oleh

Kartu Kuning Sebagai Syarat Menjadi TKS

REL, Empat Lawang – Permintaan pembuatan kartu kuning atau kartu AK1 di Pemkab Empat Lawang meningkat, hal ini disampaikan Kepala Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan UKM Empat Lawang Kuswinarto saat dibincangi wartawan, Rabu (2/1)

Menurut Kuswinarto, permintaan pembuatan meningkat sangat  drastis ,  hal ini terjadi sejak dua bulan terakhir, pasalnya dibeberapa instansi untuk dapat kembali bekerja sebagai tenaga kerja sukarela (TKS) meminta persyaratan kartu kuning,

“Selain itu ada juga keperluan lain,  seperti kebutuhan lamaran bekerja di perusahaan swasta dan perusahaan luar daerah,” kata Winarto.

Dijelaskannya, dalam proses pembuatan kartu kuning khusus para pencari kerja (Pencaker) tersebut gratis tidak di pungut biaya apapun.

Pihaknya akan selalu memonitor staf di bawahnya agar tidak ada pintaan uang (Pungli) ke masyarakat yang mengurus pembuatan kartu kuning tadi,  namun kata Winarto ia bersyukur sampai sekarang tidak ada keluhan adanya permintaan sejumlah uang,  namun jika memang masyarakat memberikan uang pribadi bukan diminta bukan la suatu kesalahan, namun tetap saja pihaknya menyarankan untuk tidak diambil.

“Kalau ada laporkan kepada kami, akan dikenakan sanksi tegas bahkan di pecat jika yang minta tadi TKS kami,” tegasnya.

Lebih jauh Winarto menghimbau agar masyarakat yang sudah mengurus kartu kuning dapat rutin melapor terutama yang sudah dapat diterima bekerja ditempat yang baru,  pasalnya kemajuan jumlah pengangguran ini juga akan dilaporkan.

“Jangan seperti selama ini, tidak ada yang kembali melapor, padahal kami cuma butuh laporan saja,” katanya.

Secara terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Tenaga Kerja Joni Verdi mengakui adanya peningkatan permintaan kartu kuning dari sebelumnya hanya 10 perhari sekarang mencapai 30 an masyarakat yang berurusan kekantor,  jadi meningkatkan sampai 200 persen,

“Alhamdulillah, meskipun meningkat tidak ada kendala,  kartu sudah kami siapkan banyak sejak awal,” katanya. (12).

 

BACA JUGA