Connect with us

Empat Lawang

Kejari Tingkatkan Status dari Lidik ke Sidik

Published

on

Caption : Kasi Pidsus Kejari Empat Lawang, Ahmad Sazili SH.

 

 

 

REL,Empat Lawang – Kejaksaan Negeri (Kejari) Empat Lawang, meningkatkan status dugaan penyelewengan Dana Desa yang terjadi di Desa Sugiwaras Kecamatan Tebing Tinggi, dari sebelumnya berstatus Penyelidikan (Lidik) menjadi Penyidikan (Sidik).

Kepala Kejari Empat Lawang, Ronaldwin SH melalui Kasi Pidsus, Ahmad Sazili SH saat ditemui di ruang tugasnya mengatakan, masuknya status dugaan penyelewengan Dana Desa ini, dari Penyelidikan ke Penyidikan, karena pihaknya secara meyakinkan telah menemukan dugaan tindak pidana korupsi Dana Desa, di Desa Sugiwaras Kecamatan Tebing Tinggi, saat dilakukan penyelidikan lalu.

“Kami menemukan ada kejadian tindak pidana korupsi di Desa Sugiwaras Kecamatan Tebihg Tinggi, saat melakukan penyelidikan pada desa itu,” kata Sazili, Selasa (4/2).

Meski telah meningkatkan status dari Penyelidikan ke Penyidikan, kata Sazili, pihaknya belum menentukan tersangka atas kejadian korupsi di Desa Sugiwaras, tersebut. “Kasus itu terjadi pada dua tahun anggaran, yakni 2017 dan 2018. Kita masih mendalami siapa yang mesti bertanggungjawab pada kejadian dugaan korupsi pada dua tahun anggaran di Desa Sugiwaras tersebut,” ujar Sazili.

Diceritakan Sazili, awal bermula dilakukannya penyelidikan hingga akhirnya ditingkatkannya status kasus ini menjadi Penyidikan oleh pihaknya, berawal pelimpahan kasus dugaan korupsi dari Aparatur Pengawas Internal Pemerintah (APIP) ke Kejari Empat Lawang.

“Awalnya laporan yang kita terima dari APIP, itu hanya untuk tahun anggaran 2017. Seiring berjalan waktu saat kita lakukan penyelidikan, kami juga menemukan indikasi korupsi di Dana Desa 2018, selain Dana Desa 2017, dan karena kami telah yakin ada kejadian indikasi korupsi di sana, makanya kami tingkatkatkan statusnya,” jelas dia.

Saat disinggung kerugian negara pada indikasi kasus korupsi Dana Desa tersebut, Sazili menyebut belum dapat mengetahui angka pasti. Hanya saja pihaknya menduga kerugian negara yang telah terjadi sekitar Rp 450 juta.

“Totalnya segitu, dari dua tahun anggaran terindikasi terjadi kasus pidana korupsi di desa itu,” imbuhnya.

Sazili menyebut, terkait orang yang berpotensi tersangka dalam kasus ini, bisa saja lebih dari dua orang. Namun yang pasti, pihaknya melihat terlebih dahulu perkembangan dalam proses penyidikan yang dilakukan pihaknya.

“Kita tunggu perkembangannya saja, untuk jumlah tersangka, bisa satu atau dua orang bahkan lebih, tergantung perkembangan penyidikan,” terangnya.

Sazili pun berharap, kedepan kasus ini dapat menjadi pembelajaran bagi Kades lain di Kabupaten Empat Lawang, agar dapat menggunakan Dana Desa dengan bijak dan dengan sebaik-baiknya, agar tidak ada lagi Kades yang tersangkut masalah hukum akibat menyalahgunakan Dana Desa.

“Kuncinya hanya satu, pelajari Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa dan mejalankan Undang-Undang itu dengan sebaik-baiknya. Disamping itu, harus mengikuti Juklak dan Juknis penggunaan Dana Desa dengan benar, agar terhindar dari masalah hukum terkait Dana Desa,” urainya. (12).

Empat Lawang

Ratusan PKL Hadiri Undian

Published

on

Caption : Para PKL mengambil undian Lapak yang disediahkan oleh disprindag

 

 

REL,Empat Lawang – Ratusan pedagang kaki lima (PKL) di pasar tebing tinggi dikumpulkan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disprindag) Kabupaten Empat Lawang.

Berkumpulnya para PKL tersebut tidak lain untuk mengikuti pengundian lapak yang telah di sediahkan oleh disprindag.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disprindag) Kabupaten Empat Lawang Almutholib mengatakan hari ini kegiatan pengundian lapak sementara bagi PKL di Tebing Tinggi.

“Ya hari ini kita melakukan pengundian untuk PKL dengan jumlah 240 Lapak sementara,”Katanya.Kamis (27/2/20).

Dilanjutkan Almutholib,itu seluruh PKL yang ada di Tebing Tinggi baik di Lorong Talang Padang Maupun yang di Jembatan Pulo Mas dipindahkan kedalam yang telah disediahkan.

“Kalau mereka masih tetap memandel dan tidak mau pindah,nanti kita ada tim khusus untuk meminta para PKL tersebut harus pindah,”Jelasnya.

Jadi Sambung Almutholib berharap kepada PKL yang sudah mendapatkan lapak diharapkan segera mungkin pindah.

“Kami beri waktu tenggang 7 hari mulai dari hari ini untuk menempati lapak yang telah disediahkan,”Tukasnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Fokus ke Pelayanan Publik

Published

on

 

REL,Empat Lawang – Tim Saber Pungutan Liar (Pungli) Empat lawang yang terdiri dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Polres Empat lawang serta Kejaksaan Empat Lawang menggelar rapat koordinasi perencanaan kegiatan.

Dalam rapat tersebut Kapolres Empat Lawang AKBP Eko Yudi Karyanto meminta progres dan kesungguhan setiap OPD dalam melakukan upaya pencegahan terhadap tindak Pungutan liar yang sangat merugikan.

“Saya minta progresnya kalau di Polres setiap hari setiap minggu dan setiap bulan itu ada laporannya jadi memang sudah di terapkan upaya pencegahan terjadinya Pungli, memang setiap stake holder harus saling bahu membahu, tidak bisa berjalan sendiri dan tidak hanya di atas meja namun lebih praktek ke lapangan yang saya mau,”kata Eko, Rabu (26/2)

Dikatakannya, rapat ini ialah upaya untuk melakukan pencegahan, memang kalau secara global terlihat signifikan menurun karena berkurangnya laporan masyarakat.

Tapi lanjut Eko, untuk yang sifatnya gabungan antara Polres Empat Lawang , Kejaksaan dan OPD dirinya belum ada fakta di lapangan yang membuktikan Pungli sudah tidak terjadi lagi.

Dirinya secara pribadi tidak menginginkan kejadian – kejadian penindakan atau penangkapan di lapangan yang banyak , karena menurutnya upaya pencegahan sejak dini ialah yang lebih penting.

“Saya tidak bangga kalau nanti banyak yang tertangkap tangan oleh tim Saber Pungli , namun saya akan lebih bangga kalau kenyataan di lapangan itu tidak ada lagi pungli karena melakukan pencegahan sejak dini agar tidak ada pungli itu lebih baik,”katanya

Masih dikatakan Eko, upaya – upaya tersebut tentu tidak akan terwujud kalau tidak ada peran serta semua anggota Saber pungli yang terlibat untuk memberikan pemahaman terhadap masyarakat tentang bahaya Pungli dan bisa berdampak buruk terhadap kemajuan serta kesejahteraan masyarakat di Bumi Saling Keruani Sangi Kerwati.

“Dengan adanya pungli juga akan mempengaruhi roda ekonomi khusunya di Empat lawang ,jadi kita semua harus benar – benar komitmen jangan hanya di awal saja,”harapnya

Sementara, Ketua Pelaksana Tim Saber Pungli Empat Lawang Kompol Dwi Utomo mengatakan rapat tersebut akan di adakan rutin agar bisa menerima saran – saran mengenai peran penting Tim saber Pungli serta juga bisa menetapkan sasaran kerja dan merumuskannya

“Kita menargetkan akan fokus mengawasi tempat – tempat pelayanan Publik karena dinilai rawan akan terjadinya Pungli seperti Dinas Pendidikan dan Samsat,dan yang pertama ini ialah kita sadarkan dan tertib dulu timnya jangan sampai ingin menertibkan orang tapi kitanya sendiri tidak ada yang tertib,”kata Dwi.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

DWP Empat Lawang Gelar Rakerda

Published

on

 

REL,Empat Lawang – Darma wanita persatuan (DWP) Empat Lawang melakukan rakerda guna bersinergi untuk mendukung dan membangun program kerja pemerintah Empat Lawang.

Dalam Rakerda tersebut membahas Pedoman program kerja , pemilihan ketua dan mempererat tali silaturahmi antar DWP Empat Lawang.

Ketua Darma Wanita Persatuan Empat Lawang Susilaningmas Edison Jaya mengatakan adapun program kerja yang di lakukan dalam pembahasan dari segi pendidikan, sosial budaya dan Ekonomi.

” Di antara nya mencakup pembinaan untuk bidang pendidikan meliputi pembinaan paud dan sosialisasi perlindungan anak, bidang sosial budaya meliputi sosialisasi di bidang reproduksi, peringatan hari hut darma wanita dan di bidang ekonomi yaitu memberikan pelatihan dan ekonomi kreatif kepada masyarakat,” terangnya.Rabu (26/2/20).

Caption : Sekda Empat Lawang berfose bersama pembina dan anggota DPW

 

Sementara Pembina DWP Empat Lawang Happy Syafriani Joncik menyampaikan pada kegiatan Rakerda ini DWP Empat Lawang dapat berkontribusi dalam membantu dan bersinergi untuk memajukan Program-program dan visi misi Empat Lawang kedepan.

” Dengan berbagai macam pembahasan dalam Rakerda ini semoga, DWP dapat bersinergi bersam pemerintah dan PKK Empat Lawang, untuk mendukung dan memajukan program pemerintah Empat Lawang,”Tuturnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Trending