oleh

Khusus Empat Lawang Diambil Alih KPU Sumsel

REL, Empat Lawang – Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilu tahun 2019 tingkat Provinsi Sumsel Kamis (9/5). Rapat Pleno ini dihadiri perwakilan saksi parpol, perwakilan TNI dan Polri, Bawaslu Sumsel.

Proses pleno rekapitulasi akan menghitung hasil perolehan suara pilpres, DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi, DPRD kota/kabupaten langsung per kabupaten/kota, pleno ini ditargetkan selesai pada 12 Mei.

Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana yang membuka acara tersebut  berharap pelaksanaan penghitungan suara  ini bisa berjalan lancar,”Khusus Rekapitulasi di kabupaten Empat Lawang menurutnya diambil alih KPU Sumsel dan semoga berjalan lancar,” katanya.

Selain itu Kelly menyebut  25 penyelenggara pemilu dan 2 orang aparat kepolisian yang meninggal dunia akibat kelelahan dan kecelakaan dan Kelly sempat mengajak yang hadir untuk membacakan Surat Alfatiha untuk para pejuang demokrasi yang meninggal dunia tersebut.

Ketua KPU Sumsel, Kelly Mariana usai menyelesaikan rekapitulasi suara di Kabupaten OI mengatakan, proses rekapitulasi Kabupaten yang menyisakan 2 Kecamatan yakni Talang Padang dan Kecamatan Lintang Kanan berlangsung hingga hari ini dan besok, Jumat(10/5/).

“Perpanjangan rekapitulasi tingkat Kabupaten memang sampai tanggal 10 Mei, tapi karena ini sudah dilimpahkan ke KPU Sumsel jadi prosesnya beriringan dengan Rekapitulasi tingkat Provinsi. Ini kami ambil alih diruangan yang terpisah secara paralel karena KPU Sumsel akan membuka rekapitulasi Empat Lawang,” ujar Kelly.

Dijelaskannya, Kecamatan Talang Padang menjadi satu-satunya kecamatan yang belum sama sekali melakukan perhitungan suarat. Sementara Kecamatan Lintang Kanan telah selesai melakukan perhitungan, namun belum disahkan karena sempat terjadi kericuhan akibat permasalahan di tingkat PPK.

“Jadi di Talang Padang itu belum sama sekali penghitungan ada 13 Desa, dan rekap tingkat Provinsi setelah ini giliran Prabumulih,” singkatnya.
Ditempat yang sama Ketua Bawaslu Sumsel Iin Irwanto menjelaskan, pihaknya akan ikut mengawasi proses rekapitulasi suara 2 Kecamatan Kabupaten Empat Lawang.

“Untuk pengawasan rekap di Kabupaten Empat Lawang, kita Bawaslu Provinsi Sumsel ambil alih secara langsung dan menonaktifkan sementara Bawaslu Empat Lawang sampai proses rekap tingkat provinsi selesai,” ungkapnya.

Sementara untuk proses rekapitulasi tingkat provinsi dihari pertama ini ia menilai berjalan lancar, meski ada beberapa keberatan yang disampaikan oleh saksi Partai.

“Semua keberatan yang disampaikan oleh saksi ini perlu dilanjutkan sehingga proses rekap bisa berjalan sukses. Keberatan saksi harus dijawab oleh KPU dan dimungkinkan melakukan kebetulan, apabila keberatan Bawaslu akan mengeluarkan rekomendasi , ketika pembetulan oleh KPU namun saksi masih keberatan, kami mempersilahkan saksi mengisi form keberatan,” pungkasnya. (mg20/rel)

BACA JUGA