oleh

Kreativitas Anak PAUD Harus Ditingkatkan

REL, Tebing Tinggi – Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad membuka secara resmi Lomba Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Empat Lawang yang dipusatkan di Hotel Kito Tebing Tinggi, Rabu (2/6).

Bupati H Joncik Muhammad mengatakan, kreativitas merupakan hal penting dalam kehidupan seseorang, yang harus ditumbuhkembangkan sejak anak usia dini. Hal ini perlu dilakukan karena kreativitas akan membuat manusia lebih produktif. selain itu, kreativitas juga dapat meningkatkan kualitas hidup serta dapat mempermudah mencari jalan keluar dari sebuah permasalahan.

Kemajuan teknologi, informasi dan komunikasi, selain memberikan dampak positif, ternyata menjadi tantangan berat bagi orang tua untuk menumbuhkan daya kreativitas anak.

“Karena mereka lebih dominan dekat dengan permainan game di tablet maupun handphone. Perlahan tapi pasti, kemajuan teknologi, informasi dan komunikasi ternyata dapat merampas kreativitas anak-anak,” ujarnya.

Untuk menjawab tantangan itu, politisi dari Parai Amanat Nasional (PAN) itu mengajak kepada seluruh orang tua, untuk merangsang anak-anaknya agar menjadi sosok yang kreatif sejak usia dini. “Khusus kepada orang tua, kami berharap benar-benar dapat memahami pentingnya kreativitas dalam kaitannya dengan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik dan pengajar. Kami juga mengajak seluruh orang tua di Kabupaten Empat Lawang ini, untuk terus merangsang anak-anaknya untuk menjadi sosok yang kreatif sejak usia dini,”pinta Joncik.

Ada beberapa nilai penting kreativitas dalam kehidupan secara nyata, sambung Joncik, di antaranya, pertama adanya kemampuan untuk melahirkan sesuatu yang baru yang berupa pikiran maupun karya nyata, dalam mengerjakan persoalan hidup bagi orang kreatif. 

Kedua, tingkat kualitas dari kinerja, karya, gagasan, dan perbuatan manusia dapat diantisipasi dari sejauh mana seseorang memiliki tingkat kreativitas tertentu. Ketiga, suatu karya kreatif sebagai hasil kreativitas seseorang dapat menimbulkan kepuasan pribadi yang tak terhingga nilainya.

Dan keempat, dengan kreativitas tinggi yang dimilikinya, maka seseorang akan mempunyai pengembangan diri secara optimal. mereka dapat mempergunakan ide-idenya untuk menciptakan kreasi baru demi kelangsungan hidup. Bupati Joncik, juga menyambut baik dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya, atas digelarnya lomba pengembangan PAUD Kabupaten Empat Lawang. “Pemkab Empat Lawang sangat medukung kegiatan ini,”ujarnya lagi.

Komentar

BACA JUGA