,” kata Kompol Rafael, yang juga menjabat Ketua Saber Pungli Kabupaten Empat Lawang. (yud)     

BACA JUGA