oleh

Kumkindo Kenalkan Produk Unggulan

REL, Empat Lawang – Pemuda Koperasi Usaha Mikro dan Kecil Indonesia (Kumkindo) Kabupaten Empat Lawang, memperkenalkan produk unggulan mereka ke sejumlah kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam lingkungan kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang.

Setidaknya ada dua produk unggulan yang diperkenalkan, antaranlain Kopi Mengkudu dan Teh Benalu Alpukat. Keduanya merupakan produk minuman kesehatan dan diharapkan dapat bersaing dengan berbagai macam merk minuman kesehatan lainnya.

“Secara pengemasan memang kami akui masih belum bisa bersaing. Tapi, kalau segi kwalitas, kami memiliki garansi, karena bahan baku berasal dari alam asli Empat Lawang,” ungkap salah seorang pengurus Pemuda Komkindo Kabupaten Empat Lawang, Toto Aryanto saat ditemui wartawan di Kantor Dinas Koperasi, UMKM, Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Empat Lawang, Rabu (8/5/2019).

Menurut Toto, kedatangan pihaknya ke kantor Dinas Koperasi, UMKM, Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Empat Lawang, kali ini, tidak hanya memperkenalkan produk unggulan, namun lebih dari itu meminta suport atau petunjuk bagaimana usaha yang dilakoni para pemuda/pemudi asli Empat Lawang ini dapat berkembang. “Karena memang kami ini bagian dari binaan Dinas Koperasi, UMKM, Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Empat Lawang, juga,” akunya.

Bicara minuman kesehatan, Toto mengaku racikan ramuan yang didapatkan merupakan warisan turun-temurun yang dia dapatkan dari para leluhur. “Jadi, bahan baku kita dapatkan langsung dari alam Empat Lawang, lalu dikelolah dan diracik kemudian di kemas. Beruntung kami memiliki para orang tua yang suport pada usaha yang kami geluti ini, mereka turut membantu dalam proses produksi,” kata Toto.

Sejauh ini sebut Toto, anggota Kumkindo di Empat Lawang, sudah mencapai ratusan orang. “Iya, sudah mencapai 800-an anggota,” cetusnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Empat Lawang, Kuswinarto mengaku siap mensuport usaha yang digeluti anggota Pemuda Kumkindo Kabupaten Empat Lawang, termasuk usaha Kopi Mengkudu dan Teh Benalu Alpukat.

“Kita memiliki pendaping UKM, Insyaallah mereka akan mendapingi Pemuda Kumkindo Empat Lawang, bagaimana cara mengembangkan usaha hingga nanti dapat berkembang dan dapat menopang perekonomian para pengelolahnya,” kata Kuswunarto. (12)

BACA JUGA