oleh

Kades dan Lurah Diperintahkan Aktifkan Linmas

REL, Empat Lawang – Upaya dalam menindak lanjuti program dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang yang memprioritaskan keamanan di Bumi Saling Keruani Saling Kerawati. Sebagaimana program Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang dalam 100 hari masa jabatannya.

Pemkab Empat Lawang melalui Kantor Kecamatan Tebing Tinggi tepatnya yakni bertempat di Aula Kantor Camat Tebing Tinggi  menggelar rapat kordinasi pelaksanaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) atau Linmas di setiap Desa serta Kelurahan di wilayah Kecamatan Tebing Tinggal 2018. Pada hari Rabu. (21/11).

Dalam kesempatan nya Camat Tebing Tinggi Suan Amri mengingat kepada para peserta rapat tersebut. Bahwa wilayah ini (Empat Lawang red) terkenal dengan tingkat kriminalitasnya yaitu penodongan (begal, red) dan perampokannya.

Oleh karena itu, berangkat dari asumsi buruk tersebut. Langkah dalam mengantisipasi dan meretas hal itu. Diirnya menekankan kepada para Kades di dalam wilayah Kecamatan Tebing Tinggi khususnya agar membentuk Linmas di setiap pedesaan yang ada.

“Kades dan Lurah segera membentuk Linmas di wilayahnya masing masing, Satu Desa minimal memiliki 5 Linmas begitu juga baik di Kelurahan. Ini dilakukan demi mendukung program pak Bupati kita agar menciptakan keamanan wilayah sehingga kita dapat mewujudkan Empat Lawang yang Madani,” ujarnya.

Dijelaskan Suan Amri. Bagi Linmas yang baru saja dibentuk dan baru akan ditugaskan sesuai daerah masing masing, supaya jangan lambat geraknya karena itu akan ada uang honor dalam menjalankan tugas.

“Nanti untuk honor atau gajinya untuk mereka (Linmas red) yang bertugas akan mulai dihitung pada bulan Januari 2019 mendatang ,”jelasnya.

Sementara itu, di tempat yang sama Kapolsek Tebing Tinggi Kompol Hardiman menyampaikan bahwa pembentukan Linmas di Tebing Tinggi khusunya di setiap Desa dan Kelurahan yang ada di Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang harus segera di akmomodir dan ada pengawasan supaya dapat benar benar berjalan.

“Kalau di Desa dan Kelurahan Linmas nya sudah berjalan, maka pelaku kejahatan akan berkurang, setidaknya kita bisa memberikan keamanan di daerah kita sendiri,” ujarnya.

Faktor kejahatan itu, lanjut Kompol Hardiman, dapat didukung oleh beberapa hal, seperti daerah yang sepi, adanya warga yang terlalu mencolok (Makai perhiasan berlebihan) saat keluar rumah sehingga memancing pelaku kejahatan beraksi. Dan tentunya, kurangnya kamtibmas maupun Linmas di daerah tersebut.

“Kemaanan adalah Komitmen kita bersama, mari keamanan itu kita ciptakan mulai dari diri kita dahulu, agar suasana aman tercipta dengan kondusif di dalam Kabupaten kita ini sendiri,” pungkasnya. (14)

BACA JUGA