oleh

Minta Disiplin Prokes Jangan Sampai Longgar

REL, Tebing Tinggi – Meski secara zonasi Kabupaten Empat Lawang termasuk dalam kategori resiko rendah dalam peta sebaran Covid-19 di Sumatera Selatan (Sumsel), Bupati Empat Lawang  H Joncik Muhammad tak jemu-jemunya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada. Diantaranya dapat dilakukan dengan selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan setiap saat dan dimanapun berada.

Menurutnya, yang saat ini perlu ditingkatkan kewaspadaannya saat ini adalah adanya potensi sikap lengah dan melonggarnya kedisiplinan masyarakat. Terutama selepas libur Lebaran 1442 H yang dibarengi dengan peningkatan frekuensi interaksi sosial.  

“Pasca libur Idul Fitri ini saya pantau ada kenaikan kasus Covid-19, meski tidak signifikan. Karena itu, saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Empat Lawang. Makin waspada dan terus tingkatkan komitmen bersama untuk mencegah penyebaran virus Corona,”pintanya.

Menurut Kepala Daerah yang pernah menjadi aktivis ini, juga meminta agar masyarakat terutama seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Empat Lawang mampu menjadi pelopor kesehatan. Sehingga diharapkan dapat menekan angka kasus aktif Covid-19.    

“Ayo selalu terapkan 5M setiap saat. Mencuci Tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. Penambahan kasus pasca libur Lebaran ini perlu menjadi kewaspadaan kita semua, meskipun penambahan kasus tidak terlalu signifikan. Sekarang ini Kabupaten Empat Lawang masuk zona kuning,”jelasnya lagi.

Sebelumnya, Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Empat Lawang, dr Arga Sena mengemukakan, memasuki bulan Juni 2021 ada 4 kasus tambahan kasus positif Covid 19 di Kabupaten Empat Lawang. 4 kasus tambahan baru tersebut diantaranya  terkonfirmasi di salah satu pertokoan yang ada di kawasan Pasar Tebing Tinggi.

“Ya beberapa waktu yang lalu sempat dilakukan tracing serta swab antigen massal untuk seluruh karyawan salah satu toko yang ada di Pasar Tebing Tinggi setelah ada salah satu karyawan yang terkonfirmasi positf”, Kata Arga Sena Setiawan.

Jika ditotal secara keseluruhan sejak awal masa pandemi hingga bulan Juni 2021 total konfirmasi kasus positif Covid 19 di kabupaten Empat Lawang ada 116 orang. “116 kasus konfirmasi positif dengan rincian  101 sembuh, 10 meninggal, 4 dirawat dan 1 isolasi mandiri, ” Tambah Arga. Adapun sebelumnya juga sempat dilakukan penyemprotan disinfektan pada rumah warga Desa Mekar Jaya Kecamatan Tebing Tinggi yang terkonfirmasi positif Covid-19 serta beberapa rumah sekitarnya oleh Sat Binmas Polres Empat Lawang.

Komentar

BACA JUGA