oleh

Masih Kurang 108 Surat Suara

REL, Empat Lawang – Pelipatan kertas surat suara pada gelombang pertama untuk Pemilu dalam Pileg dan Pilpres mulai dilakukan di ruang kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Empat Lawang pada Senin (18/3).

Pantauan dilokasi terpantau petugas pelipatan ada sebanyak 98 orang yang di ambil dari masyarakat awam dan bukan dari golongan atau petugas dari partai atau golongan lain demi menjaga marwah KPUD Empat Lawang.

Hal ink juga di sampaikan langsung Ketua KPUD Empat Lawang Ali Amin melalui Plt Sekretaris KPU Empat Lawang Panji Satria saat dibincangi di dalam ruang kerjanya oleh REL terkait pelaksanaan pelipatan kertas surat suara tersebut.

“Untuk gelombang pertama ada 98 orang yang dilibatkan dalam penyortiran dan pelipatan surat suara, untuk gelombang pertama ini akan dilakukan selama Tiga (3) hari, Senin, Selasa dan Rabu,” ungkapnya.

Dirinya menjelaskan lebih jauh bahwa pelaksanaan gelombang kedua pelipatan kertas surat suara tersebut akan terus berlangsung dalam minggu ini.

Atau tepatnya akan dilakukan pada hari Jum’at tertanggal 22 Maret 2019. Dan pelaksanaan gelombang kedua ini akan dilakukan KPUD Empat Lawang sampai dengan selesai seluruh surat suara yang ada.

“Ya, pelipatan kertas surat suara akan berlangsung dua tahap dan akan segera dirampungkan dengan cara pada gelombang pertama pelipatan surat suara untuk Presiden dan DPD. Sedangkan untuk gelombang keduanya surat suara DPR Kabupaten, DPR RI serta DPRD Provinsi,” terang Panji.

Sementara bagi keseluruhan pada jumlah kertas surat suara yang akan dilipat, yang terdiri dari Lima macam kertas surat suara pemilihan. Terdapat satu penambahan guna antisipasi PSU atau pemungutan suara ulang dalam kabupaten yakni sebanyak 1000 lembar kertas surat suara penambahan.

“Keseluruhan jumlah terhitung dan terdata kertas surat suara Presiden, surat suara DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, DPD, DPR RI tersebut tercatat dengan jumlah sebanyak 204.434 lembar kertas surat suara,” urainya.

Ditambahkan Panji, mengacu pada Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP-2) KPU Empat Lawang. sekarang ini masih dalam jumlah kekurangan sebanyak 108 lembar surat suara.

Untuk itulah, pelaksanaan pelipatan kertas surat suara haruslah di selesaikan sesuai target dalam penjadwalan pelipatan kertas surat suara, karena biaya upah Rp100,- setiap satu lembar kertas surat suara bagi petugas pelipatan sudah di anggarkan.

“Upah pukul rata sesuai standar di Provinsi semua bagi petigas pelipatan kertas surat suara ini. Jadi, semakin banyak kertas surat suara yang dilipat maka upah yang akan diteri akan semakin besar pula,” tegasnya. (14).

BACA JUGA