oleh

Kepala Daerah Terpilih Siap Jalankan Amanah

REL, Palembang – Sebanyak tujuh kepala daerah terpilih hasil pilkada serentak 27 Juli lalu, akan mengikuti prosesi pelantikan sebagai Kepala Daerah, yang berlangsung di Palembang Sport Convention Center (PSCC) pada Selasa (18/9).

Seluruh kepala daerah terpilih ini mengaku sudah siap, bahkan ada yang menganggap pengambilan sumpah tidak lagi menjadi hal yang baru, tetapi sudah menjadi hal yang biasa saja, karena dari ke tujuh Kepala Daerah terpilih itu, ada beberapa yang memang sudah pernah disumpah sebagai Kepala Daerah.

Memaknai pelantikan tersebut, menurut Walikota Lubuklinggau, Prana Putra Sohe, bahwa saat ini bukan pelantikan saja yang dipikirkan karena dirinya sudah tiga kali dilantik dan pengambilan sumpah serupa, tetapi yang lebih penting adalah rasa tanggung jawab serta apa yang diamanahkan masyarakat.

“Sekarang ini yang dipikirkan itu lebih ke masyarakat apalagi sudah dua periode terobosan baru yang ditunggu masyarakat serta mau dibawa kemana Kota Lubuklinggau ke depan. Karena sudah dua periode, biasa saja balik lagi ke tengah masyarakat sebagai pelindung, pengayom masyarakat,” katanya di sela-sela gladi resik yang dilakukan di gedung PSCC jelang pelantikan, Senin (17/9).

Sementara itu, Walikota Palembang, Harnojoyo mengatakan, pelantikan yang akan dilakukannya dianggap biasa-biasa saja, karena sebelumnya juga pernah pengambilan sumpah serupa pada periode sebelumnya.

“Ya, biasa saja, yang penting itu melaksanakan tugas serta menjalankan amanah yang diberikan kepada kami untuk memimpin Palembang lima tahun kedepan,” ujar Harnojoyo.

Harnojoyo menjelaskan, habis di lantik besok dirinya akan langsung bekerja memberikan pelayanan ke pada masyarakat yang sebelumnya tertunda selama pilkada. Selain itu juga, akan membuat perwali setiap SKPD yang ada itu agar menjalankan program subuh berjamaah, serta kegiatan gotong royong akan terus digalangkan.

“Jadi sebagai walikota dan wakil walikota itu menjadi pengayom masyarakat dengan baik, tentunya setelah dilantik ini akan kembali bekerja lagi,” ujarnya.

Hal senada juga dikatakan, walikota Prabumulih, Ridho Yahya pelantikan besok biasa saja, karena sebelumnya kita sudah pernah dilantik dan pengambilan sumpah serupa pada periode sebelumnya.

“Yang dipikirkan itu bukan pelantikan besok saja tetapi sebenernya pelayanan masyarakat yang harus difokuskan atau dinormalkan, pasca pilkada lalu. Karena menurut saya menjadi kepala daerah ini sebagai pelayan masyarakat yang melayani masyarakat dengan baik,” ujarnya.

Ketujuh pasang pemenang pilkada serentak yang akan dilatik itu, sedikitnya ada tiga kepala daerah yang menjabat dua periode yakni, Harnojoyo-Fitrianti Agustinda (Walikota dan wakil Walikota Palembang), Prana Putra Sohe – Sulaiman Kohar (Kota Lubuk Linggau), Ridho Yahya dan Andriansyah Fikri (Kota Prabumulih).

Kemudian Walikota/wakil Walikota Pagaralam Alpian Maskoni dan Muhammad Fadli (AlFad). Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Muara Enim, Ahmad Yani/Ishak Juarsah. Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Banyuasin, Askolani/Slamet. Bupati/Wakil Bupati Empat Lawang, Joncik Muhamad/Yulius Maulana.(*)

BACA JUGA