oleh

Kapolda-Pangdam Pantau Pilkada Empat Lawang

REL, Empat Lawang – Pelaksanan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) di Kabupaten Empat Lawang mendapat sorotan pihak kemanan Tak tanggung, pejabat nomor satu di Kepolisian Daerah (Polda) Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain dan Pangdam II Sriwijaya, Mayjen TNI AM Putranto turun tangan melakukan pemantauan langsung pesta demokrasi di kabupaten ini, Rabu (27/6).

Selain Kapolda dan Pangdam, satu jenderal dari Mabes Polri juga meninjau pilkada di daerah tersebut. Yakni Irjen Pol Ilham yang pasca kejadian bentrok sudah turun ke Empat Lawang.

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain ketika meninjau tempat pemungutan suara menyampaikan, pasca kejadian bentrok di Kecamatan Ulu Musi beberapa waktu lalu, Kabupaten Empat Lawang menjadi atensi nasional keamanan. Sehingga harus diambil langkah dengan menurunkan personil pengaman, namun secara keseluruhan Sumsel aman.

“Alhamdulillah setelah ada anggota, baik TNI maupun Polri di lapangan, kondisi aman. Tidak ada kejadian yang sampai menggangu jalannya Pilkada, meksipun sempat ada dugaan Money Politik, tapi sudah diambil langkah oleh anggota,” kata Zulkarnain didamping Pangdam, Kapolres Empat Lawang, Dandim 0405/Lahat serta Ketua KPU Kabupaten Empat Lawang, di selah-selah peninjauan.

Zulkarnain mengharapkan, setelah pencoblosan dan perhitungan pasangan calon harus siap menang dan siap menerima kemenangan, sesuai apa yang sudah disampaikan di acara Sedekah Rakyat belum lama ini. “Saya ingatkan setelah pencoblosan dan perhitunagn masing-masing paslon harusĀ  menenangkan pendukung, seperti apa yang sudah dinyatakan dalam Sedekah Rakyat harus siap memang dan siap mengakui kemenangan orang,” imbuhnya.

Sementara, Kabag Persiadangan Risalah, Muhammad Arif selaku perwakilan Kementerian Hukum dan HAM mengatakan, pihaknya memang ditugaskan mememantau pelaksanan pilkada di Empat Lawang namun tidak hanya Empat Lawang, di daerah lain juga ada petugas pemantaunya.

“Ada 76 petugas yang melaksanakan pilkada kita pantau semua. Bukan hanya Empat Lawang yang dikatakan zona merah. Bahkan nanti akan ada telekonfre pak menteri kepada bapak Kapoldan, Pangdam untuk memantau langsung pelaksanaan pilkada di daerah kita ini,” imbuhnya. (11)

BACA JUGA