oleh

Masih Langka, Usaha Kripik Jamur Tiram Cukup Menjanjikan

REL, Empat Lawang – Usaha kripik jamur tiram di wilayah Kabupaten Empat Lawang cukup menjanjikan. Hal ini dikarenakan, jenis usaha satu ini masih dibilang langka di kabupaten ini, sementara produk yang dihasilkan cukup diminati konsumen.

Seperti usaha rumahan keripik jamur tiram milik Dodi Fransisco warga Kelurahan Tanjung Kupang, Kecamatan Tebing Tinggi, secara perlahan namun pasti, usaha rumahan itu cukup berkembang. Hal ini dapat dilihat dari hasil produksi setiap harianya, selalu habis terjual.

“Alhamdulillah, setiap keripik yang dipasarkan semuanya habis,” ungkap Dodi saat ditemui di kediman yang sekaligus dijadikan tempat usaha kripik jamur tiram miliknya, Rabu (19/9).

Dodi menceritakan, keripik jamur tiram miliknya sudah dipasarkan ke luar Kabupaten Empat Lawang. Dia mengaku, sering kali produk usaha miliknya dijadikan bahan pameran serta sauvenir atau oleh-oleh khas dari Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati, oleh sejumlah instansi pemerintah.

“Terkadang kami kewalahan memenuhi pesanan, kadang sampai 500 bungkus. Produk usaha jamur ini Alhamdulillah ternyata banyak peminatnya,” imbuhnya.

Diapun menyebut, salah satu kendala yang dia hadapi, ada pada bahan baku jamur itu sendiri. Meskipun dirinya sudah membuat usaha budi daya jamur sendiri namun belum juga cukup memenuhi permintaan pembeli. Apalagi setelah ada banyak pesanan tentu pihaknya butuh banyak bahan baku, makanya dia berharap ada tetangga atau pihak lain yang mau bekerjasama membudidayakan jamur ini sehingga kebutuhan bahan baku terpenuhi.

“Baik permintaan jamur basah ataupun keripik jamur, saya optimis usaha ini bisa berkembang dan menjanjikan setiap siapa saja yang mengelolahnya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Empat Lawang, Kuswinarto mengaku sudah mengetahui adanya usaha keripik jamur teraebut. Pihaknya kata Kuswinnarto mengajak pengusaha mengikuti pelatihan kemasan yang bakal dilakukan pihaknya November mendatang.

“Mudah-mudahan pelatihan nantinya bisa bermanfaat dalaman pengembangan usaha. Untuk kripik jamur tiram ini, merupakan potensi UMKM khas yang bisa kita kembangkan dan dapat meningkatkan ekonomi rakyat,” sebutnya. (12)

BACA JUGA