oleh

Kawasan Pasar Tebing Tinggi Makin Semrawut

REL, Empat Lawang – Jalan raya utama di kawasan Pasar Tebing Tinggi, kembali dikeluhkam akibat macet. Apalagi di saat jam sibuk dan menjelang sore pada bulan Ramadan seperti saat ini.

Penyebabnya, semrawutnya kondisi Pasar Tebing Tinggi yang diakibatkan mulai kembalinya para pedagang kaki lima berjualan di atas trotoar, tidak tertatanya parkir kendaraan dan ulah berbagai kendaraan umum seperti beca motor (Betor) yang menaikan dan menurunkan penumpang sesuka hati, tanpa melihat kondisi lalu lintas.

Di sisi lain, kondisi jalan yang berstatus jalan negara tersebut, banyak ditemui titik kerusakan yang cendrung membuat kendaraan terpaksa harus ekstra hati-hati, jika tidak ingin kendaraannya terjebak lobang yang banyak dan cukup dalam di tengah jalan raya tersebut.

Kondisi ini, diprediksi akan semakin parah pada saat ramai-ramainya arus mudik 2019 melintas di jalanan Empat Lawang menjelang Lebaran, jika tidak segera diantisipasi. Pasalnya, jalan lingkar Kota Tebing Tinggi, juga kondisinya banyak ditemui kerusakan yang memaksa para pemudik lebih cendrung memilih jalan di kawasan Pasar Tebing Tinggi, untuk melintas.

Salah seorang pengendara, Apri menyebut sulitnya melihat jalan di kawasan Pasar Tebing Tinggi, tertata rapi. Disamping banyaknya pedagang kaki lima yang membandel berjualan di atas trotoar, para pengemudi Betor juga terkesan merajai jalanan di kawasan itu, sehingga membuat kondisi jalan semakin semrawut.

“Tidak bisa hanya pedagang kaki lima saja ditertibkan, sementara Betor tak diapa-apakan. Lihat saja, semakin semrauwut saja kawasan Pasar Tebing Tinggi,” cetusnya.

Diapun berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, segera memperhatikan kondisi kawasan Pasar Tebing Tinggi, sebelum musim mudik 2019 tiba. “Sepertinya pemudik akan banyak memilih jalan ini saat melintas Tebing Tinggi, sebab kondisi jalan lingkar kota juga dalam kondisi banyak titik kerusakan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Empat Lawang, Rapani melalui Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Empat Lawang, M Mauluddin menjelaskan, menjelang musim mudik 2019, Pemkab Empat Lawang, akan menggelar rapat bersama unsur yang berkepentingan membuat arus mudik 2019 berjalan lancar dan aman, seperti Dinas Perhubungan, Kepolisian, TNI dan berbagai insatansi yang berkepentingan lainnya.

“Rapat itu belum digelar. Kemungkinan dalam waktu dekat ini,” ujarnya.

Rapat itu sebut Idin (sapaan akrabnya, red), akan membahas pendirian Posko Mudik (Posko pelayanan dan Posko keamanan), rekayasa aruslalulintas dan sebagainya. “Kita juga sedang menunggu arahan dari Kementerian Perhubungan, dalam rangka menghadapi arus mudik 2019,” tukasnya. (12)

BACA JUGA