Connect with us

Empat Lawang

Kejari Empat Lawang Didemo LSM

Published

on

DEMO : Personil Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang tergabung dalam NGO Revolutioner Kabupaten Empat Lawang Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang tergabung dalam NGO Revolutioner Kabupaten Empat Lawang, Selasa (1/10).

REL, Empat Lawang – Sejumlah anggota Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang tergabung dalam NGO Revolutioner Kabupaten Empat Lawang, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang tergabung dalam NGO Revolutioner Kabupaten Empat Lawang

Dengan membentangkan spanduk bertuliskan bermacam tuntutan, para pendemo ini juga menyampaikan aspirasi mereka itu dengan cara berorasi.
Pantauan, puluhan anggota Polisi dari Polsek Tebing Tinggi dan Polres Empat Lawang berjaga mengawal aksi di Halaman Kejari Empat Lawang. Kedatangan massa tersebut menyampaikan tuntutan sekaligus menyerahkan berkas.

Dadang Batra Sunda selaku penanggung jawab aksi menyampaikan, ada beberapa item dugaan korupsi proyek irigasi diantaranya belanja modal pengadaan peningkatan jaringan irigasi di Air Betung Kecil Kecamatan Ulu Musi dengan pagu Anggaran sekitar Rp4 Miliar.

“Kami selaku penanggung jawab LSM NGO Revolutioner meminta usut tuntas indikasi dugaan korupsi proyek irigasi di Empat Lawang,” ujarnya saat menyampaikan orasinya di depan Kantor Kejari Empat Lawang, Selasa (1/10).

Tidak hanya itu, belanja modal kontruksi peningkatan jaringan irigasi di Desa Lubuk Buntak Kecamatan Talang Padang tahun anggaran 2018 dengan pagu di angka Rp3,8 Miliar dan belanja modal kontruksi peningkatan irigasi di Air Betung Besar di Desa Galang Kecamatan Ulu Musi dengan pagu Rp3,8 Miliar.

“Kami juga meminta agar Kejari Empat Lawang menuntaskan kasus korupsi dana BTT APBD Empat Lawang Tahun 2013, mengingat pada tahun 2015 sudah ada proses penyidikan dan penggeledahan bahkan kejaksaan sendiri sudha menyebut inisial namun sampai sekarang belum ada perkembangan dan kelanjutannya,” jelasnya.

Masih dijelaskan Dadang irigasi Betung Besar yang menelan dana Rp3,8 Miliar berdasarkan investigasi hanya 600 meter bahkan jembatan Air sudah roboh dan tidak direhab dan akhirnya warga secara swadaya membangun jembatan air darurat.

“Irigasi di Lubuk Buntak, Pembangunan peningkatan, dari segi pembangunan sudah bermasalah. Indikasi sudah kami kemas dalam bentuk laporan. Selain itu juga dana BOS yang jadi perhatian. Agar transparansi penggunaan dana BOS. Kami sangat mendorong pemberantasan korupsi,” ungkapnya.

Di tempat sama, Yamin mewakili masyarakat Kecamatan Ulu Musi, menyampaikan bahwa irigasi Betung besar dampaknya ke pangan, air bersih, sehingga mengalami krisis.

“Kami masyarakat sangat dirugikan, siring tersebut tidak berfungsi sama sekali, Kami mohon pedulilah dengan nasib kami, permintaan kami mohon di-clear-kan agar proyek tersebut bisa berfungsi kembali. Sebab tidak ada bedanya debit air sebelum ada proyek tersebut bahkan airnya sendiri tidak mengalir sama sekali,” jelasnya.
Menanggapi aksi damai tersebut, Kajari Empat Lawang, Ronaldwin SH mengatakan, terkait kasus BTT atau bantuan tidak terduga yang dipertanyakan, kasus tersebut terjadi pada 2013 silam. Saat itu dirinya belumenjabat Kajari Empat Lawang.

Namun demikian, pihaknya mengaku perlu menjelaskan bahwa dalam penangganan perkara, Kejaksaan tidak bisa berdiri sendiri, karena tetap merlukan ahli untuk menghitung kerugian negara dari kasus tersebut.

“Dalam hal ini kita memerlukan hasil pemeriksaan dari BPKP untuk menentukan kerugian negara pada kasus itu,” akunya.

Karena tidak berhasil mendapatkan bukti kerugian negara itu dari BPKP, sementara kasus ini sudah terlalu lama dan butuh kepastian hukum yang salah satunya berkaitan dengan hak azazi manusia, kasus ini akhirnya di-SP3-kan, namun tetap dengan catatan, apa bila ada ditemukan bukti baru kasus ini akan kembali akan dijalankan proses hukumnya kembali.

“Meski di-SP3-kan, di bawah permukaan kami terus melakukan pengusutan, hingga sampai ada bukti baru kami akan buka kembali kasus ini,” tegasnya. (12)

Empat Lawang

Waka II : Minta Gugus Tugas Tingkatkan Kinerja

Published

on

Caption : Waka II DPRD Empat Lawang Windera Safri

 

REL,Empat Lawang – Terkait adanya salah satu warga Empat Lawang positif terjangkit virus corona membuat wakil rakyat satu ini angkat bicara.

Selaku wakil rakyat dirinya meminta kepada gugus tugas agar kiranya tetap semangat dan meningkatkan kinerjanya serta memberikan informasi kepada masyarakat tentang situasi sebenarnya.

“Diharapkan kedepannya jika terdapat data data baru yang berhubungan dengan perkembangan covid19 di Empat Lawang, Gugus Tugas agar dapat secepatnya memberikan keterangan kepada masyarakat,”Pinta Windera Safri Waka II DPRD Kabupaten Empat Lawang pada awak media .Selasa (26/5).

Agar masyarakat mengerti Lanjutnya,tentang situasi yang sebenarnya dan mendapatkan infomasi yang akurat dari sumber yang terpercaya bukan dari informasi yang tidak jelas yang membuat kegaduhan serta kecemasan.

“Berikan informasi yang sebenarnya kepada masyarakat sebelum masyarakat heboh dan cemas karena mendapat informasi desas desus di medsos yang belum pasti kejelasannya,”Ungkapnya.

Dan untuk Pasien Sambung Windera, semoga cepat sembuh dan sehat seperti biasanya,”Tuturnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Pecah Telur,Empat Lawang Satu Positif Corona

Published

on

Caption : Tim gugus tugas covid19 menjelaskan kasus terkompirmasi warga Empat Lawang terjangkit virus corona.

 

 

REL,Empat Lawang – Seorang Dokter yang bertugas di RSUD Empat Lawang terkomfirmasi positif terjangkit virus corona atau covid 19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 RSUD Empat Lawang, dr Sukma Lini didampingi Direktur RSUD Empat Lawang dr Devi Adrianti, menjelaskan kasus terkonfirmasi positif tersebut setelah pihaknya menerima hasil pemeriksaan SWAB dari Palembang.

“Ya benar, kita ada kasus positif covid 19, seorang tenaga medis warga Tebing Tinggi ibukota Empat Lawang,” ujarnya saat presrilis, Senin (25/5/2020).

Ia mengatakan, dokter yang terkonfirmasi positif covid-19 itu, pernah kontak dengan seorang tenaga medis yang terkonfirmasi positif sebelumnya, berasal dari kota Lubuk Linggau.

“Sebelumnya yang bersangkutan sudah di isolasi di RSUD Empat Lawang menjalani karantina, juga sudah dilakukan pemeriksaan rapidtest sebanyak dua kali, terakhir dilakukan pemeriksaan melalui SWAB hasilnya dinyatakan positif covid 19,” bebernya.

Dengan adanya kasus ini sambungnya, tim Gugus Tugas telah melakukan tracking dan melaksanakan pemeriksaan awal rapidtest dan selasa besok akan dilakukan tes SWAB kepada orang yang pernah kontak erat dengan dokter tersebut terutama kedua orang tuanya.

“Saat ini, pasien sudah dirawat dengan melalui isolasi mandiri disuatu tempat tertentu, dengan pemantautan dari tim gugas covid 19 RSUD,” ungkapnya.

Masih dikatakannya, di isolasi mandiri itu telah sesuai dengan protap yang ada. Saat ini kondisi pasien itu baik, tanpa ada gejala apa-apa.

“Kondisinya baik, memang pasien ini tidak memiliki gejala terjangkit covid 19, dia itu OTG,” singkatnya.

Terpisah, tim gugas covid 19 Empat Lawang Kuswinarto, menghimbau kepada masyarakat jangan cemas dan panik dengan adanya kasus terkomfirmasi baru ini.

“Masyarakat diminta untuk mematuhi himbauan protokol kesehatan dari pemerintah, seperti memakai masker jika keluar rumah, pyscal distancing,” Tuturnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Jumat Berbagi,Satlantas Bagi Sembako

Published

on

Caption : Satlantas Berikan Paket Sembako Kepada Masyarakat yang Kurang Mampu.

 

REL,Empat Lawang – Satuan polisi lalulintas (Satlantas) polres Empat Lawang memberikan bantuan sembako kepada masyarakat yang kurang mampu dan terdampak wabah virus corona.

Pemberian paket sembako kepada masyarakat yang kurang mampu disejumlah wilayah di kecamatan Tebing Tinggi.

Kapolres Empat Lawang AKBP.Wahyu,S.IK melalui Kasatlantas Polres Empat Lawang IPTU.M.Yusuf Lubis mengatakan pembagian ini tidak lain rasa kepedulian polri terhadap masyarakat yang kurang mampu maupun terdampak covid19.

“ya kemarin (Jumat) kita berbagi kepada masyarakat yang tidak mampu,semoga dengan bantuan ini dapat meringankan beban mereka,”Ucap Lubis.Kemarin (24/5).

Masih dikatakan Lubis,menghimbau masyarakat agar selalu menjaga kebersihan diri serta lingkungan dan selalu menggunakan masker apabila hendak keluar rumah.

“Karena masker salah satu utama memutuskan penyebaran wabah covid19 ini,semoga wabah ini cepat berlalu,”Tuturnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Trending