oleh

Kolam Pemandian Putri Mayang Sari Jadi Wista Baru

REL, Empat Lawang – Dinas Pariwisata Kabupaten Empat Lawang, saat ini terus berupaya meningkatkan dan memajukan Pariwisata di Kabupaten Empat Lawang ini.

Dan salah satu objek wisata yang akan dikembangkan dan dikelola adalah kolam pemandian yang berada di Desa Sawah, Kecamatan Muara Pinang, Kabupaten Empat Lawang.

Bahkan konon cerita warga setempat, kolam tersebut merupakan tempat pemandian Putri Mayang Sari, yang merupakan Istri dari si Pahit Lidah.

Kepala Dinas Pariwsata Kabupaten Empat Lawang, Mgs Ahmad Nawawi mengatakan, saat ini pihaknya sudah terjun kelokasi kolam pemandian tersebut. Dan sumber mata airnya sangat jernih, dan diakui sangat bagus untuk dikelola menjadi objek wisata baru di Kabupaten Empat Lawang ini.

“Kolam itu dekat dengan aliran Sungai Curup Degian yang airnya terasa belerang karena aliran dari Gunung Dempo. Tapi air di dalam kolam itu tidak bercampur dengan air sungai itu,” kata Wawi, kepada wartawan kemarin.

Dijelaskannya, menurut cerita warga setempat, kolam tersebut merupakan tempat pemandian Putri Mayang Sari yang merupakan istri si Pahit Lidah. Dan konon katanya siapa saja yang mandi disana bisa awet muda dan enteng jodoh.

“Airnya jernih dan segar sekali kalau sudah mandi. Dan sumber mata air ada di dekat kolam itu, memang jernih,” jelasnya.

Dia juga menambahkan, untuk menuju lokasi kolam pemandian tersebut tidak jauh, hanya sekitar 150 meter dari jalan umum Desa Sawah. Bahkan kendaraan roda empat maupun roda dua bisa parkir di sekitar lokasi.

“2020 nanti akan kita ajukan ke Kementerian Pariwisata, sehingga bisa di data dan bisa di kelola dengan baik. Harapan kita bisa menjadi icon objek wisata baru di Empat Lawang ini,” pungkasnya (Mg01/rel).

 

BACA JUGA