oleh

Kepala Daerah Mempunyai Tugas Menetapkan RPJMD

REL, Empat Lawang – Penyusunan Dokumen Rencana Pembangunan Jangkah Menengah Daerah (RPJMD) adalah merupakan sebuah amanah Dan Kepala Daerah mempunyai tugas dalam menetapkan RPJMD tersebut, setalah ditetapkan Enam (6) bulan Kepala Daerah dilantik.

Hal ini dikatakan langsung Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad saat membuka Musrenbang RPJMD Kabupaten Empat Lawang Tahun 2018-2023 di Gedung Serba Guna Pemkab Empat Lawang, Selasa (18/17).

“Musrenbang ini bertujuan untuk penyesuaian kesepakatan dan perumusan dalam rancangan Daerah,” kata Joncik.

Untuk Program 5 tahun kedepan lanjut Joncik, Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang sudah menetapakan Visi dan Misi. Yaitu menjadikan Kabupaten Empat Lawang yang MADANI, melalui peningkatan Perekonomian dan Kualitas SDM.

“Dari uraian diatas, maka Pemerintah Kabupaten Empat Lawang, kedepan mempunyai harapan yang besar dalam mewujudkan Empat Lawang yang MADANI,” ujarnya.

Dirinya berharap kepada para peserta untuk dapat mencermati apa makna yang tersirat dalam visi dan misis diatas.

“Saya dan wakil bupati telah menetapkan target 5 tahun ke depan yaitu mewujudkan masyarakat Empat Lawang yang Madani. Antara lain melalui peningkatan perekonomian dan kualitas SDM,” kata Joncik.

Selain itu, juga mewujudkan pemerintahan yang efektif, meningkatkan kerja sama antara pemerintah dan pelaku usaha, kemandirian ekonomi, pengembangan industri dan optimalisasi sumber dana.

“ABPD orientasi kesejahteraan masyarakat, peningkatan kualitas pendidikan kesehatan dan sosial dasar, pemenuhan sarana dan prasarana publik, serta menciptakan keamanan dan ketertiban,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bapeda Empat Lawang Yulius Sugiantara mengatakan, tujuan diadakannya Musrenbang ini untuk menyelaraskan dan arah kebijakan pembangunan Kabupaten Empat Lawang.

“Tujuan kegiatan ini untuk menyelaraskan arahan kebijakan pembangunan pemerintah Daerah Empat Lawang untuk 5 tahun kedepan,” pungkasnya (12).

BACA JUGA