Connect with us

Empat Lawang

Laka Tunggal Ditanggung BPJS Asal Ada LP

Published

on

Kepala BPJS Tebing Tinggi Jery Ardhan

REL, Empat Lawang – Penggunaan Kartu BPJS bukan hanya di peruntukkan untuk berobat apabila mengalami sakit atau demam saja, melainkan juga bisa untuk musibah kecelakaan tunggal baik roda dua maupun roda empat.

Karena sebelumnya , setiap terjadi kecelakaan kendaraan itu ditanggung oleh jasa raharja, tetapi tidak setelah Pihak BPJS dan Kepolisian Republik Indonesia mengadakan kesepatan untuk membantu para pengendara yang mengalami musibah dan sudah terdaftar sebagai peserta BPJS.

“Kalau untuk kecelakaan itu ada mekanisme penjaminannya, yaitu ada yang dijamin oleh jasaraharja dan BPJS Kesehatan apabila ia mengalami kecelakaan tunggal, tetapi persyaratannya harus ada laporan polisi (LP) jadi kalau LPnya ada itu akan kita jamin ,”kata Jery saat dibincangi wartawan, kemarin (1/9/9).

Hal tersebut lanjut jery didasari atas perjanjian kerjasama antara pihak BPJS dengan Pihak kepolisian republik indonesia.

“Iya, kita sudah MOU dengan Kapolri dan Korlantasnya dalam hal penjaminan kecelakaan tunggal ini,”jelasnya

Masih dikatakannya, apabila korban tersebut dalam keadaan kritis dan belum sempat membuat LP maka bisa di urus dalam jangka 24 jam.

Dalam hal penjaminan kecelakaan Jery menjelaskan bukan hanya BPJS saja yang menanggung melainkan ada lembaga penjaminan yang lain juga , sesuai dengan jenis kecelakaannya.

“Kecelakaan lalu lintas apabila ia termasuk kedalam kategori yang dijamin oleh jasaraharja maka itu akan di jamin oleh jasaraharja, dan kalau ia kecelakaan tunggal bagi masyarakat umum itu bisa ditanggung BPJS kesehatan,tapi kalau kecelakaan itu dalam urusan kerja itu lain lagi yaitu ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan, beda lagi kalau yang kecelakaan itu pegawai negeri sipil (PNS) itu yang jamin ialah Taspen,” jelasnya. (Mg20).

Empat Lawang

Ratusan Pemuda, Siswa, dan Mahasiswa Ikuti Pembukaan Jelajah Paiker

Published

on

FOTO: ANITA/REL LAPORAN : Ketua panitia, Fajri Kurniawan sedang menyampaikan laporan kegiatan, Sabtu (11/7).

REL, Empat Lawang – Ratusan Pemuda Siswa, dan Mahasiswa mengikuti acara pembukaan Jelajah Pasemah Air Keruh (Paiker) Bersama Pesona Empat Lawang di Aula Kantor Camat Kecamatan Paiker Kabupaten Empat Lawang, Sabtu (11/7).

Acara pembukaan berlangsung dari jam 14.30 WIB sampai dengan selesai. Kemudian disusul dengan acara jelajah alam Curug Embun Kecamatan Paiker pada tanggal 12 Juli 2020.

Ketua Pelaksana, Fajri Kurniawan yang saat ini menjadi salah seorang mahasiswa di Universitas Bengkulu (UNIB) dalam sambutanya menyampaikan acara jelejah alam dan pertemuan pemuda diharapkan tidak hanya ada di Paiker saja, namun juga bisa dilaksanakan di Kecamatan lainnya.

“Ke depannya kami berharap pelaksanaan acara seperti ini juga bisa diadakan di Kecamatan lainnya yang ada di Empat Lawang,” kata Fajri, Sabtu (11/7).

Fajri menambahkan ada tiga pemateri yang dihadirkan dalam acara pembukaan Jelajah Pasemah Air Keruh Bersama Pesona Empat Lawang yakni Sadirman dari Dinas Pariwisata Empat Lawang, Supriyadi koordinator dari Pesona Empat Lawang, dan Jon Kenedi ketua dari Forum Lingkar Pena (FLP) Cabang Empat Lawang.

Di tempat yang sama, Camat Paiker, Noperman Subhi melalui Sekcam, Walisa mengatakan semua kegiatan pemuda pemudi ialah untuk kemajuan Empat Lawang dari bidang kesenian, pariwisata alam, dan bidang-bidang lainnya.

“Semoga acara ini berlangsung sukses dan aman,” ucap Walisa. (Mg15)

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Pasien 02 Masih Menunggu Hasil Swab

Published

on

Ilustrasi

REL,Empat Lawang – Hasil swab tes ke tiga untuk pasien 02 Covid -19 Kabupaten Empat Lawang saat ini belum keluar sehingga masih diisolasi.

Jubir Covid 19 Empat Lawang Arga Sena dikonfirmasi mengatakan, untuk pasien 02 swab tes ke tiganya memang belum keluar masih menunggu hasil dari laboratorium litbangkes di Palembang.

“Iya,pasien 02 swabtes ketiganya belum keluar kita masih menunggu hasilnya,” kata Arga, Jumat (10/7).

Ia menuturkan, hingga saat ini, pasien 02 beserta empat OTG kerabatnya itu  masih diisolasi di rumah karantina jalan lingkar Kota Tebing Tinggi.

“Pasien masih diisolasi, dia akan dinyatakan sembuh setalah Dua kali Swab Negatif,” ucapnya

Juga, OTG yang dari Saling, yang kontak sama pasien asal Palembang masih menunggu hasil swab tes keduanya.

“Tanggal 8 Juli kemarin kita ambil swab tes kedua untuk empat OTG itu, kita berharap mudah – mudahan hasilnya kembali Negatif, jadi selesai pemantauan untuk mereka,” ungkapnya

Untuk diketahui, kata Arga, saat ini kasus positif covid-19 di Kabupaten Empat Lawang ada 2 orang, 1 sudah dinyatakan sembuh. Sedang untuk PDP ada 4 orang semuanya sudah selesai dalam pengawasan.

“ODP 107 orang selesai pemantauan 107 orang, OTG 165 yang di swab 121 orang. Proses 1 kali Swab 61 orang, selesai 2 kali Swab 60 orang. Nah untuk PJ ada 4095 senuanya selesai pemantauan 4069,” katanya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Banyak Petugas Kebersihan Yang Tidak Pakai Masker

Published

on

SIDAK : Kabid Pengolahan Sampah limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Sukarno , saat melakukan sidak terhadap petugas Sapu Jalan.

REL,Empat Lawang – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Empat Lawang, melalukan sidak masker kepada petugas kebersihan.

Sidak dilakukan untuk memastikan semua petugas kebersihan memakai masker untuk melindungi diri serta orang lain.

Kadis DLH Irtansi melalui Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas, Sukarno kepada wartawan mengatakan, kegiatan sidak masker kepada para petugas kebersihan itu bertujuan untuk memastikan semua petugas memakai masker.

“Meski new normal, namun kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan, ya seperti para petugas kebersihan ini juga diwajibkan untuk memakai masker,” kata Sukarno, Jumat (10/7)

Menurutnya, dengan adanya sidak ini, diharapakan para petugas kebersihan di Kabupaten Empat Lawang taat mematuhi protokol kesehatan, demi menjaga kesehatan bersama.

“Ternyata masih ada yang belum memakai masker, padahal, manfaat kegunaannya sangat banyak,” terangnya.

Untuk diketahui, kegiatan sidak masker kepada para petugas kebersihan ini dimulai pagi hari dan dibagi beberapa titik lokasi, seperti dikawasan Pasar Tebing Tinggi, terlihat para penyapu jalan itu banyak belum memakai masker saat berkerja.

Sementara, Jepri salah seorang warga menuturkan, kegiatan sidak masker bagi petugas kebersihan itu menurutnya bagus sekali. Karena ia menilai sebuah edukasi tentang kebersihan bersama.

“Iya, bagus itu, contoh buat masyarakat, dimulai dari pejabatnya, hingga petugas kebersihan,”katanya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Trending