oleh

KARS Survei Verifikasi Akreditasi RSUD Tebing Tinggi

REL, Empat Lawang – Kedatangan surveior dari KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit) yakni, Ibu Ns Nani Hernani, S.Kep dalam rangka melakukan survei verifikasi akreditasi versi SNARS 2018 tahun pertama di sambut baik oleh pihak RSUD Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang.

Acara penyambutan sekaligus pembukaan yang tepat dilaksanakan pada pukul 08.00 Wib tersebut bertempat di aula RSUD Tebing Tinggi. Dan tampak dihadiri para pejabat sruktural dan fungsional, dokter, ketua akreditasi, ketua pokja dan seluruh tim akreditasi serta seluruh karyawan rumah sakit.

Perhelatan yang berlangsung selama dua hari atau diselenggarakan pada sejak hari Kamis hingga hari Jumat (27-28/12/2018) kemarin, menuai tanggapan positif menuju peningkatan dalam penentuan nilai terhadap akreditasi RSUD Tebing Tinggi dalam jenjang kedepan sebagai salah satu rumah sakit yang dimiliki Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati.

“Pelaksanaan survei verifikasi Program Perbaikan Strategi (PPS) ini merupakan tindak lanjut dari hasil survei penilaian akreditasi pada tahun 2017 yang dinyatakan lulus dengan predikat perdana,” ujar Direktur RSUD Tebing Tinggi, dr. Devy Adrianty.

Dikatakan Devy Adrianty bahwa tujuan survei verifikasi adalah untuk memastikan rumah sakit yang telah terakreditasi mempertahankan dan meningkatkan implementasi mutu layanannya.

“Pada kesempatan tersebut. Jadi, kembali dilakukan lagi penilaian dari sisi segi dokumen maupun juga dari segi implementasi terhadap di lapangan,” katanya.

Lebih jauh diterangkan Devi, bahwa hal ini dilakukan pihak surveyor agar rumah sakit senantiasa menjaga mutu pelayanan khususnya terhadap pasien dan setiap para pengunjung.

“Survei verifikasi memiliki manfaat penting agar rumah sakit selalu memegang komitmen mempertahankan mutu pelayanan dan bisa terus mengacu kepada standar akreditasi Komisi Akreditasi Rumah Sakit yang sudah didapat serta harapan ke depannya dapat membantu rumah sakit untuk menuju akreditasi paripurna,” jelasnya

Tak lupa juga Direktur RSUD Tebing Tinggi, dr. Devy Andrianty juga memaparkan tentang Program Perbaikan Strategi (PPS) dari hasil survey akreditasi tahun lalu, kemudian dilanjutkan dengan telusur dokumen dan telusur lapangan.

“Nah, telusur dokumen yang dilakukan yaitu dengan menilai Program Perbaikan Strategi (PPS) pada empat pokja, yaitu pokja PPI, SKP, HPK, serta KPS dan kesesuaian di lapangan. Kemudian surveior juga melakukan telusur dokumen dengan menggunakan versi SNARS 2018 pada enam pokja, yaitu AP, PAP, ARK, PKPO, PAB dan MKE,” paparnya.

Sementara itu, Nani Hernani, S,Kep menyampaikan apresiasinya serta beberapa saran dan kesimpulan dari proses verifikasi akreditasi RSUD Tebing Tinggi secara umum, bahwa telah menindaklanjuti rekomendasi KARS dengan baik dan dirinya juga berharap rumah sakit ini dapat meningkatkan statusnya menjadi predikat paripurna.

“Saya sangat mengapresiasi para tim Pokja Akreditasi yakni para tim pokja akreditasi RSUD Tebing Tinggi yang begitu kompak dan luar biasa,” tukasnya. (14).

BACA JUGA