Connect with us

Kabar Sumsel

Lokasi Tes CPNS di Dinning Hall JSC

Published

on

PALEMBANG – Empat daerah di Sumsel menyerahkan pelaksanaan tes CPNS 2018 ke Kantor Regional (Kanreg) VII Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Palembang. Kota Palembang, Muara Enim, PALI, dan Pagaralam menyatakan belum sanggup menggelar tes CPNS sendiri memanfaatkan fasilitas UNBK (ujian nasional berbasis komputer) yang ada di daerah masing-masing.

“Sebelum empat daerah itu, Pemprov Sumsel telah lebih dulu mengajukan untuk pelaksanaan tes CPNS di BKN,” jelas Kepala Kanreg VII BKN Palembang, Agus Sutiadi di ruang kerjanya, kemarin (16/10).

Masing-masing menyertakan alasan dan kendala yang dihadapi. “Sedangkan kabupaten/kota lain masih menunggu keputusan MenpanRB. Apakah tes CPNS mereka digabung ke BKN atau dikembalikan ke daerah masing-masing,” tuturnya.

Untuk diketahui, ada 121 daerah di Indonesia yang menyerahkan penyelenggaraan tes CPNS ke BKN dengan metode Computer Assisted Test (CAT) lantaran ketidaksiapan fasilitas, termasuk ketidakcukupan anggaran.

“Ini barangkali juga menjadi semacam pembelajaran agar ke depan harusnya di awal-awal pemerintah pusat perlu memberikan semacam alternatif bagi daerah sesuai kemampuan keuangannya,” ucap Agus.

Diungkapnya, awalnya untuk anggaran pelaksanaan tes CPNS memang diusulkan cost sharing. Namun faktanya, tidak semua daerah siap anggaran. “Terpaksa akhirnya daerah mengembalikan pelaksanaan tes ke BKN,” cetusnya.

Pihaknya telah melakukan survei lokasi yang cocok untuk menggelar tes CPNS. Alternatifnya ada dua, Hotel Wyndham Jakabaring dan dinning hall di kompleks Jakabaring Sport City (JSC). “Awalnya pilihan utama ke Hotel Wyndham. Tapi karena di tanggal pelaksanaan tes sudah full booking, akhirnya kita sepakati Dinning Hall JSC sebagai lokasi tes,” bebernya.

Diakui, dipilihnya Dinning Hall JSC sudah melalui serangkaian pertimbangan. Selain karena dapat menampung peserta dengan kapasitas maksimal 1.400 orang, lokasi parkir yang luas juga nyaman buat peserta dengan ketersediaan 21 unit standing AC.

Nantinya, per sesi tes akan diikuti 1.000 peserta. Hal itu disesuaikan dengan jumlah komputer yang dimiliki BKN. Tiap hari ada lima sesi dengan durasi waktu per sesi 90 menit. “Total pelaksanaan tes sekitar 20 hari, dimulai sesuai jadwal 26 Oktober. Tapi tidak menutup kemungkinan akan molor satu hari,” imbuhnya.

Soal evaluasi pendaftaran CPNS 2018 via online, Agus mengungkapkan di hari pertama BKN menyiapkan sistem untuk 1 juta kanal per menit yang ternyata hanya dalam hitungan menit sudah terpenuhi hingga akhirnya di hari keempat ditingkatkan hingga menjadi 4 juta kanal per menit dan akhirnya bisa terpenuhi.

Hingga hari terakhir, 15 Oktober pukul 23.59 WIB total pelamar CPNS terdata 72.922 orang. Sedangkan pelamar yang berkasnya tidak memenuhi syarat mencapai 12.618 orang. Kota Palembang terbanyak pelamarnya dengan 13.370 orang. Diikuti Banyuasin 9.711 pelamar, PALI 8.358 pelamar, Muratara 7.330 pelamar dan Pemprov Sumsel 6.169 pelamar.

Sedangkan pelamar paling sedikit yakni Lubuklinggau dengan 571 pelamar. Untuk Muba, Ogan Ilir, OKUS, dan Empat Lawang datanya belum masuk. “Beberapa daerah itu belum fix datanya karena masih ada yang belum diverifikasi. Kami tunggu hingga enam hari ke depan,” tukas Agus.

Secara nasional, BKN mencatat tahun ini ada 3.627.797 pelamar yang menyelesaikan pendaftaran dari total 4.436.694 yang memiliki akun registrasi. Mereka akan akan memperebutkan 238.015 formasi yang tersedia.

Jumlah ini jauh meningkat dari pelamar CPNS 2014 yang hanya 2,6 juta orang dan 2017 dengan 2,4 juta pelamar. Namun, total pelamar ini meleset dari harapan karena perkiraannya ada 6-8 pelamar yang mendaftar tahun ini,” kata Karo Humas BKN, Mohammad Ridwan.

Bagi pelamar yang lulus seleksi administrasi yang akan diumumkan sekitar 21 Oktober. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan dimulai 26 Oktober hingga 17 November. Tahapan selanjutnya adalah Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang akan dilaksanakan 22-28 November. Sementara pengumuman akhir direncanakan pada minggu pertama Desember.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Syafrudin mengatakan, panitia seleksi nasional (Panselnas) akan mengupayakan agar lokasi pelaksanaan SKD dan SKB dekat dengan domisili pelamar. Total ada 873 titik lokasi tes CPNS. Dengan rincian, 237 titik difasilitasi BKN dan sisanya 636 titik gunakan fasilitas UNBK milik Kemendikbud.

Mantan Wakapolri ini juga mengajak agar semua pihak untuk bersama mengawal dan menjaga agar proses seleksi CPNS Tahun 2018 ini dapat berlangsung aman, kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari praktik KKN, dan tidak dipungut biaya.

“Saya tegaskan agar masyarakat khususnya calon pelamar tidak mempercayai

apabila ada pihak-pihak tertentu yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam penerimaan CPNS dimaksud dengan keharusan menyediakan sejumlah uang atau imbalan lainnya,” ujar Syafruddin.

Untuk pelaksanaan seleksi CPNS di Pemprov Sulawesi Tengah, Kabupaten Donggala, Kota Palu, Kabupaten Sigi, dan Kabupaten Parigi Moutong kemungkinan akan ditunda tahun 2019.

Hasil rekapitulasi pelamar CPNS, Pemerintah Kota Palembang berada di urutan 3 terbanyak instansi yang paling diminati pelamar. Yaitu sebanyak 13.370 pelamar. Selain itu di Sumsel juga ada instansi paling sedikit peminatnya yakni Pemerintah Kota Lubuklinggau sebanyak 571 pelamar dan berada pada urutan 3 terendah. (kms/ran/ce1)

Empat Lawang

Saat Hendak Memikat Burung,Dua Remaja Tewas Mengenaskan

Published

on

Caption : Korban ditemukan tergeletak di rel kereta api desa Sawah Kecamatan Saling

REL,Empat Lawang – Warga Desa Sawah Kecamatan Saling Kabupaten Empat Lawang digegerkan penemuan dua sosok mayat laki laki remaja tewas tergeletak di jalan rel kereta api dengan kondisi yang mengenaskan.

Dari informasi yang didapat identitas korban yakni Nopri (16) Bin Hatta Warga Desa Suka Kaya Kecamatan Saling dan Pebriansyah (14) warga Desa Tanjung Gelang Kecamatan Kota Padang Kabupaten Rejang Lebong .

Adapun kronologis kejadian yang dijelaskan oleh Dodi (20) kakak korban (Nopri) berawal pada hari Senin tanggal 23 November sekitar pukul 10 : 00 wib adiknya berpamitan keluar rumah untuk memikat burung bersama temannya.

Hingga sampai larut malam,adik korban juga tidak kunjung pulang kerumah,lalu kakak korban berusaha mencari keberadaan korban dan alhasil korban juga tidak ditemukan.

Namun ke esokan harinya sekitar pukul 07 : 00 wib kakak korban mendapatkan kabar bahwa adiknya ditemukan tewas ditabrak kerta api (Kereta tanki) dengan kondisi yang sangat mengenaskan.

Dan kedua korban dibawa ke RSUD Empat Lawang untuk dilakukan VER.

Kepala Desa (Kades ) Suka kaya Hernaen dikompirmasi wartawan membenarkan kejadian tersebut

“Ya benar itu warga saya,pagi tadi saya mendapatkan informasi bahwa warga saya meninggal di tabrak kereta api,”Tukasnya.(Mg20)

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Kunker DPR RI,Bupati Usulkan Beberapa Pembangunan

Published

on

Caption : Audiensi Komisi V DPR RI bersama Bupati Empat Lawang dirumah dinas.

REL,Empat Lawang – Bertempat di rumah dinas bupati Empat Lawang,kunjungan kerja (Kunker ) anggota Komisi V DPR RI Hanna Gayatri,SH dari Fraksi Partai Amanat Nasional beserta rombongan disambut langsung oleh bupati Empat Lawang,sabtu siang Kemarin (24/10)

Dalam audiensi terbuka itu tidak luput juga turut dihadiri ,Staf Khusus Bupati,Kadis Perumahan dan Pemukiman,Kadis Lingkungan Hidup Daerah,Kadis Perhubungan,Kadis Kominfo,Kepala Bappeda dan Kabid PU Cipta karya serta stegholder lainnya.

Pertemuan kurang lebih tiga jam ini yang membahas beberapa agenda besar dibidang pembangunan dikabupaten empat Lawang kedepan termasuk dalam pembahasan,
diantaranya kelanjutan pembangunan Jembatan Penghubung antara kecamatan Ulu Musi – Pasemah Air Keruh dan beberapa pembangunan jembatan lainnya.

Selain itu, pemerintah kabupaten Empat Lawang juga menyampaikan dan menyerahkan beberapa usulan pembangunan baik dibidang lingkungan hidup,transportasi hingga penataan pemukiman kumuh.

Pelebaran jalan Nasional mulai dari Gerbang perbatasan Empat Lawang – Lahat hingga ke pusat kota Tebing Tinggi juga menjadi salah satu usulan prioritas Pemerintah kabupaten Empat Lawang,dengan perencanaan pembangunannya pada tahun anggaran 2022 nanti.

Bupati Empat Lawang H.Joncik Muhammad mengapresiasi dan berterima kasih kepada Hanna Gayatri yang telah banyak membantu pembangunan yang ada di kabupaten Empat Lawang selama ini.

” Ayunda Hanna Gayatri ini sangat konsen dan memiliki perhatian penuh terhadap pembangunan diempat lawang,bahkan hampir semua usulan yang kita sampaikan sebagian besar telah terealisasi dan beliau ini sangat luar biasa dalam memperjuangkan pembangunan dikabupaten empat lawang melalui anggaran pusat,”Ucapnya.

Sementara Hanna Gayatri mengatakan,apa pun itu untuk masa depan Empat Lawang,ia akan berupaya se optimal mungkin memperjuangkan baik usulan berupa fisik maupun anggaran pusat buat pembangunan yang ada di kabupaten ini.

“Ibu saya dilahirkan di tebing tinggi ini,untuk itu empat lawang merupakan sejarah bagi saya dan akan saya perjuangkan masa depan empat lawang salah satunya ya dengan pembangunan” ungkapnya bersemangat.

Ia juga memberikan contoh apa yang telah ia lakukan untuk empat lawang,diantaranya pembangunan jembatan penghubung kecamatan Ulu Musi – Paiker yang saat ini dalam proses pengerjaan dan juga pembangunan lainnya.Tuturnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

RSUD Jadi Klaster Baru Corona

Published

on

Foto : Ilustrasi

REL,Empat Lawang – Sebelumnya kasus positif corona di Empat Lawang berjumlah 8 orang dan 7 diantaranya dinyatakan sudah sembuh.

Namun,terhitung mulai tanggal (31 /8/2020 ) kasus positif corona bertambah satu orang ,

Penambahan satu kasus dari kluster RSUD. yang berinisial CDJ seorang perempuan ( 23 ) salah satu tenaga kesehatan RSUD, warga Desa Terusan Baru Kecamatan Tebing Tinggi.

Dari informasi yang didapat pasien 09 yang sebelumnya berstatus suspek dan setelah dilakukan swab 2 kali yang mana swab pertama negatif dan swab kedua positif dan saat ini sudah menjalani isolasi mandiri sejak timbul gejala.

“Pasien 09 itu salah satu perawat bangsal (Perawat ruangan ) Honorer di RSUD Empat Lawang dan yang bersangkutan sudah melakukan swab,
swab dilakukan pada tanggal 24 dan 26 agustus kemarin,”Kata Jubir Gugus tugas Covid-19 dr.Arga Sena Setiawan.Senin (31/8).

Masih dikatakan Arga,pasien 09 itu mempunyai riwayat perjalanan ke luar kota.

“Riwayat pasien 09 pernah berpergian ke palembang,namun saat ini masih dalam proses tracking yang kontak erat dengan pasien,”Jelasnya.

Sementara dirut RSUD Empat Lawang dr.Devi Andriyanti saat dikompirmasi melalui via pesan singkat whatsapp terkait dominan positif covid-19 banyak dari pegawai RSUD,tidak merespon pertanyaan dari awak media melainkan whatsapp awak media yang ingin kompirmasi tersebut diblokir oleh direktur RSUD.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Trending