oleh

Mau Tidak Mau ASN Harus Netral

REL, Empat Lawang – Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Empat Lawang Januarsah Hanbali, menegaskan dalam menghadapi Pemilu Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus netral.

Hal ini dikatakannya dihadapan kepala OPD yang ada dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, usai Shalat Zuhur di Musholla Pemkab Empat Lawang, Selasa (22/5).

“Mau tidak mau, suka tidak suka ASN harus netral didalam Pemilu, ini sesuai dengan Undang-undang yang berlaku,” kata Januarsah.

Kenetralan ASN ini lanjut Januarsah, salah satunya tidak boleh terlibat ataupun berpartisipasi didalam Pemilu, baik Pilkada maupun Pemilihan Umum (Pemilu).

“Dalam hal ini Kemendagri, Kemenpan, BKN, dan ASN, menekan agar para PNS harus netral. Bukan hanya PNS saja yang terkena sangsi, kepala Daerahpun juga akan kena sangsi,” ujarnya.

Dia juga menambahkan bahwa, para PNS ini sudah beraumpah harus taat kepada setiap aturan yang berlaku, salah satunya harus netral didalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Ini sesuai dengan undang-undang No 5 tahun 2014 tentang ASN, disana ada pungsi dan tugas ASN. Sekali lagi kita ASN harus netral, tidak boleh memihak kesalah satu paslon,” pungkasnya (Mg01).

BACA JUGA