oleh

Keterbatasan Biaya untuk Berobat, Kondisi Elmi Penderita Kanker Payudara Sangat Memprihatinkan

REL, Empat Lawang – Elmi (55) Warga Desa Umo Jati Kecamatan Lintang Kanan Empat Lawang mengalami penyakit kanker payudara stadium lanjut. Penyakit yang dideritanya tersebut sudah 3 tahun lalu, namun semakin hari semakin memperantinkan.

Sudah 6 bulan terakhir ini Elmi tidak beraktivitas dan terbaring dirumah, dan 3 bulan terkakhir penyakit yang derita semakin terpuruk.

Saat ditemui Wartawan REL Sabtu (24/4) dirumahnya kondisi kesehatannya sangat memperantikan, Elmi hanya bisa terbaring dan dirawat anak sematawayangnya yakni Sera (18).

Elmi sempat berobat di RSUD Besemah kota Pagar Alam. Terakhir di periksa di Rumah Sakit RSUD Besemah kota Pagaralam sekira 2 minggu sebelum masuk bulan suci Ramadhan tahun 2021 ini.

Bahkan dirinya sempat mau dirujuk berobat ke Palembang, namun apalah daya karena kekurangan biaya untuk berobat di RSUD Besemah kota Pagaralam, Elmi memutuskan untuk pulang kerumah karena keterbatasan biaya berobat.

Penyakit yang dideritanya kian hari sangat memperatinkan , untuk biaya berobat ke Rumah Sakit tersebut Elmi berinisiatif menjual tanah kebun kopinya di Desa Umo Jati Kecamatan Lintang Kanan untuk berobat, bahkan suaminya sudah lama meninggal semenjak putri semata wayangnya berumur 1,5 tahun sekira tahun 2004 silam.

Untuk makan sehari hari kadang Elmi di bantu tetangga bahkan keluarganya di kasih beras pada saat panen padi.

Anaknya yakni Sera (18) tertunda sekolah semenjak lulus kelas 3 SMP untuk melanjutkan sekolah ke tingkat SMA . Sera terkendala biaya dan juga Sera hanya tinggal berdua dengan ibunya , Sera merawat ibunya yang menderita kanker payudara stadium lanjut.

Saat ditanya sudah punya kartu KIS Atau BPJS Kesehatan untuk berobat , Elmi menuturkan belum punya. Dimana biaya berobat ke RSUD Besemah hasil jual tanah kebun kopinya.

“Kartu KIS, BPJS belum ada. Selama berobat di RSUD Besemah pakai uang hasil penjualan tanah kebun kopi,” ungkap Elmi.

Mori (40) tetangga Elmi menuturkan Elmi sudah 6 bulan terbaring dirumahnya karena sakit yang dideritanya dan 3 bulan terakhir ini kondisinya semakin terpuruk.

Sementara itu, Dinas Sosial kabupaten Empat Lawang menyampaikan saat ini pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan Empat Lawang. Dimana pihaknya akan segera mengajukan layanan fasilitas kesehatan untuk Elmi.

“Ya kemarin staf kami sudah ada yang mendata insyaallah senin layanan kesehatan untuk bu Elmi akan segera kami ajukan ke Dinas Kesehatan Empat Lawang,” tutur Eka Agustina, Kadinsos Empat Lawang.

Sementara itu saat dimintai konfirmasi mengenai keadaan warganya, Kepala Desa Umo Jati, Maidi tidak ada dirumah. Selain itu saat dihubungi via telepon yang bersangkutan belum memberikan respon. (Dn)

Komentar

BACA JUGA