oleh

Modus Sholat, Ajis Gasak Handphone Lalu Kabur

REL, Empat Lawang – Kejahatan terjadi bukan karena ada niat saja, melainkan adanya kesempatan untuk beraksi. Bahkan di tempat ibadah sekalipun pelaku kejahatan tindak pidana pencurian tak segan segan menggasak barang yang ingin di curinya.

Seperti peristiwa yang di alami Caniago (24) warga Lorong Pompa Pasar Ilir Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang. Sempat menjadi korban pencurian, saat dirinya tengah usai melangsungkan sholat Dzuhur di dalam Masjid Jamik di Jalan Abubakardin Kecamatan Tebing Tinggi pada hari Kamis sekira pukul 12.30 Wib.

Dirinya mengaku sedang terlelap tidur di dalam masjid usai sholat Dzuhur, tiba tiba saja si pelaku yang diketahui bernama Ajis warga Rupit Kabupaten Muratara dengan gesit menggasak Handphone milik Caniago yang tergeletak disamping ia tidur.

“Saya tadi sempat tertidur, baru sebentar terlelap. Sama sekali tidak mengetahui kalau ada bandit (maling, red) itu menghampiri lalu membawa lari HP saya pak,” kata Caniago ketika berada di ruangan Sentral Pelayanan Keamanan Polres Empat Lawang. Kamis (22/11).

Diceritakannya lebih jauh, bahwa ada seseorang yang membangunkan dirinya saat terridur dan memberitahukan ada yang mencuri hp nya, pelakunya baru saja keluar dari masjid karena hanya berpura pura mau sholat.

“Sekitar berselang lima menit pelaku masuk ke dalam masjid hp milik saya hilang, bersyukur ada pria bernama bambangĀ  membangunkan saya dan segera memberi tahu pelaku pencurian yang belum jauh kabur,” ungkapnya.

Dijelaskan Caniago, mengetahui hal itu ia pun mengajak Bambang (saksi, red) untuk mengejar si pelaku yang hendak kabur ke arah kota Lubuk Linggau dengan cara langsung berlari.

“Kami kejar berdua, yang akhirnya pelaku kita pergoki saat ia masih berada didekat perlintasan kereta api tepatnya di jalan lintas menuju Lubuk Linggau di Kelurahan Jayaloka Kecamatan Tebing Tinggi,” jelas Caniago.

Sementara itu, ditambahkan Saksi dalam kejadian tersebut. Usai dipergoki di jalan lintas, ia bersama korban langsung menggelandangnya ke Mapolres Empat Lawang berikut dengan HP hasil curiannya milik Caniago.

“Langsung kita bawa ke Mapolres Empat Lawang untuk diserahkan dengan pihak yang berwajib agar segera di proses dan dberikan hukuman,” imbuhnya.

Ia membeberkan aksi pelaku kejahatan tindak pidana pencurian itu, bermula ketika si korban tengah tertidur. Dan sepertinya pelaku sempat mengintai Hp korban dari luar Masjid sebelum masuk ke dalam dan berpura pura ingin sholat didekat korbannya yang lagi lelap tidur.

“Saya curiga melihat gerak geriknya, kepalanya bolak balik menoleh seakan sedang mengamati kondisi disekitar korban tertidur. Tidak lama setelah pelaku duduk dekat korban, pelaku itu langsung keluar masjid tanpa sholat dahulu. Ini mau apa dia sebenarnya,” cetus Bambang membeberkan kronologis kejadian.

Terpisah, Kapolres Empat Lawang AKBP Agus Setyawan melalui Kasat Reskrim AKP Muhamad Ismail membenarkan kejadian pencurian tersebut ketika di konfirmasi REL pada Kamis (22/11) di Mapolres Empat Lawang.

“Iya benar, telah terjadi aksi pencurian di dalam masjid jamik dengan barang bukti berupa Handphone milik jemaah masjid yang bernama Caniago ketika usai shoat Dzuhur tadi,” ungkapnya.

Sekarang ini, sambung M. Ismail, tersangka yang mengaku bernama Ajis beralamatkan Desa Rupit sudah di amankan di Mapolres Empat Lawang untuk disidik dan di proses sesuai hukum yang berlaku.

“Kita masih meminta keterangan dari pihak korban maupun saksi yang berada di lokasi kejadian. Untuk si pelaku akan kita kenakan Pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian,” pungkasnya. (14).

BACA JUGA