oleh

KPU Terima Berkas Tiga Paslon

REL, Empat Lawang – Sampai dihari terakhir Rabu (10/1) pembukaan pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Empat Lawang telah menerima berkas dari tiga pasangan calon (Paslon).

Yang pertama ataupun hari pertama Senin (8/1) mendaftarkan diri sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang yakni pasangan H Joncik Muhammad SSI SH MM MH dan Yulius Maulana ST (JM-YUS), pasangan tersebut mendapatkan dukungan dari ketujuh partai politik yakni PAN, PDIP, Demokrat, PKB, PKPI, PPP, dan Hanura.

Sedangkan dihari kedua Selasa (9/1) Pasangan H David Hadrianto Aljufri SH dan H Eduar Kohar (HDA-HEK) mendaftarkan diri ke kantor KPU usai mendaklasikan diri kepada semua Simpatisannya, pasangan HDA-HEK ini didukungan oleh Partai Golkar, Nasdem, Gerindra, PBB, PKS serta Perindo.

Dihari terakhir ada dua Paslon yang mendaftarkan diri ke KPU Empat Lawang yang pertama Pasangan H Yulizar Dinoto dan H Kison Syahrin (HYD-HKS), paslon ini mendaftarkan diri sebagai calon perseorangan dengan mengumpulkan KTP.

Namun masih ada satu paslon yakni Anamsyah dan Ir Jauhari Hora yang mendaftar ke KPU hanya saja berkas pendaftaran paslon ini ditolak KPU Empat Lawang dikarenakan tidak adanya surat dari Partai pengusung secara resmi dari pusat.

Ketua KPU Empat Lawang Mobius Alhazan kepada wartawan menuturkan, sampai dihari terakhir ini KPU telah menerima tigas berkas paslon, dari ketiga paslon tersebut satu paslon dari jalur perseorangan atau independen.

“Sampai dihari terakhir ini ada tigas berkas yang telah kita terima, hari pertama Pasangan H Joncik Muhammad SSI SH MM MH dan Yulius Maulana ST, hari kedua H David Hadrianto Aljufri SH dan H Eduar Kohar dan hari ini (Rabu) H Yulizar Dinoto dan H Kison Syahrin,” ungkapnya.

lanjut Mobius, dari ketiga Paslon tersebut ada satu paslon yang belum lengkap berkas yakni Paslon H Yulizar Dinoto dan H Kison Syahrin, namun masih ada waktu untuk melakukan perbaikan. “Ada tujuh item yang tidak ada, tapi masih bisa dilengkapi dan menyusul sampai tanggal 16 Januari,” kata Mobius.

Sedangkan untuk syarat dukungan bapaslon HYD – HKS, Mobius menjelaskan, sesuai dengan tanggal yang ditentukan akan ditunggu dari 18 Januari – 20 Januari.

“Yang jelas kekurangan kemarin itu setelah di verifikasi faktual di kali dua. Lalu setelah kekurangan sudah dikumpulkan masih akan kami lakukan verifikasi faktual lagi,” jelasnya

Setelah ini, masih kata Mobius, paslon yang berkasnya telah diterima KPU mengikuti tes kesehatan pada 11-12 Januari, sedangkan untuk 16 Januari penetapan kelengkapan berkas adminitrasi.

“12 Februari nanti resmi akan kita umumkan penetapan paslon,” ucapnya. (12)

BACA JUGA