oleh

Longsor, Aktivitas Jalinsum Muara Enim – Lahat Terganggu

REL, Lahat – Bencana longsor terjadi di jalan lintas Sumatera Muara – Enim – Lahat, Rabu sekitar pukul 04.15 WIB. Persisnya di Desa Banjar Sari, Kecamatan Merapi Timur, Lahat.

Tak ada korban jiwa, namun aktivitas warga terganggu lantaran jalan macet lantaran tak bisa dilalui.

Informasi yang dihimpun, sebelumnya terjadi hujan lebat sejak Rabu dini hari. Sekitar pukul 04.15 WIB, tanah yang berada dipinggir jalan longsor hingga menutupi badan jalan sekitar 100 meter. Dengan ketinggian sekitar 1-2 meter. Akibatnya lalu lintas warga terganggu dan sulit dilalui. Terutama dari arah Muara Enim menuju Lahat yang cukup panjang hingga lebih dari 1 km.

Dandim 0405 Lahat, Letkol Kav Sungudi SH Msi melalui Danramil Merapi, Kapten Inf Subianto membenarkan, telah terjadi tanah longsor, sehingga menutupi jalinsum. Warga, Babinsa, Polsel Merapu, BPBD Lahat dan alat berat telah dikerahkan untuk membersihkan jalan.

“Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa, dimana, alat berat (Alber) perusahaan membantu menyingkirkan material longsor,” urainya.

Kini, sambung dia, arus lalu lintas (Lalin) berangsur-angsur mulai bergerak, sekitar pukul 07.00 WIB.

“Babinsa dibantu warga dan Polsek Merapi, mengatur arus lalin, sehingga kendaraan tidak menumpuk,” ujar Subianto.

Sementara Kepala BPBD Lahat Marjono menambahkan bahwa jalan sudah berangsur baik. Anggota saat ini tengah membersihkan jalan dan menebangi pohon- pohon yang tumbang.

Begitupun disampaikan Kasat Lantas Polres Lahat AKP Rio Artha Luwih menambahkan bahwa anggota masih berada di lapangan mengantur lalu lintas. “Sudah dibuka saat ini sedang diatur,” tambahnya.(gti/rel)

BACA JUGA