oleh

Masyarakat Dihimbau Tetap Waspada,Mengingat Intensitas Curah Hujan Semakin Tinggi

 

REL,Empat Lawang – Memasuki musim penghujan,masyarakat dihimbau agar tetap selalu waspada mengingat intensitas curah hujan yang tinggi disertai petir dan geledek.

yang bisa menaikan volume sungai musi menjadi lebih tinggi dan mengakibatkan tanah menjadi erosi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Empat Lawang Kuswinarto menghimbau masyarakat agar tetap waspada dan selalu berhati hati akan adanya potensi banjir dan tanah longsor.

“Masyarakat yang tingggal di bantaran sungai dan di bawah lereng bukit agar tetap waspada ,simpan atau letakan barang berharga di tempat yang aman ,mengingat intensitas hujan yang tinggi bisa berpotensi banjir dan longsor,”Imbuhnya.

Iapun menegaskan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan serta menebang pohon yang dapat mengakibatkan tanah menjadi erosi dan aliran sungai menjadi tersumbat.

“Buang lah sampah pada tempatnya jangan buang sampah di Drainase (Siring,Red) karena itu bisa menyumbat aliran air yang bisa tergenang dan mengakibatkan banjir,”Jelasnya.

Dan Lanjut Kuswinarto,dalam kondisi adanya bencana non alam seperti wabah Covid19.

Masyarakat selalu tetap mengikuti aturan pemerintah sepeti yang tertuang pada maklumat bupati Empat Lawang dan protokol kesehatan.

“Selain waspada akan bencana alam masyarakat diminta untuk memakai masker mengingat wabah virus corona ini belum mempunyai obat atau vaksinnya,”Tukasnya.(Mg20).

BACA JUGA