oleh

Lirik Badan Usaha Pemuda

REL, Empat Lawang – Badan usaha pemuda, merupakan potensi yang dapat dikembangkan untuk mengatasi persoalan pengangguran dikalangan para pemuda di Kabupaten Empat Lawang. Dengan pendampingan serius dari pemerintah, badan usaha yang dijalankan para pemuda dapat berkembang dengan baik dan dapat mengatasi persoalan-persoalan negatif yang sering kali mengelilingi para pemuda yang ada di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Empat Lawang, HM Azhari melalui Kabid Pemberdayaan Kepemudaan, Umar Hasan saat dibincangi wartawan di ruang kerjanya, Selasa (11/12).

Menurut dia, Kabupaten Empat Lawang memilki potensi-potensi anak muda yang mumpuni dalam segi kwalitas. Hanya saja, kurangnya dorongan dari masyarakat, lingkungan hingga pemerintah desa tempat para pemuda itu berada, seringkali menjadi kendala untuk mengembangkan potensi-potensi terbaik mereka.

“Makanya, kami dari Dispora Kabupaten Empat Lawang, mulai melirik potensi-potensi ini. Para anak muda kita ini, khususnya yang tinggal di desa-desa, merupakan potensi yang bagus jika kita ajak berwiraswasta,” ungkap Umar.

Hanya saja, lanjut dia, kerjasama semua pihak, terutama pemerintah di desa sangat diharapkan Dispora Kabupaten Empat Lawang, untuk mengembangkan semua potensi para pemuda tersebut.

“Jika kita bimbing, tentu mereka ini dapat menjalankan semacam usaha bersama. Namun, bimbingan yang dimaksud, tentu tidak bisa lepas dari peran serta semua pihak,” ujarnya.

Sejauh ini, lanjut dia, pihaknya belum melihat upaya yang dilakukan pihak desa di Kabupaten Empat Lawang untuk memberdayakan potensi kepemudaan di desa, sejak bergulirnya dana desa (DD) beberapa tahun lalu. Para pemuda di desa sebut dia, hanya diberi sarana olahraga saja dan jarang menjadi pemikiran bagaimana potensi anak muda untuk mengangkat dan meningkatkan perekonomian berbasis pemuda. Padahal, persoalan perekonomian di juga tak kalah penting dibanding hanya memberikan fasilitas olahraga.

“Jika sudah ada badan usaha yang murni dikelolah oleh para pemuda, tentu saja kami dari Dispora tidak akan tinggal diam. Kami akan bantu sampai usaha bersama itu dapat berjalan dengan mandiri dan menjadi usaha bersama kepenudaan yang dapat meningkatkan perekonomian di desa,” katanya.

Karena itu, pihaknya berharap kedepan, pemerintah desa mulai melirik potensi yang ada ini, untuk kemajuan di desa. “Kita berharap ini menjadi masukan bagi para kades untuk tidak megabaikan potensi ini, untuk menuju Kabupaten Empat Lawang Madani,” pungkasnya. (12)

 

BACA JUGA